KAI Siapkan Angkutan Gratis untuk 18.096 Motor

NERACA

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan kapasitas 18.096 unit motor dalam program angkutan motor gratis Lebaran tahun ini selama 13 hari mulai 8 Juni sampai dengan 25 Juni 2018. “Kami sudah menyediakan kapasitas sebanyak 18.096 unit motor dan kami juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk program angkutan motor gratis ini,” kata Direktur Operasi KAI Slamet Suseno dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (12/3).

Dia menjelaskan pendaftaran dimulai secara daring (online) melalui mudikgratis.dephub.go.id mulai 9 Februari hingga 24 Juni 2018. Kemudian pendaftaran langsung motor di stasiun yang ditunjuk, yakni mulai 9 Februari sampai 9 Mei 2018 (Fasilitas tiket KA Ekonomi PSO dan KA EKonmi Non-PSO) serta dari awal penjualan tiket KA Tambahan hingga hari ke-30 KA penjualan KA Tambahan di Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru dan lainnya.

Di periode tanggal yang sama juga terdapat pendaftaran langsung motor yang tidak difasilitasi pemesanan tiket dan pendaftaran langsung motor untuk "contra flow"/ daerah di stasiun persinggahan KA Motis di daerah. "Angkutan motor gratis terbagi menjadi tiga relasi, yaitu relasi pertama, Lintas Utara, Lintas Selatan 1 dan Lintas Selatan 2," katanya.

Lintas Utara, yaitu Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Surabaya Pasar Turi (PP), Lintas Selatan 1 Stasiun Jakarta-Gudang-Stasiun Kutoarjo (PP) dan ketiga, Lintas Selatan 2 Stasiun Jakarta-Gudang-Stasiun Blitar (PP). Sementara itu, total kapasitas tiket KA bagi penumpang yang mengikuti angkutan motor gratis sebanyak 67.818 tempat duduk. "Tiket KA penumpang untuk angkutan motor gratis tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan. Penyerahan bukti pemesanan tiket dilakukan pada saat peserta angkutan motor gratis menyerahkan motor," katanya.

Adapun, KA penumpang yang mendukung angkutan tiket peserta motor gratis, yaitu KA Progo (Pasar Senen-Yogyakarta), KA Harina (Bandung-Surabaya Pasar Turi), KA Tawang Jaya (Pasar Senen-Cirebon Prujakan - Semarang Poncol), KA Serayu Pagi (Pasar Senen - Kroya - Purwokerto) dan sebagainya.

BERITA TERKAIT

Bank Syariah Mandiri Siapkan IPO di 2019 - Dinilai Momentum Tepat

NERACA Jakarta – Menyusul beberapa bank syariah yang sudah go public atau mencatatkan sahamnya di pasar modal lewat penawaran umum…

DPRD Sukabumi Dukung Usulan Mengenai PKS Pembayaran Pajak Via Minimarket - Iwan Adhar : “Selama untuk Kepentingan Masyarakat Saya Dukung”

DPRD Sukabumi Dukung Usulan Mengenai PKS Pembayaran Pajak Via Minimarket Iwan Adhar : “Selama untuk Kepentingan Masyarakat Saya Dukung” NERACA…

Kadin akan Tambah Fasilitas untuk OSS

      NERACA   Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menambah fasilitas meja bantuan (help desk)…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Defisit APBN Semester I Turun jadi 0,75%

  NERACA   Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan realisasi defisit anggaran pada semester I-2018 tercatat sebesar Rp110,6…

Modal Asing Keluar, Utang Indonesia Melambat

    NERACA   Jakarta - Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia tumbuh melambat pada akhir Mei 2018 seiring arus dana…

Pengaduan THR ke Pemerintah Turun

      NERACA   Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mulai memproses pengaduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) pekerja…