PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) berhasil meraih penghargaan Global Brand Awards 2025 dari Global Brands Magazine, sebuah majalah brand internasional terkemuka yang berbasis di Inggris, atas keberhasilan perseroan dalam melakukan transformasi brand image-nya sebagai bank pendukung sektor perumahan terkemuka di Indonesia berbasis inovasi digital.
Berkat keberhasilan tersebut, BTN berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, yakni Best Mortgage Bank, dan Best Savings Bank. Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, perseroan sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan lembaga internasional dalam ajang Global Brand Awards 2025.“Kami merasa berbangga karena Brand BTN yang sudah kuat mendapat pengakuan internasional. Ini berkat kerja keras kami yang konsisten dalam transformasi perseroan secara menyeluruh. Kami berharap penghargaan ini dapat semakin memacu semangat para BTNers untuk terus meningkatkan kualitas kinerjanya dan menciptakan inovasi-inovasi yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat di era yang penuh tantangan,” ujar Nixon.
Disampaikan Nixon, penghargaan Best Savings Bank yang diraih BTN ini juga sejalan dengan transformasi perseroan yang menargetkan dalam beberapa tahun ke depan akan memperbesar komposisi dana murah hingga lebih dari 60% dengan menggenjot dana tabungan dan giro lebih besar lagi. Transformasi dalam sisi pendanaan ini dilakukan sesuai dengan semangat BTN menjadi bank tabungan bagi masyarakat Indonesia.
Sebagai salah satu penghargaan prestisius di tingkat internasional, Global Brand Awards memberikan pengakuan terhadap berbagai perusahaan di dunia yang dianggap telah melakukan lompatan luar biasa di bidang mereka masing-masing melalui upaya peningkatan kualitas produk dan layanan sehingga mencapai brand excellence yang diakui masyarakat umum.
Lebih dari 18.000 perusahaan dari berbagai negara berpartisipasi dalam proses penjurian yang ketat untuk dapat dinominasikan sebagai calon pemenang penghargaan. Penjurian dilakukan secara independen oleh agensi riset eksternal yang menganalisis data teknikal dan fundamental mengenai kiprah para partisipan dari sumber-sumber publik serta presentasi yang dilakukan secara daring (online).
Berdasarkan penilaian tersebut, BTN dianggap berhasil mengembangkan citra merk (brand image) sebagai bank yang memimpin pasar kredit kepemilikan rumah (KPR) dan juga pendanaan atau saving bank dengan dilandasi oleh transformasi berkelanjutan. Dengan pangsa pasar KPR nasional sebesar 40,8% dan KPR Subsidi 82,2% pada tahun 2024, BTN dinilai memainkan peran kunci dalam pengembangan ekosistem perumahan nasional, terutama dengan menggerakkan sisi penawaran dan permintaan (supply and demand). “BTN telah terbukti menjadi key enabler dalam mengurangi backlog perumahan nasional, serta mendukung upaya pemerintahan Presiden Prabowo Subianto melalui penyediaan akses kepada pembiayaan KPR Subsidi untuk kepemilikan perumahan layak dan terjangkau terutama di kalangan masarakat berpenghasilan rendah (MBR),” kata Nixon.
Tidak hanya itu, BTN dinilai sukses dalam mengembangkan solusi inovatif berupa ekosistem KPR digital melalui Super App bernama Bale by BTN. Nixon mengatakan, BTN telah bertransformasi menjadi penyedia One Stop Digital Housing Services, yang menyediakan solusi untuk berbagai kebutuhan di sektor properti melalui bantuan platform digital yang terintegrasi hanya melalui satu aplikasi saja.
Dari sisi brand excellence, transformasi digital ini meningkatkan value proposition BTN di seluruh rantai pasok perumahan nasional karena menawarkan nilai tambah dan pengalaman yang berbeda bagi nasabah dengan kehadiran yang kuat, dikenal, dan dipercaya di pasar.
Bicara soal bisnis kecantikan, nama-nama seperti Nature Republic, Banana Boat, hingga Freeman mungkin sudah tidak asing di telinga. Tapi pernahkah…
NERACA Jakarta – Tahun ini, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menargetkan produksi maupun penjualan batu bara tidak mengalami perubahan dari…
NERACA Jakarta — Kejar pertumbuhan bisnisnya, PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau Antam menyiapkan anggaran investasi sebesar Rp7 triliun atau sekitar US$500…
Bicara soal bisnis kecantikan, nama-nama seperti Nature Republic, Banana Boat, hingga Freeman mungkin sudah tidak asing di telinga. Tapi pernahkah…
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) berhasil meraih penghargaan Global Brand Awards 2025 dari Global Brands Magazine, sebuah majalah…
NERACA Jakarta – Tahun ini, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menargetkan produksi maupun penjualan batu bara tidak mengalami perubahan dari…