RAFI Bikin Anak Usaha Senilai Rp 60 Miliar

NERACA

Jakarta – Kembangkan ekspansi bisnisnya, PT Sari Kreasi Boga Tbk (RAFI) dan Edi Prayitno dirikan anak usaha baru bernama PT Sumber Alam Sejahtera (SAS) yang bergerak dibidang pengolahan dan perdagangan pada tanggal 29 November 2022. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Disebutkan, Sumber  Alam Sejahtera telah menerbitkan 60 ribu lembar saham dengan nilai nominal Rp 1 juta per lembar. Dari jumlah saham baru itu, RAFI menyerap 32.700  lembar saham atau sebanyak 54,5% dari modal yang diterbitkan, atau senilai Rp 32.7 miliar. Sedangkan Edi Prayitno menampung 27.300 lembar saham atau sebanyak 45,5% dari modal yang diterbitkan atau senilai Rp27,3 miliar.

Sebagai informasi, RAFI sukses menggelar IPO pada pertengahan tahun ini dengan meraup dana segar di pasar sebesar Rp 119,45 miliar. Eko Pujianto, Direktur Utama RAFI pernah bilang, pihaknya gunakan dana hasil IPO senilai Rp 13 miliar untuk pelunasan pembayaran transaksi akuisisi PT Lazizaa Rahmat Semesta. RAFI akan menggunakan sisa dana IPO untuk pembelian bahan baku waralaba, bahan baku segar, sewa gudang, biaya gaji karyawan, dan pemeliharaan. “Bagi kami ini adalah bentuk kepercayaan dan apresiasi atas perjuangan SKB Food yang bertransformasi dari UMKM dengan gerobak di lantai trotoar menjadi korporasi yang melantai di Bursa Efek Indonesia," ujarnya.

RAFI memiliki kegiatan usaha untuk mendistribusikan bahan baku baik berupa olahan maupun non olahan dari penyedia kepada mitra waralaba dan mitra distributor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, perseroan juga membangun rantai distribusi suplai bahan baku makanan kepada mitra waralaba yang telah bermitra dengan Sari Kreasi Boga.

Kata Eko, dengan adanya potensi rantai distribusi yang telah dibangun dapat mengembangkan penjualan kepada pangsa pasar selain mitra waralaba seperti hotel, restoran, cafe, pasar tradisional, pemindangan, dan toko kelontong yang tersebar di area Jabodetabek, dan seluruh Indonesia. Adapun dalam segmen penjualan waralaba makanan dan minuman ada Kebab Turki Babarafi, Container Kebab by Babarafi, Smokey Kebab, Sueger, Kebab Kitchen, Babarafi Café, Ayam Utuh, Jellyta, Raffi Express dan Ayam Pul. "Kami telah sukses membuka waralaba di seluruh kota besar yang ada di Indonesia untuk merek-merek yang telah dimilikinya," ujar Eko.

Hingga saat ini, ada 969 mitra waralaba yang telah bergabung bersama Sari Kreasi Boga. Selain makanan timur tengah yakni kebab, RAFI juga mengembangkan produk lain yaitu masakan yang berbahan baku ayam dan mengembangkan produk minuman dengan merek Sueger dan Jellyta.

BERITA TERKAIT

RUPST Adhi Karya Setujui Laporan Keuangan Tahun 2024

Berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) menyetujui laporan keuangan ADHI tahun buku…

Ditopang Segmen Distribusi dan Ritel - Mitra Pinasthika Bukukan Pendapatan Rp3,9 Triliun

Di kuartal pertama 2025, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) perusahaan konsumer otomotif dan transportasi ini membukukan pendapatan konsolidasi sebesar…

Jadi Hunian Paling Diburu di Malang - PPRO Catat Laris Manis Penjualan Begawan Apartemen

Dalam situasi pasar properti yang penuh tantangan saat ini, PT PP Properti Tbk (PPRO) mencatatkan capaian membanggakan di awal tahun…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

RUPST Adhi Karya Setujui Laporan Keuangan Tahun 2024

Berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) menyetujui laporan keuangan ADHI tahun buku…

Ditopang Segmen Distribusi dan Ritel - Mitra Pinasthika Bukukan Pendapatan Rp3,9 Triliun

Di kuartal pertama 2025, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) perusahaan konsumer otomotif dan transportasi ini membukukan pendapatan konsolidasi sebesar…

Jadi Hunian Paling Diburu di Malang - PPRO Catat Laris Manis Penjualan Begawan Apartemen

Dalam situasi pasar properti yang penuh tantangan saat ini, PT PP Properti Tbk (PPRO) mencatatkan capaian membanggakan di awal tahun…