Libatkan Karyawan dan Berdonasi - Blibli Tiket Berbagi Keterampilan Anak-Anak Termarjinalkan

Komitmen memberikan dampak positif sosial bagi masyarakat dalam menjalankan bisnisnya menjadi langkah yang diperhatikan PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli. Melalui program Bliblie Tiket Action dan kerjasama dengan Inspiration Factory, perseroan menggelar kegiatan berbagi dengan berbuka puasa bersama anak-anak termarjinalkan di area Cakung, Jakarta Timur.

Inisiatif ini terwujud berkat upaya bersama karyawan Blibli Tiket yang mengumpulkan donasi selama Ramadan dan membuka volunteering program untuk memberikan pelatihan pendidikan informal bagi anak-anak di kawasan Tipar Cakung. Blibli Tiket juga mengajak mitra usaha untuk berpartisipasi melalui donasi yang diwujudkan dalam bentuk makanan, minuman dan alat tulis. Hal tersebut menegaskan komitmen keberlanjutan dari Blibli Tiket ACTION dengan fokus materialitas: pelatihan & pengembangan karyawan, dan relasi komunitas dalam hal melibatkan karyawan dan mitra usaha dalam setiap misi keberlanjutannya.

Astrid Warsito, Senior Manager Public Relations, Blibli dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin mengatakan, program bertajuk Tiap Hari Rayain (THR) Kebersamaan ini didasari oleh data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang menunjukkan terdapat 75.303 anak putus sekolah pada tahun 2021 di Indonesia. Acara yang diprakarsai oleh Inspiration Factory Foundation — yayasan yang fokus memberikan akses pendidikan keterampilan abad ke-21 sebagai harapan baru bagi anak-anak termarjinalkan — berkolaborasi bersama Blibli Tiket ACTION bertujuan mendukung anak-anak di kawasan Tipar Cakung mendapatkan pendidikan informal bersama volunteers dari Blibli (Bliblioneers) dan tiket.com (t-Fam).

Selain volunteering program, Blibli Tiket ACTION juga membuka donasi dari karyawan dan brand partners untuk menyediakan hidangan berbuka puasa anak-anak kawasan Tipar Cakung.”Dalam program Tiap Hari Rayain Kebersamaan pada Ramadan ini, Blibli Tiket ACTION menggandeng Inspiration Factory Foundation untuk mendukung upaya pemerintah dalam menghadirkan ruang terbuka ramah anak dan akses pada pendidikan informal sebagai bekal keterampilan bagi anak-anak termarjinalkan. Kegiatan ini turut melibatkan karyawan Blibli Tiket Group dalam penggalangan donasi dan volunteering program sebagai pendamping, sementara para mitra usaha juga turut terlibat dalam penyediaan beragam produk yang dibutuhkan anak-anak. Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong kolaborasi lebih banyak pihak di masa mendatang,” ungkap Astrid Warsito.

 

Dukung Ruang Belajar

Mengapresiasi inisiatif Blibli, Jenny Tjoa, Co-Founder and Director Inspiration Factory Foundation mengatakan, pihaknya percaya bahwa setiap anak ingin dilihat dan didengar untuk berkembang. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui pendidikan. Oleh karena itu, Inspiration Factory Foundation mengapresiasi penuh inisiatif Blibli Tiket Group dalam mendukung keberlanjutan anak-anak di kawasan Tipar Cakung sebagai ruang terbuka dan belajar anak. “Kami juga berharap kolaborasi Blibli Tiket ACTION dan Inspiration Factory Foundation dapat terus terjalin untuk memberi lebih banyak manfaat kepada lebih banyak anak Indonesia.”ujarnya.

Sebagai informasi, program sustainability Blibli Tiket ACTION bersama Inspiration Factory Foundation yang bertajuk Tiap Hari Rayain (THR) Kebersamaan menghadirkan rangkaian kegiatan pendidikan informal dengan membekali keterampilan untuk anak-anak yang termarjinalkan di kawasan Tipar Cakung. Para Bliblioneers dan t-Fam yang ikut serta sebagai volunteers juga turut memimpin dalam kegiatan menghibur bersama seperti bernyanyi dan berbagi cerita, dan kegiatan ini ditutup dengan buka puasa bersama.

Pada kesempatan yang sama, Blibli Tiket ACTION mengajak semua stakeholders untuk turut serta dalam misi kebaikan ini, seperti The Gourmet by Ranch Market, Milk Life dan 5 Days Croissant untuk menyediakan makanan dan minuman berbuka puasa untuk anak-anak di Griya Tipar Cakung. Program Tiap Hari Rayain Kebersamaan sekaligus menandakan bahwa Ramadan tahun ini menjadi momentum tepat bagi Blibli Tiket Group memberikan dampak positif dan menginspirasi masyarakat melalui kegiatan yang berkelanjutan bersama Inspiration Factory partner yang sejalan dengan bisnis berkelanjutan kami.

Asal tahu saja, rumah singgah dan pemberdayaan anak jalanan terius semakin didengungkan oleh pemerintah. Penyakit sosial seperti fenomena anak jalanan akan memburuk di masa yang akan datang bila tidak ditangani secara komprehensif. Pemerintah tidak dapat hanya mengandalkan Satpol PP ataupun petugas yang berwenang untuk menindaklanjuti permasalahan anak jalanan di berbagai daerah.

Oleh sebab itu, dibutuhkan pula simpati dan empati masyarakat untuk bergerak memberdayakannya. Sayangnya, era teknologi dengan persaingan yang kuat pada saat ini telah memunculkan karakter individualis dalam masyarakat. Hal ini pun perlu menjadi catatan bagi pemerintah agar dapat menumbuhkan rasa kooperatif dan tanggung jawab oleh setiap masyarakat untuk bekerja sama dalam memberdayakan anak jalanan yang terlantar.

 

 

BERITA TERKAIT

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

Berbagi Kebahagiaan - Tower Bersama Kirim Bingkisan Lebaran Ke Panti Asuhan

Masih dalam rangkaian berbagi bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 hijriah, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) turut berbagi…

BERITA LAINNYA DI CSR

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

Berbagi Kebahagiaan - Tower Bersama Kirim Bingkisan Lebaran Ke Panti Asuhan

Masih dalam rangkaian berbagi bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 hijriah, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) turut berbagi…