Cara SEVA.id Mewujudkan Mobil Impian - Ketika Beli Mobil Lebih Simple Layaknya Belanja Online

Di era digital saat ini, udah gak zamannya lagi transaksi pake ribet dan antri. Bahkan sebaliknya, kemajuan teknologi digital memberikan kemudahan, efisiensi dan cara praktis dalam bentuk transaksi yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas ruang dan waktu. Tengok saja, buka rekening bank sekarang tidak lagi perlu datang ke kantor, tetapi bisa dilakukan secara online lewat aplikasi dan langsung jadi, tidak perlu waktu berhari-hari.

Maka begitu halnya dengan beli mobil, kini bisa dilakukan lewat smartphone dan tidak perlu lagi repot datang ke dealer resmi. Layaknya seperti belanja online di e-commerce, kemudahan inilah yang didapat masyarakat dengan transaksi beli mobil dengan aplikasi SEVA, platform digital dari PT Astra Internasional Tbk. “Banyak keuntungan transaksi beli mobil baru dengan aplikasi SEVA, selain kemudahan juga banyak promo cashback yang ditawarkan selama pameran GIIAS 2022,”kata Agus (30) yang menyambangi boot Astra Financial.

Disampaikannya, keinginannya untuk membeli mobil jauh sebelum pandemi. Namun tertunda karena pandemi, sehingga terpaksa mengurungkan niatnya membeli mobil buat keluarga kecilnya dan dialihkan untuk kebutuhan yang lebih penting. Kini dua tahun pasca pandemi, seiring dengan geliat ekonomi yang mulai pulih keinginannya membeli mobil kembali ingin diwujudkan.

Profesinya sebagai guru honorer dengan keterbasan penghasilan, harus disesuaikan dengan kemampuannya dalam mencicil angsuran bulanannya. “Sempat bingung mau beli mobil karena penghasilan bulanan takut tidak mencukupi. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang, akhirnya mengorbankan pos pengeluaran bulanan lainnya,”ceritanya.

Untung saja, berkat konsultasi dan penjelasan salah satu marketing Astra Financial, bapak dua anak ini mendapatkan pencerahan dan diarahkan untuk menggunakan aplikasi SEVA yang menjanjikan proses cepat dalam transaksi pembiayaan mobil baru, yakni tak kurang dari 10 hari, dengan catatan, konsumen bisa memenuhi segala persyaratan secara lengkap. “Disarankan untuk transaksi pakai aplikasi SEVA.id, saya langsung ikuti dan termasuk menggunakan fitur Instant Approval bisa tahu dengan cepat pengajuan kredit kendaraan disetujui atau tidak dan alhamdulilah di approve,”ungkapnya.

Kemudian lewat aplikasi tersebut, dirinya bisa memboyong mobil impiannya Daihatsu Sigra seharga Rp 130 juta. Tidak hanya itu, kata Agus, aplikasi SEVA juga membantunya menentukan uang muka yang ingin dibayarkan sesuai kemampuan, serta berapa nominal cicilan dan tenor yang kita mau. Akhirnya dengan kemudahan transaksi di SEVA lewat smartphonenya, Agus bisa membawa mobil barunya ke Bekasi.

Diakuinya, pembelian mobil baru dengan SEVA memberikan pengalaman baru kemudahan membeli kendaraan seperti layaknya belanja barang di e-commerce, praktis, cepat, aman dan nyaman. Apalagi brand Astra cukup terkenal dan terpercaya. Apa yang dialami Agus, rupanya juga dialami  penghobi otomotof Fitra Eri yang pernah mencoba membeli mobil di SEVA. “Sering kan beli barang via online, sudah biasa, beli kamera, beli handphone, tapi beli mobil belum. Ini sepertinya memelopori beli mobil via online. Kalau mau beli, lalu tambah ke keranjang, okelah kalau barang handphone atau yang kecil-kecil, ini mobil ditambah ke keranjang. Oke,” kata Fitra Eri.

Kemudahan dan kecepatan yang dirasakan oleh Fitra Eri adalah bentuk experience yang ingin diberikan oleh Seva.id untuk meng-upgrade hidup dengan membeli mobil dengan cara yang lebih simple, lebih cepat, dan lebih baik. Ya, sebagai marketplace otomotif terintegrasi Seva.id ingin memberikan cara baru beli mobil yang lebih simple, lebih cepat, lebih baik.

 

 

Kepuasan Konsumen


Handoko Liem, Co-CEO SEVA mengatakan, kehadiran SEVA menjadi jawaban atas kebutuhan konsumen di era digital saat ini. Dengan value yang berfokus pada kepuasan konsumen, motto utama SEVA yaitu “Financing First” diwujudkan melalui peranan SEVA dalam memberikan pelayanan bagi konsumen mulai dari konsultasi keuangan, fasilitasi konsumen kepada dealer terbaik, hingga proses pembelian, layanan kredit mobil, dan pengantaran unit mobil baru.

Selain itu, SEVA menyediakan beberapa fitur menarik yang dapat membantu konsumen menemukan mobil impian yang cocok untuk kebutuhan dan dilengkapi dengan perencanaan keuangan yang tepat. Fitur andalan SEVA yaitu  Instant Approval, membantu konsumen memiliki pengalaman yang baik dalam proses pembelian mobil.”Dengan fitur Instant Approval, konsumen dapat melakukan pembelian mobil baru secara mudah, proses yang jelas, dengan didukung tingkat keamanan yang terjamin,”katanya.

Proses aplikasi kredit melalui skema instant approval ini juga sangat mudah. Konsumen hanya diminta untuk mengisi sejumlah data dan menunjukkan KTP. Proses ini sangat memudahkan konsumen untuk mengetahui apakah aplikasi kredit konsumen sudah disetujui atau tidak sebelum mengunjungi dealer untuk melihat mobil yang dipilih secara langsung. Tentu saja fitur Instant Approval sangat bermanfaat untuk menghemat waktu konsumen di tengah kesibukan rutinitas harian.

Melalui SEVA, konsumen dapat menentukan sendiri berapa anggaran yang dialokasikan untuk pembelian mobil, berapa uang muka yang ingin dibayarkan, serta berapa nominal cicilan dan tenor cicilan yang dikehendaki. Untuk membantu konsumen menemukan pilihan cicilan yang tepat, SEVA memiliki fitur Loan Calculator. Melalui fitur tersebut konsumen memiliki keleluasaan untuk memilih uang muka dan cicilan dengan nyaman dan jelas dari awal.

Sebagai Car Discovery Platform, konsumen juga dapat memperoleh informasi detail mengenai mobil dan biaya yang dibutuhkan melalui fitur Car Recommendation. Fitur ini akan menampilkan pilihan tipe-tipe mobil yang sesuai dengan rencana keuangan konsumen. Sehingga tentunya konsumen akan lebih nyaman dalam proses pembelian karena semua telah terhitung dengan tepat sejak awal.”Jika biasanya konsumen memilih mobil dulu baru menghitung kreditnya, dengan SEVA konsumen dapat menemukan mobil yang sesuai dengan kemampuan finansial mereka dan mengetahui dengan cepat persetujuan kredit mereka. SEVA siap membantu konsumen GIIAS menemukan mobil yang tepat dan setelahnya konsumen dapat melihat langsung mobil tersebut di GIIAS,” ujar Handoko Liem.

Disampaikan Handoko, sejak awal GIIAS dibuka SEVA mendapat sambutan hangat dari masyarakat  dan di awal telah ada sekitar 800 pengunjung yang merasakan pengalaman membeli mobil dengan fitur Instant Approval dari SEVA. Kemudian sepanjang GIIAS 2022, SEVA yang merupakan digital channel terbaru dari Astra Financial yang memberikan layanan instant approval mencatatkan lonjakan transaksi yang signifikan.“Dari total jumlah SPK yang dibiayai oleh Astra Financial melalui ACC dan TAF untuk segmen roda empat sebanyak 5.318 SPK, SEVA berkontribusi pada transaksi penyaluran pembiayaan terhadap 5.100 SPK atau 95,95% dari total SPK pembiayaan roda empat Astra Financial. Angka tersebut jauh melampaui angka yang telah ditentukan sebesar 1.850 SPK atau 253,78% di atas target,” ungkap Handoko Liem.

Lebih jelas, Handoko, menambahkan dari 5.100 SPK, yang berhasil dilakukan instant approval sebanyak 1.596 SPK dari target 500 SPK atau meningkat 54,8% di atas patokan awal. Istimewanya, pengunjung yang ingin melakukan pengajuan kredit bisa mendapatkan persetujuan kurang dari 12 menit. Sementara itu, transaksi untuk roda dua yang dilakukan oleh FIFGROUP mencapai Rp7,6 miliar dari 360 unit pembiayaan sepeda motor. Angka pembiayaan tersebut naik 80,95% dibanding tahun lalu sebesar Rp4,2 miliar dari 216 unit.

Jurus SEVA Melampaui Target SPK Lebih Dini di GIIAS - SWA.co.id

Sebagai informasi, tahun ini SEV membidik nilai transaksi pembiayaan mencapai Rp 2 triliun hingga. Untuk mencapai target tersebut, saat ini SEVA didukung oleh dua lembaga pembiayaan Grup Astra, yakni Astra Credit Companies (ACC) dan Toyota Astra Finance (TAF). Saat ini, menurut Handoko, SEVA sudah membiayai 500-an unit mobil dengan nilai transaksi Rp 210 miliar. Kemudian untuk menggenjot pembiayaan, mereka berencana menambah model dan merek mobil. Dalam waktu dekat, manajemen SEVA berharap bisa mengikat kerja sama dengan Isuzu dan Peugeot.

Asal tahu saja, SEVA membidik pasar konsumen yang sudah melek aplikasi mobile. Maklumlah, Seva memang didesain sebagai platform digital pembiayaan mobil. Jadi, sebagian besar proses transaksi dilakukan melalui platform online, yakni aplikasi seva.id."Kami juga membidik first time buyer, sekaligus mengedukasi konsumen sesuai kemampuan keuangan mereka," imbuh Handoko.

Pada pameran GIIAS 2022, SEVA menawarkan benefit menarik berupa bunga mulai 0,77% dan bebas biaya admin. Pengunjung juga bisa mendapatkan asuransi comprehensive 1 tahun Garda Oto dari Asuransi Astra, dan Asuransi Jiwa dari Astra Life dengan cashback hingga 2 bulan premi.

 

BERITA TERKAIT

Almaz Hybrid, SUV Wuling Yang Cerdas & Ramah Lingkungan

Salah satu upaya menekan polusi udara dan konsumsi BBM (bahan bakar minyak) adalah dengan menggunakan mobil ramah lingkungan atau mobil…

Wuling Alvez Gebrakan Baru Bagi Anak Muda Yang Dinamis

“Kalau ada yang lebih murah, kenapa harus yang mahal,”. Kalimat inilah yang tepat menggambarkan produk Wuling Motors yang hadir di…

Tekan Angka Kecelakaan - Hino Tak Pernah Putus Edukasi Supir Terampil Berkendara

Menjadi pelopor keselamatan berkendara tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga masyarakat sebagai pengendara dan pengguna jalan serta para…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Almaz Hybrid, SUV Wuling Yang Cerdas & Ramah Lingkungan

Salah satu upaya menekan polusi udara dan konsumsi BBM (bahan bakar minyak) adalah dengan menggunakan mobil ramah lingkungan atau mobil…

Wuling Alvez Gebrakan Baru Bagi Anak Muda Yang Dinamis

“Kalau ada yang lebih murah, kenapa harus yang mahal,”. Kalimat inilah yang tepat menggambarkan produk Wuling Motors yang hadir di…

Tekan Angka Kecelakaan - Hino Tak Pernah Putus Edukasi Supir Terampil Berkendara

Menjadi pelopor keselamatan berkendara tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga masyarakat sebagai pengendara dan pengguna jalan serta para…