Persaingan di Bisnis Taksi Kian Sengit - Operator Terus Tambah Unit Armada

Di tengah kemacetan lalu lintas di kota besar, terutama di Jakarta, persaingan bisnis antara perusahaan taksi semakin ketat. Tengok saja Blue Bird Group yang mengoperasikan sedikitnya 22.000 unit taksi dan tahun ini akan menambah armadanya dengan 3.000 unit lagi. Lalu Taksi Ekspres yang mengoperasikan sekitar 2.000 unit taksi. Belum lagi perusahaan taksi lainnya dengan jumlah yang beragam.

 NERACA

Dengan semakin sengitnya persaingan itu, membuat para operator perusahaan taksi berusaha memberikan layanan yang terbaik untuk pelanggannya. Ada yang memberikan layanan televisi di dalam taksi, layanan pemesanan dengan Blackberry, penggunaan radio, bahkan GPS untuk memantau armada taksinya dan sebagainya.

Seperti dimaklumi, sektor perhubungan adalah sebuah sektor yang menjadi tulang punggung bagi perkembangan ekonomi sebuah negara. Melalui sektor perhubungan maka ekonomi bergerak secara dinamis dari waktu ke waktu. Sistem perhubungan (transportasi) yang baik akan mendorong tumbuhnya  ekonomi yang efisien dan berdaya saing. Sebaliknya sistem perhubungan yang buruk dari sebuah negara juga akan sangat berpengaruh terhadap munculnya ekonomi biaya tinggi di negara tersebut.

Taksi dan angkutan kota merupakan dua jenis angkutan darat di Indonesia, yang perannya sangat melekat erat dalam keseharian masyarakat perkotaan.

Pada 2007 saja, jumlah taksi dari 44 perusahaan yang beroperasi di Jakarta mencapai 16.045 unit.  Jumlah tersebut terus meningkat seiring dengan bertambahnya taksi baru yang melayani masyarakat DKI Jakarta saat ini.

Terkait dengan industri taksi di DKI Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia, pengaturan mengenai tarif taksi menjadi isu yang menarik. Seiring dengan kenaikan biaya Bahan Bakar Minyak (BBM), tarif taksi sejak tahun 2005 mengalami perkembangan yang menarik yaitu lahirnya tarif taksi lama. Tarif taksi lama adalah tarif taksi yang lebih rendah dibanding tarif taksi normal yang ditetapkan Pemerintah.

 Penerapan tarif taksi lama oleh sebagian operator taksi, rupanya cukup menarik minat konsumen, di mana konsumen dapat memilih tarif terbaik sesuai dengan kemampuannya. Penerapan tarif taksi lama ini telah mendorong beberapa operator taksi seperti Taksi Express dan Taksi Putra mengambil porsi yang lebih besar di pasar industri taksi, khususnya di DKI Jakarta. Sejak bulan Juni 2008, di beberapa daerah termasuk DKI Jakarta, terbit aturan mengenai tarif batas atas dan tarif batas bawah.

 

Wakil Presiden Direktur Blue Bird Group Noni Purnomo mengatakan Blue Bird Group dikenal sejauh ini sebagai perusahaan taksi terkemuka yang selalu mengedepankan inovasi dalam pelayanannya.

Hal ini dibuktikan dengan diluncurkannya aplikasi Taxi Mobile Reservation pada smart phone Blackberry, iPhone dan Android, dan online payment untuk pembayaran Golden Bird dan Big Bird.

“Blue Bird Group adalah perusahaan taksi yang penuh dengan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat  Indonesia, namun Blue Bird tidak pernah melupakan sejarah, bagaimana Blue Bird bisa sampai seperti sekarang. Makanya kita bangga bisa menyumbangkan taksi pertama kita ke Museum Transportasi Indonesia” kata Noni ketika menyerahkan taksi Blue Bird dan Silver Bird pertama yang dioperasikan perusahaan itu belum lama ini.

Pada hari yang sama, Blue Bird Group juga menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai perusahaan taksi pertama yang menggunakan Taxi Mobile Reservation (TMR) pada smart phone Blackberry. Penghargaan ini diserahkan oleh Jaya Suprana sebagai pendiri MURI kepada Purnomo Prawiro, President Director Blue Bird Group.

Menurut Noni, sesuai dengan visi dan misi Blue Bird Group yaitu memberikan kesejahteraan bagi seluruh stakeholder termasuk karyawan, maka pada perayaan hari ulang tahun ini Blue Bird Group juga memberikan penghargaan kepada para karyawannya yang tetap setia mengabdi lebih dari 8 tahun dengan memberikan buku 40 tahun Blue Bird. Perayaan yang dilakukan selama 2 hari pada tanggal 12,13 Mei 2012 ini dikelola, diatur dan diramaikan oleh seluruh keluarga besar Blue Bird Group yaitu para karyawan dan keluarga karyawan.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Vice President Blue Bird Group, Noni Purnomo bahwa  HUT Blue Bird Group pada prinsipnya adalah dari Blue Bird Group, Oleh Blue Bird Group Untuk Blue Bird Group.

Berawal hanya dari 25 unit taksi, Blue Bird Group bertumbuh dalam pasang surut dan pengembangan bisnis yang kini menaungi lebih dari 22.000 unit  armada dari berbagai jenis dengan lebih dari 33.000 pekerja.

Di usia yang ke 39 tahun, Blue Bird Group melayani lebih dari 8,5 juta penumpang dalam sebulan di seantero Indonesia. Berbagai penghargaan dari beberapa lembaga diraih Blue Bird Group sebagai bukti pencapaian atas prestasi, baik kepada korporasi, kepemimpinan, dan para pengemudi serta karyawannya. Hingga saat ini Blue Bird Group telah menerima lebih dari 60 buah penghargaan. 

Layanan Blue Bird Group melingkupi spektrum armada yang beragam mulai dari taksi regular, Blue Bird dan Pusaka; taksi eksekutif, Silver Bird; penyewaan kendaraan Golden Bird dan Pusaka Prima Transport; bis carter, Big Bird; hingga truk container, Iron Bird.

 

Mempertahankan standar kualitas pelayanan prima secara berkelanjutan adalah kunci dari reputasi dan keberhasilan Blue Bird Group. Dengan motto layanan ANDAL, yang artinya Aman, Nyaman, Mudah dan Personalise, menjadikan Blue Bird Group partner tepercaya dalam transportasi.

 Layanan dari kelompok usaha Blue Bird Group kini dapat ditemui dan dinikmati di banyak kota besar antara lain Banten, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lombok, Manado, Medan dan Palembang. . 

Layanan Prima

Sejak Oktober 2002, Taxiku yang berwarna kuning cerah menyediakan layanan angkutan umum yang prima kepada masyarakat Jadetabek. Sebagai bagian dari Hiba Group yang memiliki pengalaman 60 tahun di bidang transportasi, Taxiku menjanjikan layanan yang aman, terpercaya dan selalu dapat diandalkan.

Taxiku memahami bahwa waktu adalah hal yang berharga. Operator telepon kami yang berpengalaman, ramah dan sopan siap melayani Anda selama 24 jam penuh. Pool dan pangkalan kami tersebar di beberapa wilayah sehingga memungkinkan kami untuk melayani seluruh pelanggan di Jadetabek dengan baik dan cepat.

Tersedianya radio di setiap kendaraan juga memungkinkan order lebih cepat ditangani.

Selain pelayanan yang cepat, Taxiku juga memberikan layanan transportasi yang nyaman dan aman. Setiap kendaraan kami selalu dijaga kebersihannya dan dirawat secara rutin di bengkel milik sendiri.

Taxiku juga selalu melakukan kalibrasi argometer secara berkala pada Badan Metrologi untuk memastikan Anda mendapatkan layanan yang jujur.

Seluruh upaya kami untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan juga didukung oleh sumber daya manusia dalam perusahaan kami. Pengemudi kami yang terlatih dan menguasai lapangan, dibekali dengan program diklat yang diselenggarakan secara rutin, selalu siap mengantarkan Anda sampai ke tempat tujuan dengan selamat dan nyaman. Dengan sikap sopan, ramah dan jujur yang dimiliki pengemudi Taxiku perjalanan pengguna akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Perjalanan yang menyenangkan bersama Taxiku. Berbekal pengalaman selama bertahun-tahun serta didukung oleh komitmen untuk memberikan layanan terbaik, taksi itu selalu siap melayani penumpang. Dalam sehari Taxiku menargetkan setoran Rp. 180.000. Dengan bahan bakar menjadi tanggungan si supir.

Pelayanan Taxiku

Pool yang tersebar di beberapa wilayah Jadetabek memungkinkan Taxiku melayani pelanggan dengan lebih baik dan lebih cepat.

Operator 24 Jam yang selalu siap melayani Anda kapanpun dan di manapun di Jadetabek.

Argometer yang rutin dikalibrasi pada Badan Metrologi untuk memastikan Anda mendapatkan layanan yang jujur dan terpercaya.

Bengkel milik sendiri untuk memastikan agar setiap kendaraan terawat dengan baik dan dapat beroperasi dalam kondisi prima.

Radio Komunikasi di setiap unit untuk mempermudah penyampaian order dan komunikasi antar pengemudi dengan pusat operasional.

Printer argo secara otomatis mengeluarkan struk, data-data perjalanan Anda(nomor lambung taksi, waktu pemakaian, jumlah kilometer, nilai argo, nilai surchange) sudah melengkapi seluruh armada bandara kami.

 

Khusus bagi pelanggan yang menggunakan armada Taxiku langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta dari manapun juga, baik order melalui telepon, naik dari pangkalan atau stop di jalan dibebaskan dari biaya tol.

Di Bandara akan ada petugas Taxiku yang akan melakukan validasi karcis tol yang telah dibayarkan sebelumnya. Mohon kepada pelanggan yang langsung menuju Bandara Soekarno Hatta berkenan memberitahukan kepada petugas Taxiku dari mana mula pertama pelanggan naik.

Program yang telah dijalankan sejak bulan Mei 2007 ini merupakan bagian dari servis Taxiku yang memberi nilai lebih bagi anda, pelanggan Taxiku.

Program ini tidak berlaku bagi perjalanan dari Bandara.

 

Di Stasiun Gambir

Sejalan dengan usaha PT Kereta Api untuk menata Stasiun Gambir, termasuk menata angkutan umum lanjutan seperti taksi, PT Kereta Api telah mengundang sejumlah perusahaan taksi untuk dapat melayani penumpang di Stasiun Gambir dengan syarat dapat menerapkan beberapa standar pelayanan yang ditentukan oleh PT Kereta Api.

Taxiku terpilih sebagai salah satu perusahaan taksi yang dapat melayani penumpang dari Stasiun Gambir dan kini para penumpang Taxiku dari stasiun Gambir dapat menikmati pelayanan taksi yang aman, pengemudi yang ramah dan sopan, pembayaran tarif bawah sesuai argo dan didukung oleh operator 24 jam yang siap untuk menangani keluhan dan masukan dari semua penumpang Taxiku. (agus/ade/sahlan)

 

Jumlah Taksi di Beberapa Kota Besar

 

Jakarta                         20.642

Depok-Bekasi                 9.720

Tangerang                    7.037

Surabaya                      4.731

Denpasar                      2.118

 

BERITA TERKAIT

Jurus Jitu Selamatkan UMKM

Jurus Jitu Selamatkan UMKM  Pelaku UMKM sebenarnya tidak membutuhkan subsidi bunga. Yang sangat mendesak diperlukan adalah penguatan modal untuk memulai…

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020 Dalam konteks masih terjadinya penularan dengan grafik yang masih naik, sejumlah pihak meminta pemerintah…

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah Strategi intervensi berbasis lokal, strategi intervensi untuk pembatasan berskala lokal ini penting sekali untuk dilakukan, baik…

BERITA LAINNYA DI

Jurus Jitu Selamatkan UMKM

Jurus Jitu Selamatkan UMKM  Pelaku UMKM sebenarnya tidak membutuhkan subsidi bunga. Yang sangat mendesak diperlukan adalah penguatan modal untuk memulai…

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020

Tegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020 Dalam konteks masih terjadinya penularan dengan grafik yang masih naik, sejumlah pihak meminta pemerintah…

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah

Jangan Buru-Buru Menutup Wilayah Strategi intervensi berbasis lokal, strategi intervensi untuk pembatasan berskala lokal ini penting sekali untuk dilakukan, baik…