Produk Rasalokal Angkat Citarasa Daerah

 

 

 

NERACA

 

Bandung – Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang cepat pertumbuhannya. Salah satu pemicu pertumbuhannya karena kebutuhan masyarakat khususnya di kota-kota besar. Di Bandung, perputaran uang untuk kategori hotel, kuliner dan transportasi mencapai Rp7 triliun, tak ayal berbagai macam bisnis masuk ke Ibukota Jawa Barat ini.

Salah satu pemainnya adalah Rasalokal. CEO Rasa Lokal Indonesia, Chandra Kurnia yang ditemui usai meresmikan toko nya di Bandung, akhir pekan kemarin menyampaikan bahwa produk Rasalokal secara khusus mengangkat citarasa lokal di daerah tersebut. Seperti di Bandung, Rasalokal menyajikan keripik dengan citarasa Nasi Kuning Pandu, Ayam Goreng Lembang dan Mie Kocok Kebon Jukut.

“Kita memang sengaja mengangkat citarasa daerah masing-masing untuk lebih memperkenalkan rasa lokal daerah tersebut. Seperti di Bandung kita mengangkat tiga rasa yang mana ketiga pelaku usaha tersebut sudah berjualan puluhan tahun sehingga kita tertarik mengangkat rasa dan historis nya,” ungkap Chandra. Sebelum di Bandung, Rasalokal juga mengangkat sambal matah dari Bali dan sambal korek Ijo dan Merah dari Surabaya di produk keripiknya.

Rasalokal dibentuk oleh delapan orang yang tiga diantaranya adalah publik figur seperti Chelsea Olivia, Glenn Alinskie dan Riomotret. Menurut Chandra, semuanya memiliki visi yang sama yaitu mengangkat cita rasa lokal. Terlebih, kata dia, ia juga membuka peluang kepada para pelaku usaha kecil dan menengah untuk bisa memasarkan produknya di toko Rasalokal. “Kita menerima produk dari UKM lalu kita jual disini dengan kemasan yang lebih menarik,” jelasnya.

Meski sudah mempunyai tiga toko, pihaknya masih berkeinginan untuk membuka tiga toko lagi pada tahun ini yang lokasinya berada di kota-kota besar. Ia juga mengaku berinvestasi sekitar Rp1 miliar untuk membuka toko Rasalokal yang berlokasi di Jalan DR. Cipto 14, Bandung, Jawa Barat. Disamping itu, pihaknya juga membuka peluang kepada para mitra untuk bisa menjual produk Rasalokal lewat online. “Untuk mitra, kami juga menawarkan harga khususnya,” jelasnya.

Ikut hadir dalam peresmiannya, Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berserta Istrinya Atalia juga ikut mencicipi Rasalokal. Ia mendukung produk-produk lokal untuk bisa bersaing dengan produk lainnya. “Kalau anak muda yang bikin bisnisnya pasti kreatif sehingga bisa menangkap peluang. Saya juga mengapresiasi karena dengan munculnya bisnis baru maka akan serapan tenaga kerja jadi tinggi, wisatawan ikut senang sehingga ekonomi makin kuat,” pungkasnya.

 

 

BERITA TERKAIT

Peruri : Permintaan Pembuatan Paspor Naik Tiga Kali Lipat

    NERACA Jakarta – Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) mencatat lonjakan permintaan pembuatan paspor dalam negeri…

Jika BBM Naik, Inflasi Diprediksi Capai 2,5-3,5%

  NERACA Jakarta – Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia memperkirakan inflasi di kisaran 2,5-3,5 persen pada tahun 2024…

Kemenhub Siap Fasilitasi Investasi Jepang di Proyek TOD MRT Jakarta

    NERACA Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya siap memfasilitasi investor dari Jepang untuk pengembangan…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Peruri : Permintaan Pembuatan Paspor Naik Tiga Kali Lipat

    NERACA Jakarta – Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) mencatat lonjakan permintaan pembuatan paspor dalam negeri…

Jika BBM Naik, Inflasi Diprediksi Capai 2,5-3,5%

  NERACA Jakarta – Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia memperkirakan inflasi di kisaran 2,5-3,5 persen pada tahun 2024…

Kemenhub Siap Fasilitasi Investasi Jepang di Proyek TOD MRT Jakarta

    NERACA Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya siap memfasilitasi investor dari Jepang untuk pengembangan…