Berikan Kemudahan Pelayanan, ATR/BPN Kota Sukabumi Luncurkan Lima Inovasi

NERACA

Sukabumi - Kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Sukabumi, hadirkan berbagai layanan pertanahan untuk masyarakat. Peluncuruan inovasi terbaiknya tersebut, dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami, di salah satu Hotel Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi, Rabu (17/5).

Kepala Kantor Pertanahan Kota Sukabumi, Surahman, mengungkapkan, banyak hal yang sudah dilakukan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang dalam mewujudkan visi misi tahun 2024. Yaitu, institusi yang berstandar dunia dengan menerapkan nilai-nilai kementerian melayani profesioanal terpecaya. Dimana, lanjut Surahman, saat ini tengah dilakukan alih media dari data analog ke data digital.

Beberapa layanan yang saat ini sudah dilakukan dengan siistem elektronik. Yakni, pendaftaran hak tanggungan, roya, pengecekan sertifikat, informasi zona nilai tanah, surat keterangan pendaftaran tanah."Selain itu juga, seluruh informasi pertanahan dan tata ruang dapat diakses dengan mengunduh aplikasi. Diantaranya, sentuhanku, gistaru, serta pengelolaan administrasi perkantoran melalui e-office," ujar Surahman.

Sementara invoasi yang baru diluncurkan tersebut, lanjut Surahman, Layanan Rakyat Untuk Sertifikat Tanah (Larasita), weekend service, pelayanan pertanahan akhir pekan (Pelataran), kemudian layanan sertifikat tanah sehari (lestari), dan layanan pengantaran sertifikat tanah gratis (Lapis)."Jadi ada lima inovasi tambahan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dan kelima inovasi tersebut akan diberlakukan bulan Juni 2023 mendatang," katanya.

Lebih lanjut Surahman menjelaskan, untuk layanan Larasita, merupakan pelayanan bergerak menggunakan mobil, yang dijadwalkan setiap hari Rabu, mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB, kemudian weekend service, merupakan pelayanan pertanahan yang belum tersedia secara elektronik, dan diajukan khusus pemohon langsung tanpa kuasa. Dimana inovasi ini akan melayani masyarakat mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB setiap hari minggu di taman kota Lapang Merdeka.

Sedangkan untuk inovasi Pelantaran, khusus bagi masyarakat yang tidak bisa datang atau melakukan pengurusan tanahnya di hari-hari biasa. Sehingga Pelantaran ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, dengan jadwal pelayananya setiap hari Sabtu, mulai pukul 08.00 sampai pukul 12.00 WIB, di Kantor Pertanahan Kota Sukabumi.

"Sementara untuk Lestari, untuk memberikan layanan penghapusan Hak Tanggungan (Roy), peningkatan hak, peralihan hak dan surat keterangan pendaftaran tanah (SKPT), dan melayani pengecekan sertifikat, mulai pukul 08.00 hingga pukul 10.00 WIB. Dan inovasi Lapis, ayanan pengantaran sertifikat tanah, yang sudah selesai kepada pemohon langsung, dengan memprioritaskan lansia, dan disabilitas, serta ibu hamil," bebernya.

Surahman berharap, dengan berbagai inovasi itu juga, pihaknya dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah, dan lembaga ataupun kantor vertikal, serta pemangku kepentingan lainya dalam melayani masyarakat.

"Saya juga berharap semua inovasi yang baru diluncurkan itu benar-benar mampu memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat. Sehingga target pemerintah pusat pada 2025 seluruh Indonesia harus bersertifikat bisa tercapai," ungkap Surahman.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami, memberikan apresiasi dengan hadirnya berbagai inovasi layanan dan akses informasi tersebut. Pasalnya, sejalan dengan keinginan Pemkot Sukabumi untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya juga menghimbau kepada masyarakat, ketika akan mengurus lebih baik langsung datang ke Kantor Pertanahan, jangan menggunakan jasa-jasa lainya. Apalagi sudah ada inovasi yang baru diluncurkan," kata Andri.

Terkait Mobil Larasita, lanjut Andri, tentu saja salah satu bentuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan pertanahan, dan juga mengurangi beban biaya masyarakat dalam kepengurusan sertifikasi tanah.

"Mobil Larasita ini, sifatnya layanan jemput bola, karena langsung mendatangi masyarakat di berbagai kelurahan di Wilayah Kota Sukabumi, guna mendukung pelayanan proses sertifikasi tanah," pungkasnya. Arya

 

 

BERITA TERKAIT

Diskominfo Kota Sukabumi Ingatkan Masyarakat Hati-Hati Saat Menerima Kabar Yang Tidak Jelas - Bantah 15 Kabar Hoax

NERACA Sukabumi - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi, terus mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati, saat menerima kabar yang tidak…

Pemkab Bekasi Siap Berkontribusi Wujudkan Swasembada Pangan Nasional

NERACA Kabupaten Bekasi - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyatakan kesiapan untuk berkontribusi lebih aktif mewujudkan swasembada pangan secara nasional…

Gubernur Banten: ULD Bukti Negara Hadir untuk Penyandang Disabilitas

NERACA Serang - Gubernur Banten Andra Soni menegaskan kehadiran Unit Layanan Disabilitas (ULD) di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bukan…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Daerah

Diskominfo Kota Sukabumi Ingatkan Masyarakat Hati-Hati Saat Menerima Kabar Yang Tidak Jelas - Bantah 15 Kabar Hoax

NERACA Sukabumi - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi, terus mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati, saat menerima kabar yang tidak…

Pemkab Bekasi Siap Berkontribusi Wujudkan Swasembada Pangan Nasional

NERACA Kabupaten Bekasi - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyatakan kesiapan untuk berkontribusi lebih aktif mewujudkan swasembada pangan secara nasional…

Gubernur Banten: ULD Bukti Negara Hadir untuk Penyandang Disabilitas

NERACA Serang - Gubernur Banten Andra Soni menegaskan kehadiran Unit Layanan Disabilitas (ULD) di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) bukan…