NERACA
Jakarta – PT Gramedia Asri Media atau Toko Gramedia melakukan transformasi bisnis agar bisa tetap berada dalam jalur membangun infrastruktur peradaban lewat buku. Kini, Gramedia tak hanya menjual buku dan alat tulis saja, Gramedia juga melakukan pengembangan usaha seperti ekspor dan distribusi buku, pengadaan stationery, produk multimedia, fancy, CD, alat musik dan olahraga, serta penerbitan, dengan private label seperti Eversac, dan Milors. Tidak hanya itu, Gramedia membuat beberapa terobosan baru seperti Gramedia Affiliate, Mitra Gramedia, dan Pay&Go. “Kedepannya, bisnis Gramedia akan diperkuat online storenya,” kata Public Relation Manager PT Gramedia Asri Media, Rezza Patria Wibowo saat konferensi pers menyambut HUT ke 53 Gramedia di Jakarta, Kamis (2/2).
Meski bisnis Gramedia terus bertransformasi, akan tetapi Rezza meyakinkan bahwa Gramedia akan tetap menjual buku secara fisik. Hal itu lantaran pasar antara buku digital maupun buku cetak berbeda. “Buku digital itu sebagai pelangkap saja. Bukan berarti dengan hadirnya buku digital maka buku konvesnional menjadi hilang. Buktinya pendapatan dari buku terus naik terutama sebelum pandemi covid,” jelasnya.
CEO Group of Retail and Publishing Gramedia Priyo Utomo menjelaskan tentang literasi yang bisa mencerdaskan dan mencerahkan masyarakat. “Sebuah bangsa akan maju, jika tidak hanya membangun infrastruktur fisik, tetapi juga infrastruktur peradaban. Dengan membangun perpustakaan dan menyediakan berbagai informasi, bacaan, literasi yang mencerdaskan dan mencerahkan masyarakat. Itulah posisi dan peran strategis Gramedia di tengah perkembangan Indonesia seperti saat ini,” ujarnya.
Terkait dengan HUT ke 53, Priyo menyampaikan bahwa 50 tahun kedepan harus dilalui dengan lebih baik lagi. Menurutnya, ada dua kata kunci yaitu relevan dan adaptif. Selama Gramedia bisa membuat dirinya selalu relevan (dari sisi produk, bisnis model, bisnis proses, layanan) dan bisa dengan luwes menyesuaikan diri di tengah zaman yang selalu berubah, saya yakin Gramedia bukan sekadar akan bertahan. Gramedia tetap akan ada, tumbuh, dan berkembang, untuk terus menginspirasi Indonesia yang kita cintai,” lanjutnya.
Gramedia juga telah menyiapkan rangkaian program dalam menyambut HUT ke 53. Gramedia menghadirkan Lebih Dekat Festival: sebuah aktivasi yang diinisiasi dalam rangka merayakan hari ulang tahun ke-53 Gramedia yang berkolaborasi dengan Bank BTN. Festival ini adalah bentuk sinergi Gramedia dengan literasi, seni, masyarakat, serta akselerasi bisnis usaha mikro dan menengah.
Dalam rangka hari ulang tahun ke-53 Gramedia bekerja sama dengan Forum Taman Baca Indonesia untuk memberikan donasi pelanggan berupa paket buku ke-53 titik kota di Indonesia, selain itu pada momen ini Gramedia juga menyalurkan Donasi Wakaf Al Qur’an sebanyak 1000 Al Qur’an untuk 10 lokasi pesantren yang membutuhkan.
Periode selebrasi ulang tahun ke-53 Gramedia ini dilaksanakan selama 4 hari, yaitu mulai dari 2 Februari hingga 5 Februari 2023. Kesempatan HUT juga menadi momentum Gramedia untuk memperkenalkan Gramedia Mitra, Gramedia Affiliate dan Pay & Go, sebagai bentuk inovasi terbaru dari Gramedia dalam rangka menjadi #LebihDekat dengan masyarakat.
Selanjutnya di tanggal 3, Gramedia mengajak masyarakat penggiat literasi, penulis, dan Taman Baca Masyarakat DKI Jakarta untuk turut hadir dalam beberapa kegiatan yang menarik. Diantaranya, Kupas Naskah, dan Talkshow Kepenulisan GWRF x GWP yang bisa diikuti oleh para penulis muda Indonesia yang ingin belajar menulis buku. Juga, ada Book Signing “Srikandi Indonesia Bertaruh Nyawa”, serta Pentas Anak, Read Aloud & Bookish Play, dan Workshop Mendongeng yang bisa diikuti oleh anak-anak dari Taman Baca Masyarakat.
Di tanggal 4 dan 5, para pengunjung dapat menikmati beragam talkshow inspiratif yang dihadirkan oleh para penggiat literasi ternama Indonesia, dan penampilan musik. Di tanggal 4, aka nada talkshow bertema “Let’s Talk About Working Woman Stories in Metropop” oleh Nina Ardianti (The Dating Game) dan Almira Bastari (Home Sweet Loan), Meet and Greet dengan para penuis dari Gagas Media, dan bedah Buku Rumus Juara oleh Mischka dan Devon.
Para hari selanjutnya, Sisca Soewitomo sang legenda kuliner Indonesia juga akan hadir dan menampilkan cooking demo dengan tema “Menu Nostalgia ala Sisca Soewitomo”. Tidak hanya itu, akan ada juga sesi book talk seputar self-improvement bersama Puty Par (Tips PDKT Sama Diri Sendiri), HeloBagas (Nanti Juga Sembuh Sendiri), dan Valerie Patkar (Tebar Cinta Dengan Cerita). Rangkaian ulang tahun Gramedia ini akan ditutup dengan penampilan dari komika Indonesia di Stand Up Indo, dan music performance oleh Nadine Amizah.
NERACA Jakarta - Dalam rangka merayakan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, TikTok Indonesia meluncurkan kampanye…
Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Arys Hilman Nugraha menyatakan Indonesia International Book Fair (IIBF) yang diselenggarakan pada 24-28 September 2025…
Setiap tahunnya, perjalanan perempuan Indonesia meraih kesetaraan dan merasa lebih berdaya dicerminkan dari perayaan semangat di Hari Kartini Era…
NERACA Jakarta - Dalam rangka merayakan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, TikTok Indonesia meluncurkan kampanye…
Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Arys Hilman Nugraha menyatakan Indonesia International Book Fair (IIBF) yang diselenggarakan pada 24-28 September 2025…
Setiap tahunnya, perjalanan perempuan Indonesia meraih kesetaraan dan merasa lebih berdaya dicerminkan dari perayaan semangat di Hari Kartini Era…