Ini Dia Cara Bisnis Bagi Milenial di Era Digital

Banyak pilihan profesi yang bisa dipilih bagi Anda yang lahir sebagai Generasi Milenial. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang pebisnis atau pengusaha.

Meski sering terlihat mudah, profesi sebagai pebisnis tidaklah bisa dipandang dengan sebelah mata. Demi mencapai kesuksesan, segala daya dan upaya harus siap dilakukan.

Ada tiga langkah cerdas yang bisa dilakukan oleh seorang milenial agar sukses menjadi seorang pebisnis di era digital.

Anggota DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Bidang Ekonomi Kreatif PDI Perjuangan mengatakan, agar bisa mulai merintis bisnis generasi milenial janganlah takut dengan masalah permodalan.

Menurut dia, modal itu bisa dicari dan didapatkan dari mana saja. Bahkan di era digital ini seseorang bisa memulai bisnis tanpa modal dengan memanfaatkan platform digital. "Tanpa modal besar di era digital ini bisa jadi pengusaha. Contohnya seperti Uber, Facebook, Alibaba dan Airbnb. Itu perusahaan besar yang dulunya berangkat dari digital," tutur dia.

Selain itu, tips cerdas berbisnis lain diutarakan oleh Founder Elven Digital Laksmana Mustika. Pria yang juga berprofesi sebagai konsultan digital branding ini mengatakan, cara agar sukses berbisnis adalah dengan memanfaatkan platform digital sebaik mungkin.

Hal ini dilakukan agar pebisnis bisa memperluas jangkauan pasarnya dengan mudah. "Kalau bisnis enggak go digital sekarang sulit. Banyak klien saya langsung panik, mereka ngerasa telat dan mereka harus shifting," kata Laksmana.

Lebih lanjut ia menuturkan pebisnis milenial sekarang juga harus lebih banyak memupuk pengetahuan tentang Internet of Things (IOT).

Laksamana menjelaskan, nantinya IOT ini merupakan tren baru yang bakal banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis digital. "Beberapa tahun ke depan tren nya bergeser jadi Internet of things. Misalnya sekarang ada AC yang udah pake Wifi jadi bisa dinyalain dari luar. Trus ada juga smart lamp, dan lain sebagainya. Kita harus mulai tahu akan hal ini," papar dia.

seperti diketahui, membuat bisnis di usia muda bukanlah hal yang baru di kalangan pebisinis. Saat ini, sudah banyak kaum muda yang sukses dengan membangun bisnisnya. Mulai dari bisnis kuliner, hingga berbisnis properti dan memiliki perusahaan sendiri.

Usia sekitar 20-an biasanya seseorang sudah bisa mandiri, belum memiliki tanggungan, punya banyak teman, dan waktu luang yang cukup banyak. Inilah momen yang bisa Anda manfaatkan untuk mulai berbisnis di usia muda, baik untuk sampingan atau main busineness. Apalagi di era digital seperti sekarang peluang bisnis kian terbuka lebar.

BERITA TERKAIT

Genjot Pertumbuhan Bisnis Energi - Adaro Bakal Bangun PLTU di Asia Tenggara

NERACA Jakarta –Kembangkan ekspansi bisnisnya, PT Adaro Energy Tbk (ADRO) tengah menjajaki pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di salah…

Hut KPR Ke-42 - BTN Ajak Milenial Mengambil Peran

NERACA Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk  merayakan hari ulang tahun (HUT) KPR ke 42 yang jatuh pada…

MERK Bagi Dividen Interim Rp 3.260 Persaham

Emiten farmasi, PT Merck Tbk (MERK) akan membagi dividen interim tahun buku 2018 sebesar Rp 3.260 per saham. Total keseluruhan…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…

Sruput Dinginnya Usaha Minuman Bubble

Meski tidak seheboh dulu minuman bubble . Tapi usaha ini masih menyimpan potensi. Pemain baru usaha ini juga masih muncul…

Jajaki Gurihnya Usaha Jajan Martabak

Jajanan Martabak merupakan salah satu kudapan yang sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Disajikan dengan berbagai varian rasa, martabak tak…