Adaptasi Perempuan dalam Mengelola Keuangan Saat Pandemi

 

NERACA

Jakarta - Jenius, solusi life finance untuk masyarakat melek digital (digital savvy) dari Bank BTPN, meluncurkan program Month of Women. Terinspirasi dari International Women’s Day dan Hari Kartini, Jenius mengajak perempuan Indonesia untuk mewujudkan impian dan tujuan dalam hidup, karir, bisnis, dan keuangan mereka. Jenius juga mengapresiasi cara unik perempuan Indonesia dalam beradaptasi menjalani hidup dan mengelola keuangan selama pandemi.

Anita Ekasari, Digital Banking Acquisition, Service & Marketing Head Bank BTPN menjelaskan latar belakang program Month of Women. “Jenius percaya bahwa perempuan memiliki peran penting dalam mengelola banyak hal, termasuk soal finansial. Kami mendengar kisah-kisah inspiratif tentang cara mereka dalam mewujudkan impian, mengelola keuangan, dan beradaptasi dalam situasi saat ini. Melalui program Month of Women, kami ingin lebih banyak mendengar kisah-kisah inspiratif tersebut sekaligus menyebarkan semangat ini kepada lebih banyak perempuan Indonesia agar dapat membangun support system untuk terus bertumbuh bersama,” katanya secara daring, Selasa (27/4).

Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan oleh Jenius yang diikuti oleh 4.354 responden, ditemukan bahwa 93% mengakui penting bagi perempuan untuk memiliki penghasilan sendiri, serta 94% responden juga setuju jika perempuan dapat meneruskan karir dan mewujudkan impiannya setelah menikah. Lima tujuan finansial utama yang ingin mereka capai adalah memiliki aset properti (30%), financial freedom (26%), menyiapkan dana pensiun (18%), investasi (17%) dan tujuan personal lainnya seperti memulai bisnis & melanjutkan pendidikan (9%). Bagi mereka yang telah menikah, sebanyak 60% setuju keuangan keluarga dikelola oleh perempuan.  

Lebih lanjut lagi, berdasarkan Jenius Study yang bertajuk Adaptasi Masyarakat Digital Savvy Selama Pandemi yang melibatkan 278 responden perempuan berusia 26-40 tahun, terungkap lima topik yang paling banyak dicari selama pandemi adalah investasi (26%), COVID-19 (22%), financial planning (12%), memasak (11%), dan bisnis (11%). Cara digital savvy perempuan beradaptasi dan tetap bahagia selama pandemi adalah menonton atau mencari hiburan (18%), bersyukur (16%), berpikir positif (16%), menekuni hobi (11%), dan olah raga (9%). Tiga barang yang paling sering dibeli secara online ketika pandemi adalah make up/skincare (50%), produk fashion (39%), dan produk kesehatan (26%).

“Berdasarkan jajak pendapat dan Jenius Study yang telah kami lakukan, digital savvy perempuan memiliki keinginan yang kuat untuk mewujudkan cita-cita, tahu tujuan finansial yang ingin dicapai, memiliki peran penting dalam mengelola keuangan keluarga, dan ingin terus mengembangkan diri setelah menikah. Mereka juga memiliki caranya masing-masing untuk beradaptasi dan tetap bahagia di tengah pandemi. Karenanya, Jenius ingin menghadirkan berbagai inovasi yang memungkinkan untuk digunakan sesuai kebutuhan hidup mereka, atau #LakukanDenganCaramu,” jelas Anita.

Jenius mendapatkan kisah inspiratif dalam menemukan cara-cara untuk beradaptasi dengan situasi baru dan juga terus mengembangkan diri dari dua orang teman Jenius, yaitu Maureen Hitipeuw, Founder Single Moms Indonesia dan Tiara, Founder Lenthick.

Sebelum pandemi, komunitas Single Moms Indonesia (SMI) memiliki berbagai program rutin di beberapa kota berupa sharing sessiontalkshow, dan pelatihan dasar untuk membantu ibu tunggal agar bisa memiliki skill tambahan yang digunakan sebagai sumber penghasilan. Awalnya, Maureen mendirikan komunitas ini sebagai wadah bagi para ibu tunggal untuk berbagi cara, cerita, dan mendukung satu sama lain. Hingga kini, komunitas yang didirikan pada tahun 2014 ini sudah memiliki 5.500 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri.

“Di tengah pandemi ini, kami bisa menjangkau lebih banyak ibu tunggal karena seluruh program berlangsung secara online. Semua kelas, talkshowsharing session, dan pelatihan dilaksanakan secara online. Kami juga meluncurkan program baru y­aitu SMI Kuliner yang membantu ibu tunggal dalam pendanaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta mentoring & pelatihan dalam mengembangkan usahanya.” jelas Maureen.

Sebagai salah satu teman Jenius, Maureen juga membagikan bagaimana Jenius dapat membantu dirinya dalam mengelola finansial komunitas Single Moms Indonesia. “Seluruh komunikasi dan program yang dilaksanakan secara online, membuat kami harus berlangganan beberapa platform digital untuk bisa tetap terhubung dengan anggota. Kartu Debit Jenius Visa sangat membantu kami dalam berlangganan platform digital tersebut dengan lebih simpel dan aman,” pungkasnya. 

BERITA TERKAIT

Apresiasi Kinerja dan Branding BPR, Tras N Co dan SuaraPemerintah.ID Gelar Indonesia BPR Brand Award 2021

  NERACA Jakarta - Sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR), media SuaraPemerintah.ID bekerja sama dengan Tras N…

Prudential Salurkan Donasi Rp500 Juta bagi Tenaga Kesehatan

  NERACA Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembali menegaskan komitmen perusahaan untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada seluruh…

Digitalisasi Perbankan Berhasil Meningkatkan Kinerja BNI

    NERACA Jakarta - Direktur IT dan Operasi PT Bank Negara Indonesia (Persero) YB Hariantono mengatakan, pandemi Covid-19 telah…

BERITA LAINNYA DI Jasa Keuangan

Apresiasi Kinerja dan Branding BPR, Tras N Co dan SuaraPemerintah.ID Gelar Indonesia BPR Brand Award 2021

  NERACA Jakarta - Sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja Bank Perkreditan Rakyat (BPR), media SuaraPemerintah.ID bekerja sama dengan Tras N…

Adaptasi Perempuan dalam Mengelola Keuangan Saat Pandemi

  NERACA Jakarta - Jenius, solusi life finance untuk masyarakat melek digital (digital savvy) dari Bank BTPN, meluncurkan program Month of Women. Terinspirasi…

Prudential Salurkan Donasi Rp500 Juta bagi Tenaga Kesehatan

  NERACA Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembali menegaskan komitmen perusahaan untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada seluruh…