NERACA
Jakarta - Diageo Indonesia meluncurkan kampanye #SamaSamaRayakan untuk mendorong konsumen agar mengkonsumsi minuman beralkohol secara bertanggung jawab. Dengan memanfaatkan platform sosial media, kampanye ini merupakan ajakan dan dorongan kepada seluruh konsumen untuk lebih memahami apa yang dikonsumsi, efeknya terhadap tubuh, dan tidak berlebihan.
Kampanye #SamaSamaRayakan merupakan turunan dari kampanye global Diageo yang tertuang dalam rencana aksi 10-tahunan, Society 2030: Spirit of Progress. Corporate Relations Director Diageo Indonesia, Dendy A. Borman menyampaikan kampanye #SamaSamaRayakan berangkat dari salah satu bagian dari rencana aksi 10-tahunan, Society 2030: Spirit of Progress. “Dalam rencana aksi ini, Diageo ingin mendorong pada tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa,” kata Dendy saat konferensi pers secara virtual, Selasa (23/3).
Menurut Dendy, Spirit of Progress akan fokus pada tiga bidang utama yaitu memperjuangkan inklusi dan keragaman mempromosikan konsumsi yang bertanggung jawab; dan pelopor bagi keberlanjutan from grain-to-glass. “Di Indonesia, salah satunya diimplementasikan dalam mempromosikan Konsumsi yang Bertanggung Jawab. Kami ingin mengubah cara dunia mengonsumsi minuman beralkohol menjadi lebih baik: dengan merayakan konsumsi yang tidak berlebihan, mengedukasi bahaya terkait konsumsi alkohol yang berlebihan, memperluas program untuk menghindari konsumsi di bawah umur, dan mengajak masyarakat untuk tidak mengemudi setelah mengkonsumsi minuman beralkohol,” jelas Dendy.
Gagasan kampanye #SamaSamaRayakan berangkat dari situasi dimana konsumen dapat menikmati minuman beralkohol dimanapun dan termasuk di rumah. Diageo percaya bahwa konsumsi yang bertanggung jawab patut untuk terus dilaksanakan, kapanpun dan dimanapun.
“Kampanye #SamaSamaRayakan memanfaatkan platform media sosial karena adanya peningkatan konsumsi informasi melalui digital, untuk menyebarkan pesan tentang tentang konsumsi yang bertanggung jawab diantara konsumen. Diageo Indonesia menyebarkan pesan ini melalui berbagai kegiatan seperti digital video series, acara kumpul virtual dengan KOL dan pakar, membangun percakapan dengan audiens di Twitter dan Instagram,” ucap Communication and Engagement Lead Diageo Indonesia Chrysanthi Tarigan.
Untuk membantu target global Society 2030, Diageo Indonesia akan berkontribusi dalam melakukan edukasi konsumsi bertanggung jawab yang melibatkan 600.000 orang di Indonesia. Salah satu upaya Diageo Indonesia mendorong pemahaman tentang konsumsi yang bertanggung jawab didukung oleh platform kuis DRINKiQ yang dirancang khusus untuk memberikan informasi faktual yang mencakup semua aspek alkohol: bagaimana efeknya bagi masing-masing tubuh, dan memahami jenis minuman beralkohol yang dikonsumsi. DRINKIQ merupakan alat untuk para konsumen membuat pilihan berdasarkan informasi tentang minuman yang bertanggung jawab, termasuk keputusan untuk tidak minum. “Saat ini, kuis DRINKiQ memiliki versi Bahasa Indonesia yang dapat diakses oleh seluruh konsumen di Indonesia,” tambah Chrysanthi. Saat ini kuis DRINKIQ telah diikuti oleh lebih dari 5000 orang dari 2018-2020, dan ditargetkan akan meraih 200.000 orang sampai dengan 2030.
Kampanye Diageo Indonesia mendapatkan antusiasme positif dari konsumen dan komunitas. DJ sekaligus founder dari Beergembira, Indra menyatakan untuk memantapkan pemahaman tentang konsumsi yang bertanggung jawab perlu aksi nyata dari seluruh pihak. ia bersama dengan komunitasnya telah lama mengkampanyekan konsumsi yang bertanggung jawab terutama untuk konsumsi bir. “Sekarang dengan adanya kampanye #SamaSamaRayakan yang diprakarsai oleh Diageo Indonesia yang merupakan salah satu produsen minuman beralkohol terbesar di Indonesia, menjadikan aksi ini semakin nyata dan semakin kuat,” jelasnya.
Sejalan dengan ini, #SamaSamaRayakan juga menyuarakan inklusivitas dan keberagaman yang sangat berkaitan dengan kehidupan masyarakat Indonesia saat ini. Kampanye #SamaSamaRayakan mendorong konsumen, orang dewasa dalam usia yang diperbolehkan untuk mengkonsumsi minuman beralkohol, merayakan persatuan, empati, dan menghidupkan gagasan kebersamaan dan saling menghormati.
“Kami percaya banyak diluar sana konsumen yang sudah memahami tentang pentingnya konsumsi yang bertanggung jawab. Kami merayakan sikap serta prinsip mereka, dan mereka dapat menginspirasi para konsumen lainnya untuk sama-sama bertanggung jawab dalam mengkonsumsi minuman beralkohol,” tutup Chrysanthi.
Bibir sumbing adalah deformitas atau kelainan yang terjadi ketika bibir atau langit-langit mulut tidak terbentuk sempurna saat masa kehamilan. Sebagai informasi,…
Kanker kolorektal yang mencakup kanker usus besar dan rektum, dulu sering dikaitkan dengan usia lanjut, namun dalam beberapa tahun terakhir,…
Dokter spesialis gizi klinik lulusan Universitas Indonesia dr. S. Dian Rachmawati Sp.GK membagikan kiat mencegah penyakit umum atau common illness yang…
Bibir sumbing adalah deformitas atau kelainan yang terjadi ketika bibir atau langit-langit mulut tidak terbentuk sempurna saat masa kehamilan. Sebagai informasi,…
Kanker kolorektal yang mencakup kanker usus besar dan rektum, dulu sering dikaitkan dengan usia lanjut, namun dalam beberapa tahun terakhir,…
Dokter spesialis gizi klinik lulusan Universitas Indonesia dr. S. Dian Rachmawati Sp.GK membagikan kiat mencegah penyakit umum atau common illness yang…