Digitalisasi Brand Agar Semakin Berkembang - Anugerah Brand Indonesia 2018

 

 

NERACA

 

Jakarta – Dengan semakin pesatnya perkembangan era teknologi, maka brand atau merek perlu ikut dalam upaya mendigitalisasikan brand agar tak ketinggalan zaman. Hal itu seperti dikatakan oleh Chairman Tras N Co Research Tri Raharjo saat menganugerai beberapa merek asli Indonesia dalam pagelaran Anugerah Brand Indonesia 2018 di Jakarta, Senin (12/3).

Tri mengatakan bahwa brand atau merek perlu mengkuti arus perkembangan zaman dan beradaptasi. Hal itu dilakukan agar tak ketinggalan dari brand-brand lainnya dan ikut dalam kompetisi yang ketat ini. “Kampanye digital juga diperlukan. Di perbankan saja, 70 persen nya sudah menggunakan kampanye digital. Itu jauh lebih efisien dan jejak nya terekam dengan baik. Makanya kalau mau berkembang mesti beralih ke digital,” jelasnya.

Hal yang sama juga telah dilakukan oleh Restoran Munik. Marketing Communication dari Munik, Lia menyampaikan bahwa Munik berasal dari usaha bumbu yang dijual secara online. Namun dengan semakin berkembangnya usaha, Munik membuka restoran yang berada di Matraman, Jakarta. Bahkan, pihaknya juga menyiapkan website yang bisa memesan nasi box secara online. “Kami memang aktif di dunia digital termasuk di sosial media karena itu cukup efektif dalam mengembangkan usaha,” jelas Lia.

Salah satu perwakilan dari Bina Sarana Informatika (BSI), Suparman bahkan menyampaikan kampusnya tengah mepersiapkan aplikasi khusus yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh civitas akademika BSI dalam menjalankan program kuliahnya. “Aplikasi ini memudahkan mahasiswa untuk belajar. Kita pun mewajibkan seluruh mahasiswa baru untuk paling tidak mempunyai handphone berbasis android untuk mengakses aplikasi tersebut,” pungkasnya.

Dalam rangka mengapresiasi brand-brand asli Indonesia yang terbaik, maka Tras N Co Indonesia bersama dengan Infobrand.id serta FranchiseGlobal.com menghelat penghargaan Anugerah Brand Indonesia (ABI) 2018. Sebuah penghargaan yang diberikan kepada brand-brand ASLI Indonesia yang telah berusia lebih dari 10 tahun dipilih konsumen Indonesia. Tidak hanya mature, brand-brand ini pun dinilai mampu membangun brand awareness dan brand image dengan baik sepanjang satu tahun terakhir.

Brand-brand yang berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut antara lain; Chocolatos, Apotek Century, Air Minum Biru, California Fried Chicken, Shop & Drive, Sabana Fried Chicken, Carvil, Munik Resto, Oskadon, Apotek K24, Dapur Solo, Kokita, Dompet Dhuafa, Sate Khas Senayan, Wong Coco, Swallow Globe, Hatari, Bina Sarana Informatika (BSI), Kangaroo.

Pada gelaran ketiga di tahun ini, TRAS N CO Indonesia tidak hanya menitik beratkan kepada brand-brand yang secara usia bisnis telah lebih dari 10 tahun. Akan tetapi juga merekam aktivitas mereka di dunia digital. Pasalnya, dunia digital kini tidak bisa dilepaskan lagi dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Seperti dikutip dari hasil survey yang dilakukan oleh Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di tanah air 143,26 juta jiwa atau 54,68 persen dari 262 juta jiwa penduduk.

 

BERITA TERKAIT

Peruri : Permintaan Pembuatan Paspor Naik Tiga Kali Lipat

    NERACA Jakarta – Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) mencatat lonjakan permintaan pembuatan paspor dalam negeri…

Jika BBM Naik, Inflasi Diprediksi Capai 2,5-3,5%

  NERACA Jakarta – Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia memperkirakan inflasi di kisaran 2,5-3,5 persen pada tahun 2024…

Kemenhub Siap Fasilitasi Investasi Jepang di Proyek TOD MRT Jakarta

    NERACA Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya siap memfasilitasi investor dari Jepang untuk pengembangan…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Peruri : Permintaan Pembuatan Paspor Naik Tiga Kali Lipat

    NERACA Jakarta – Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) mencatat lonjakan permintaan pembuatan paspor dalam negeri…

Jika BBM Naik, Inflasi Diprediksi Capai 2,5-3,5%

  NERACA Jakarta – Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia memperkirakan inflasi di kisaran 2,5-3,5 persen pada tahun 2024…

Kemenhub Siap Fasilitasi Investasi Jepang di Proyek TOD MRT Jakarta

    NERACA Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya siap memfasilitasi investor dari Jepang untuk pengembangan…