Melawan Perubahan Iklim dengan Sedekah Pohon

Momentum Ramadan sebagai bulan yang pernuh berkah tidak hanya menyerukan untuk berbagi kepada sesama, tetapi juga pada lingkungan. Hal inilah yang dilakukan LindungiHutan untuk menginisiasi program tahunan, yaitu Sedekah Pohon di bulan Ramadan. Program ini menjadi wadah berbagai pihak untuk bertindak bersama melawan perubahan iklim dan memperbaiki kerusakan lingkungan sembari menjalankan kebaikan di bulan Ramadan.

Melalui program Sedekah Pohon, seluruh pihak dapat berkontribusi bersama secara aktif dalam upaya penghijauan dan membangun masa depan berkelanjutan untuk Indonesia. CEO LindungiHutan, Miftachur Robani (Ben) dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan bahwa Sedekah Pohon mengandung sisi spiritual yang diyakini oleh banyak orang memiliki manfaat dan pahala bagi yang melakukannya,“Isu yang diangkat LindungiHutan bukan sekadar isu lingkungan, sosial, dan keberlanjutan saja, tetapi memiliki sisi spiritualitas. Hal tersebut diwujudkan melalui inisiasi Sedekah Pohon yang bertepatan dengan bulan Ramadan. Bagi orang-orang yang memiliki kepercayaan, menanam pohon memiliki manfaat dan ganjaran pahala yang akan diberikan dari setiap pohon yang kita tanam karena gunanya bukan cuma hari ini, melainkan untuk masa depan juga,” ujar Ben.

Disampaikannya pula, program Sedekah Pohon dimulai pada tahun 2019. Inisiatif pertama kali dilakukan dengan membuat kampanye penghijauan di pesisir Bedono, Demak, Jawa Tengah. Setidaknya, ada sebanyak 111 Sahabat Alam yang turut berdonasi dan berhasil mengumpulkan 2.345 pohon mangrove. Aksi ini dilakukan untuk mengurangi ancaman abrasi di pesisir tersebut.

Meskipun dihadapkan dengan pandemi Covid-19 pada 2020, LindungiHutan tetap menjalankan aksi hijau ini dan berhasil mengumpulkan 2.146 pohon yang ditanam di 4 provinsi, antara lain Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan Barat. Satu tahun berselang, yakni 2021, program Sedekah Pohon pun berkolaborasi dengan program Jaga Hutan untuk menambah kesadaran masyarakat terhadap konservasi lingkungan. Kolaborasi antara kedua program ini sukses mengumpulkan ribuan pohon yang tersebar di 9 provinsi, salah satunya di Jawa Tengah.

 

Kolaborasi dengan Mitra

Kolaborasi antara LindungHutan dan mitra-mitranya kembali diwujudkan melalui program Sedekah Pohon pada tahun 2022. Melalui program ini, ribuan pohon kembali dikumpulkan dan berhasil ditanam di 11 wilayah penghijauan yang tersebar di 7 provinsi di Indonesia. Di tahun 2024, LindungiHutan membuka kesempatan bagi semua kalangan untuk terlibat dalam program Sedekah Pohon.  “Kami mengundang seluruh pihak mulai dari individu, komunitas, organisasi, hingga brand dan perusahaan untuk ikut serta dalam program kebaikan selama Ramadan yang berkelanjutan,”kata Ben.

Individu yang ingin terlibat dapat melakukan donasi pohon dan memilih kampanye sedekah pohon yang tersebar di 5 (lima) kota lokasi penghijauan. Lokasi tersebut tersebar di Teluk Benoa (Badung, Bali), Jabungan (Semarang, Jawa Tengah), Pesisir Untia (Makassar, Sulawesi Selatan), Pulau Pari (Kepulauan Seribu, Jakarta), dan Ekowisata Mangrove Wonorejo (Surabaya, Jawa Timur)

Pohon-pohon yang didonasikan akan ditanam di lokasi-lokasi tersebut guna memperbaiki kondisi lingkungan demi mengurangi abrasi, banjir, tanah longsor, dan bencana-bencana lainnya. Selain itu, brand dan perusahaan juga dapat berkolaborasi dalam program Sedekah Pohon.

Sebelumnya perusahaan tambang, PT Vale Indonesia Tbk memberikan sedekah4.000 bibit pohon kepada pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel). Bibit-bibit pohon yang disumbang PT Vale di antaranya 2.000 bibit pohon kayu putih langsung dari PT Vale dan 2.000 bibit buah-buahan dari rekanan PT Vale. Bibit buah-buahan tersebut di antaranya sukun 200 bibit, durian 575 bibit, rambutan 1.175 bibit dan mangga 50 bibit.

Direktur External Relations PT Vale, Endra Kusuma pernah bilang, perseroan selalu berkomitmen menjaga alam, menjaga lingkungan, karena salah satu visi perusahaan adalah mengubah sumber daya alam mengubah menjadi pembangunan dan keberlanjutan.“Alam adalah titipan untuk anak cucu kita, bukan warisan nenek moyang kita, sehingga wajib kita jaga dan nantinya cucu kita bisa menikmati apa yang kita lakukan,” ungkap Endra.

Ke depan, menurut Endra, PT Vale akan terus berkontribusi dalam program program pemerintah khususnya khususna Pemerintah Luwu Timur dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada perusahaan yang beroperasi di Sulawesi itu.

Disampaikannya, PT Vale salah satu perusahaan yang paling serius mendukung pemerintah, khususnya terkait penghijauan.“PT Vale dan mitranya (sumbang) 4.000 pohon. Ini pohon dari Vale paling banyak dicari, ada durian sukun, pohon kayu putih. Vale ini yang paling serius, dan di sini hadir Pak Endra sahabat saya,” ucap Bahtiar.

Bahtiar Baharuddin mengungkapkan, bangsa dan lembaga-lembaga di seluruh dunia saat ini harus mengambil peran dalam menyelamatkan masa depan bumi. Menurut dia, semua orang harus mengambil peran dalam memitigasi masalah lingkungan ini, menurunkan emisi karbon dan memastikan keberlanjutan tetap berjalan.

Karena itu, terkait gerakan Sedekah Pohon di Bulan Ramadan, Bahtiar menjelaskan itu merupakan adalah bagian dari keimanan dan menjalankan perintah Tuhan. Pemprov Sulsel menargetkan pada tahun 2024 akan menanam hingga 3 juta bibit pohon sukun, 2 juta pohon nangka, dan 200 juta bibit cabe.

 

BERITA TERKAIT

Rayakan Hari Buku Sedunia - Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku

Dalam rangka Hari Buku Sedunia 2024, Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul buku pada Sabtu (27/4) di Auditorium Rumah Dunia…

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

BERITA LAINNYA DI CSR

Rayakan Hari Buku Sedunia - Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku

Dalam rangka Hari Buku Sedunia 2024, Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul buku pada Sabtu (27/4) di Auditorium Rumah Dunia…

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…