Top Digital Corporate Brand Award 2021, Apresiasi untuk BUMN dan BUMD yang Optimalkan Media Digital

 

NERACA

Jakarta - SuaraPemerintah.ID bekerja sama dengan Tras N Co Indonesia menggelar Top Digital Corporate Brand Award 2021. Penghargaan bergengsi tersebut diberikan khusus kepada berbagai perusahaan BUMN, BUMD, dan anak usaha (subsidiary) BUMN di seluruh Indonesia. Top Digital Corporate Brand Award 2021 merupakan apresiasi yang diberikan kepada BUMN, BUMD, dan anak usaha BUMN yang telah sukses meningkatkan aktivitas corporate brand di ranah digital, sehingga unggul dibanding perusahaan lainnya.

Penyerahan penghargaan dilangsungkan secara virtual melalui e-A warding Ceremony Top Digital Corporate Brand Award 2021 pada Rabu (29/9). Sebelum acara penyerahan penghargaan digelar Webinar Corporate Branding for BUMN-BUMD yang dihadiri ratusan peserta dari berbagai instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD di seluruh Indonesia.

Pemimpin Umum SuaraPemerintah.ID Arief Munajad mengatakan bahwa penghargaan Top Digital Corporate Brand Award 2021 sebagai bentuk dukungan agar BUMN, BUMD, dan anak usaha BUMN semakin terpacu untuk mengoptimalkan penggunaan media digital dalam membangun reputasi perusahaan.

“Munculnya pandemi dan era digitalisasi menjadi tantangan yang harus dihadapi BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN. Di sisi lain, BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN juga diharapkan bisa memberikan peran yang besar dalam mewujudkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Tantangan digitalisasi sebenarnya adalah sebuah peluang yang bisa digunakan untuk berinovasi, terutama dalam hal pemanfaatan teknologi informasi,” kata Arief, seperti dikutip dalam keterangannya.

Arief mengungkapkan bahwa sebagian besar BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN terlihat sudah aware terhadap adaptasi teknologi informasi. Tidak sedikit BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN yang telah memanfaatkan fasilitas media digital baik dalam hal pelayanan maupun aktivitas promosi dan branding. Pengunaan media digital tersebut ternyata mampu memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan perusahaan. “Apresiasi ini sebagai bentuk dukungan kami agar BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN semakin terpacu untuk mengoptimalkan penggunaan media digital dalam membangun reputasi perusahaan,” kata Arief.

Pada kesempatan yang sama, CEO Tras N Co Indonesia Tri Raharjo mengungkapkan barometer kesuksesan perusahaan BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN dengan cara meningkatkan aktivitas corporate brand di ranah digital atau media online. Disrupsi ekonomi akibat perkembangan teknologi digital dan pergeseran lanskap bisnis dari offline ke online sedang terjadi. Adanya pandemi, disrupsi dan pergeseran tersebut semakin nyata. “Bagi perusahaan yang belum memanfaatkan teknologi digital dalam aktivitas bisnisnya akan semakin tertinggal, karena aktvitas pasar saat ini semakin banyak terjadi di ranah digital (online),” ujar Tri.

Tras N Co Indonesia, sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia telah merekam beragam digital actitvities corporate brand di dunia digital. Riset dilakukan menggunakan tiga parameter penilaian, yakni; Search Engine Aspect, Social Media Aspect, dan Website Aspect. Melalui tiga parameter tersebut, pada riset tahun ini mengkhususkan penilaian terhadap corporate brand dari BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN di seluruh Indonesia.

Riset dilakukan pada bulan Mei – Agustus 2021 kepada 114 BUMN, 690 BUMD, dan sekitar 400 anak usaha BUMN di seluruh Indonesia. Selanjutnya berdasarkan index riset digital tersebut, Tras N Co Indonesia bekerjasama dengan SuaraPemerintah.ID sebagai media berita pemerintah dan ekonomi terdepan, memberikan penghargaan kepada perusahaan BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN melalui Top Digital Corporate Brand Award 2021. “Top Digital Corporate Brand Award merupakan sebuah penghargaan bergengsi bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang telah sukses meningkatkan aktivitas corporate brand di ranah digital, sehingga unggul dibanding perusahaan lainnya,” kata Tri.

Tri menambahkan bahwa Top Digital Corporate Brand Award 2021 juga merupakan “suara netizen” dalam mencari, membicarakan, simbol popularitas, dan kepercayaan dalam memilih perusahaan di internet. “Kami berharap, dengan menggunakan logo Top Digital Corporate Brand Award, akan membuat perusahaan semakin mendapatkan kepercayaan dari stakeholder. Apresiasi ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kompetisi bagi perusahaan BUMN, BUMD dan anak usaha BUMN di ranah digital,” harap Tri.

Berikut adalah para peraih Top Digital Corporate Brand Award 2021, Special Achievement for BUMN-BUMD dan Special Achievement for Subsidiary BUMN : Bank Syariah Indonesia, PT Pembangunan Perumahan (Persero), PT Bio Farma (Persero), Bank DKI, Perumda Air Minum Kota Makassar, PT BNI Sekuritas, PT Mandiri Utama Finance (MUF), PT Phapros Tbk, PT BPD Sulawesi Tenggara (Bank Sultra), Bank BPD Bali, PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WIKA Gedung), PT Daya Mitra Telekomunikasi (Mitratel) dan puluhan perusahaan BUMN, BUMD, dan anak usaha BUMN lainnya.

BERITA TERKAIT

Rhodey Jadi Solusi Kebutuhan Fashion Kekinian

  Memperhatikan penampilan merupakan salah satu bentuk merawat diri. Bukan hanya untuk kaum wanita, namun juga pria. Namun, di masa…

SiCepat Ekspres Raih Penghargaan Top Digital Public Relation Award 2021

  SiCepat Ekspres meraih penghargaan Top Digital Public Relation Award 2021 yang diselenggarakan oleh Tras N CO dan Infobrand.id. Penghargaan…

Flash Coffee Agresif Buka Cabang di Indonesia

NERACA Jakarta – Pasca meraih pendanaan seri A sebesar US$15 Juta, Flash Coffee kian agresif melakukan ekspansi bisnis dengan membuka…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Rhodey Jadi Solusi Kebutuhan Fashion Kekinian

  Memperhatikan penampilan merupakan salah satu bentuk merawat diri. Bukan hanya untuk kaum wanita, namun juga pria. Namun, di masa…

SiCepat Ekspres Raih Penghargaan Top Digital Public Relation Award 2021

  SiCepat Ekspres meraih penghargaan Top Digital Public Relation Award 2021 yang diselenggarakan oleh Tras N CO dan Infobrand.id. Penghargaan…

Flash Coffee Agresif Buka Cabang di Indonesia

NERACA Jakarta – Pasca meraih pendanaan seri A sebesar US$15 Juta, Flash Coffee kian agresif melakukan ekspansi bisnis dengan membuka…