Jakarta - Indonesia tekankan pentingnya peran anggota Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) dalam mendukung Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk menghadapi tantangan global perdagangan dunia.
NERACA
Direktur Perundingan Antar Kawasan dan Organisasi Internasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Reza Pahlevi Chairul, saat memimpin Delegasi Indonesia pada pertemuan Komite Perdagangan dan Investasi Forum APEC (APEC CTI3) mengungkapkan, “penting bagi APEC untuk terus berperan sebagai inkubator ide untuk memfasilitasi diskusi terkait perkerjaan yang masih berlangsung di Jenewa, termasuk menunjukkan dukungan atas penyelesaian perundingan terkait pertanian, respons terhadap pandemi, subsidi perikanan, dan dukungan bagi pemenuhan fungsi mekanisme penyelesaian sengketa di WTO.”
Reza pun menjelaskan, keberhasilan pencapaian kesepakatan pada Pertemuan Tingkat Menteri WTO ke-12 pada Juni 2022 lalu menunjukkan pentingnya WTO sebagai forum perdagangan dunia.
“Walaupun demikian, WTO masih memiliki banyak pekerjaan demi meningkatkan relevansi sistem perdagangan multilateral, terutama dalam menghadapi tantangan global saat ini yang bersifat multidimensi mulai dari ekonomi, lingkungan, dan kesehatan,” jelas Reza.
Di saat yang bersamaan, Reza mengatakan, “sistem perdagangan multilateral juga belum tentu berjalan kondusif tanpa dukungan anggota dalam mengimplementasikan ‘Paket Jenewa’ yang termasuk di dalamnya upaya meningkatkan fungsi negosiasi, transparansi dan pengawasan, serta penyelesaian sengketa.”
Dalam pertemuan CTI3, Reza juga menyampaikan bahwa Indonesia mendukung penuh upaya reformasi WTO. Indonesia akan menggunakan momentum Presidensi G20 tahun ini untuk mengupayakan dukungan atas reformasi WTO melalui diskusi aktif, pragmatis, dan terfokus bersama anggota G20.
Indonesia juga mendukung Ekonomi APEC untuk terus mendorong reformasi WTO demi sistem perdagangan multilateral yang kondusif.
Di samping itu, Indonesia juga terbuka dalam upaya integrasi ekonomi di kawasan Asia-Pasifik, khususnya peran APEC sebagai inkubator ide bagi perwujudan Free Trade Area of the Asia-Pacific (FTAAP).
Indonesia juga turut serta dalam diskusi upaya langkah konkret APEC atas perwujudan FTAAP dengan Ekonomi APEC.Melihat perkembangan situasi global saat ini, khususnya dalam mendorong pemulihan pandemi dan menghadapi tantangan di masa depan, tidak hanya isu-isu tradisional dalam perdagangan seperti tarif dan nontarif saja yang perlu dipertimbangkan sebagai upaya mewujudkan FTAAP.
“Perlu dipertimbangkan juga isu-isu yang semakin berkontribusi pada perdagangan seperti ekonomi digital dan e-commerce, konektivitas rantai pasok, partisipasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam rantai pasok global, lingkungan, dan inklusivitas. Tentu dengan tetap memperhatikan tingkat perkembangan ekonomi yang berbeda dari setiap anggota,” jelas Reza.
Reza menambahkan, Indonesia juga menegaskan pentingnya menjembatani perbedaan pandangan Ekonomi APEC, khususnya terkait kepentingan Ekonomi maju dan berkembang. Peningkatan kapasitas dan dialog menjadi elemen kunci dalam upaya mewujudkan FTAAP. Ekonomi berkembang dan Ekonomi maju dapat saling bertukar pengalaman, best practices, serta mengadakan kegiatan peningkatan kapasitasuntuk mewujudkan komunitas Asia-Pasifik yang lebihterbuka, dinamis, berdaya tahan, dan aman sebagaimana visi APEC dalam Putrajaya Vision 2040.
Dalam pertemuan tersebut, Indonesia menyampaikan perkembangan hasil survei pemanfaatan APEC Trade Repository (APEC TR), yakni situs web referensi yang memuat informasi perdagangan dan tarif di 21 Ekonomi APEC.
Melalui APEC TR, masyarakat umum maupun pelaku usaha dapat mengakses informasi mengenai tarif, prosedur, dan persyaratan untuk memperluas akses pasar dan mendapatkan informasi produk dan layanan di luar negeri, khususnya kawasan Asia-Pasifik di 21 Ekonomi APEC. Indonesia terus mendorong pemanfaatan APEC TR secara luas oleh anggota Ekonomi APEC.
“Sebanyak 16 Ekonomi APEC telah ikut berpartisipasi dalam pengisian survei, untuk kemudian akan dianalisis sebagai referensi penyusunan materi promosi APEC TR guna meningkatkan utilisasinya baik bagi pemerintahan, pelaku bisnis, maupun akademisi. Indonesia akan terus berupaya untuk ikut mewarnai perundingan APEC khususnya di tingkat komite perdagangan dan investasi,” terang Reza.
Sebelumnya, Direktur Perundingan Perdagangan JasaBasaria Tiara L. Gaol menyampaikan, sebagai upaya mendorong peran penting sektor jasa dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19, anggota APEC berhasil menyusun definisi jasa terkait logistik. Definisi tersebut telah disepakati oleh grup jasa (Group on Services) dan CTI untuk selanjutnyaakan menjadi lampiran dalam Ministers Responsible for Trade Meeting Joint Statement 2022.
Pada 2021, anggota ekonomi APEC mewakili 38 persen penduduk dunia atau 2,9 miliar jiwa; 47 persen perdagangan global atau senilai USD 24 triliun, dan 61 persen total riil GDP dunia atau senilai USD 53 triliun. Secara nilai, ekspor perdagangan Indonesia dengan kawasan APEC menunjukkan peningkatan pada 2021. Pada periode tersebut, total nilai ekspor Indonesia ke anggota APEC sebesar USD 170,4 miliar, naik 44 persen dibandingkan tahun 2020 yang tercatat sebesar USD 117,7 miliar. Pada periode ini, surplus nilai perdagangan Indonesia-APEC mencapai USD 17,5 miliar.--
NERACA Tangerang – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar ekspose beragam produk impor yang diduga tidak sesuai ketentuan di gudang PT ATI,…
NERACA Jakarta – PT TASPEN (Persero) resmi mengumumkan pelaksanaan penyaluran Gaji Ketiga Belas Tahun 2025 kepada para penerima pensiun dan…
NERACA Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya meningkatkan serapan udang nasional melalui kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan…
NERACA Tangerang – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar ekspose beragam produk impor yang diduga tidak sesuai ketentuan di gudang PT ATI,…
NERACA Jakarta – PT TASPEN (Persero) resmi mengumumkan pelaksanaan penyaluran Gaji Ketiga Belas Tahun 2025 kepada para penerima pensiun dan…
NERACA Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya meningkatkan serapan udang nasional melalui kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan…