Subsidi Energi Hambat Target Emisi Nol

 

 

Oleh: Dr. Aswin Rivai, MM., Dosen UPN Veteran Jakarta  

 

Meskipun subsidi energi tampak seperti cara yang efektif untuk mengatasi kesenjangan sosial, namun hal ini cenderung menimbulkan dampak sebaliknya. Dengan memberikan manfaat yang tidak proporsional kepada rumah tangga kaya, subsidi ini memperparah kesenjangan energi, mengalihkan dana publik dari investasi yang lebih efektif, dan menghambat kemampuan negara untuk memenuhi target emisi.

Dalam film “Inception” karya Christopher Nolan tahun 2010, batas antara realitas dan ilusi menjadi semakin kabur. Terkait subsidi bahan bakar fosil, kehidupan meniru seni. Membedakan antara manfaat yang dirasakan dan dampak sebenarnya telah terbukti menjadi tantangan global yang penting.

Meskipun subsidi tersebut mungkin tampak bermanfaat dalam jangka pendek, subsidi tersebut menutupi dampak besar terhadap lingkungan dan ekonomi dari ketergantungan kita pada bahan bakar fosil. Mengingat ancaman-ancaman yang ditimbulkan oleh perubahan iklim saling berhubungan, menurut hemat penulis pertanyaannya tetap ada yaitu  bisakah kita menerima kenyataan dan mengambil keputusan yang benar-benar menguntungkan diri kita sendiri dan planet kita?

Meskipun terdapat janji-janji internasional yang dibuat pada KTT G20 pada tahun 2009 dan Konferensi Perubahan Iklim PBB di Glasgow pada tahun 2021 (COP26), serta Kesepakatan Hijau (Green Deal) Uni Eropa dan Program Aksi Lingkungan yang kedelapan, subsidi bahan bakar fosil masih tetap ada. Menurut Badan Lingkungan Hidup Eropa, subsidi tahunan di UE berkisar sekitar €56 miliar ($61 miliar) antara tahun 2015 dan 2021, dan hanya beberapa negara anggota yang mengambil langkah untuk menghapuskannya secara bertahap.

Yang pasti, kurangnya tindakan tidak hanya terjadi di UE. Badan Energi Internasional baru-baru ini melaporkan bahwa subsidi bahan bakar fosil global melonjak hingga lebih dari $1 triliun pada tahun 2022, lonjakan yang sebagian besar disebabkan oleh guncangan geopolitik seperti invasi Rusia ke Ukraina, yang secara signifikan mengganggu pasar energi.

Dana Moneter Internasional (IMF) bahkan memberikan gambaran yang lebih suram yaitu memperhitungkan pajak yang tidak mencukupi atas emisi karbon dioksida menunjukkan bahwa subsidi bahan bakar fosil melonjak hingga mencapai rekor $7 triliun pada tahun 2022. Angka ini, setara dengan 7.1% PDB dunia, melampaui pengeluaran global pada pendidikan dan hampir menyamai pengeluaran layanan kesehatan di seluruh dunia.

Meskipun subsidi sering kali dipandang sebagai cara untuk mengatasi kesenjangan sosial dan menawarkan bantuan kepada rumah tangga yang lebih miskin melalui penurunan harga pangan dan energi, subsidi seringkali mempunyai dampak sebaliknya. Pada kenyataannya, subsidi-subsidi ini memberikan manfaat yang tidak proporsional kepada rumah tangga kaya dan melanggengkan kesenjangan akses terhadap energi.

Selain itu, hal ini juga mengalihkan dana publik yang penting dari investasi yang lebih efektif yang dapat mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil dan meningkatkan infrastruktur, perlindungan sosial, dan layanan kesehatan, yang semuanya memberikan manfaat lebih besar bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Sebaliknya, IMF memperkirakan bahwa penghapusan subsidi ini dapat mencegah 1.6 juta kematian dini setiap tahunnya, menghasilkan pendapatan sebesar $4.4 triliun, dan mempercepat kemajuan menuju tujuan iklim global. Dengan mempertahankan subsidi energi yang awalnya dirancang sebagai tindakan sementara, kita berisiko melanggengkan ketergantungan kita pada bahan bakar fosil. Namun mengingat bahwa mengatasi kesenjangan sosial memerlukan pendekatan bertahap, strategi iklim jangka panjang yang seimbang harus mencakup dukungan keuangan yang ditargetkan untuk kelompok rentan.

Hal ini dapat mencakup perluasan program kesejahteraan, mempertahankan subsidi universal untuk barang-barang penting, dan meningkatkan investasi pada layanan publik yang terutama bermanfaat bagi rumah tangga berpendapatan rendah, seperti layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Transfer dana dan potongan energi yang teruji kemampuan juga dapat memfasilitasi transisi iklim yang lebih lancar. Demikian pula, negara-negara berpendapatan rendah dan menengah harus melakukan reformasi struktural untuk meningkatkan stabilitas ekonomi, memperdalam pasar keuangan, dan memperkuat institusi mereka, sehingga meningkatkan peringkat kredit mereka dan mengurangi biaya pinjaman.

Pengungkapan investasi berkelanjutan yang transparan dan penggunaan jaminan secara strategis juga dapat membantu negara-negara tersebut memitigasi risiko investasi. Green Climate Fund menggarisbawahi peran penting pendanaan campuran dalam membantu negara-negara berkembang melakukan dekarbonisasi. Didirikan berdasarkan Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim, IMF saat ini mengelola 216 proyek dengan nilai gabungan sebesar $12 miliar. Ketika memperhitungkan pembiayaan bersama, keseluruhan asetnya melebihi $45 miliar.

Beberapa tahun ke depan akan menjadi masa yang sangat penting bagi transisi global menuju emisi nol bersih, dimana inovasi teknologi akan memainkan peran yang sangat penting.  Rencana UE untuk mencapai kemandirian energi dan pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 55% pada tahun 2030, misalnya, sangat bergantung pada pengembangan sektor teknologi iklim yang berkembang pesat.

Meskipun pengurangan emisi perlu dilakukan secara cepat, Eropa masih tertinggal dibandingkan Amerika Serikat dan Tiongkok. Pertemuan dengan para pemimpin perusahaan teknologi iklim Eropa seperti STABL, Proxima Fusion, Claims Carbon, dan Electra menggarisbawahi betapa mendesaknya situasi ini, yang harus diatasi oleh UE dengan mengadopsi kebijakan yang mendukung untuk merangsang pertumbuhan sektor ini.

Masa depan pertumbuhan berkelanjutan dapat dicapai jika kita menyadari dampak nyata dari bahan bakar fosil dan menyesuaikan prioritas keuangan dan politik kita. Untuk mencapai tujuan ini, para pembuat kebijakan global harus menguraikan rencana mereka untuk sektor energi, jaringan transportasi, dan sistem informasi. Dengan mengalihkan dana yang saat ini dialokasikan untuk subsidi bahan bakar fosil, pemerintah dapat memenuhi target iklim mereka pada tahun 2030 dan mempercepat peralihan ke perekonomian net-zero.

Ketika perubahan iklim semakin memburuk, semakin jelas bahwa mengabaikan dampak buruk dari ketergantungan kita pada bahan bakar fosil bukan lagi sebuah pilihan. Untuk mencapai emisi nol bersih memerlukan kebijakan yang berani seperti penghapusan subsidi bahan bakar fosil, serta investasi dalam inovasi teknologi dan komitmen global terhadap transisi energi yang adil dan merata.

BERITA TERKAIT

Makna Surat Cinta dari Kantor Pajak

  Oleh: Hening Kirono Hayu, Asisten Penyuluh Pajak di KPP Pratama Salatiga *) Kemudahan mendaftar atau membuat Nomor Pokok Wajib…

Indonesia Peringkat ke-3 Ekonomi Syariah Dunia, Bukti Potensi Besar

  Oleh : Nagita Salwa, Mahasiswa FEB di PTS   Indonesia telah mencapai tonggak penting dalam perekonomian syariah dunia dengan…

Waspada, WP Dapat Dikenakan Pidana Pajak

  Oleh: Devitasari DSA, Pelaksana Pemeriksaan Kanwil DJP Jatim III  Pernahkah anda mendengar tentang tindak pidana perpajakan? Di Indonesia, telah…

BERITA LAINNYA DI Opini

Makna Surat Cinta dari Kantor Pajak

  Oleh: Hening Kirono Hayu, Asisten Penyuluh Pajak di KPP Pratama Salatiga *) Kemudahan mendaftar atau membuat Nomor Pokok Wajib…

Indonesia Peringkat ke-3 Ekonomi Syariah Dunia, Bukti Potensi Besar

  Oleh : Nagita Salwa, Mahasiswa FEB di PTS   Indonesia telah mencapai tonggak penting dalam perekonomian syariah dunia dengan…

Waspada, WP Dapat Dikenakan Pidana Pajak

  Oleh: Devitasari DSA, Pelaksana Pemeriksaan Kanwil DJP Jatim III  Pernahkah anda mendengar tentang tindak pidana perpajakan? Di Indonesia, telah…