BMW ingin lewati penjualan Mercedes pada 2020

Chief Executive BMW, Harald Krueger, menyatakan pihaknya mematok target untuk menjadi pabrikan mobil mewah dengan penjualan tertinggi pada 2020 sekaligus melewati pencapaian Mercedes-Benz.

"Pada 2020 kami akan kembali menjadi yang pertama dalam hal penjualan unit," kata Harald Krueger kepada majalah Jerman dilansir Reuters, disalin dari Antara. "Saya memegang tim saya untuk target itu, meski hal itu tidak akan berjalan dengan mudah," sambung Krueger.

BMW berada di bawah Mercedes pada 2016, setelah meraih penjualan mobil mewah terbaik dalam satu dekade sebelumnya. Walaupun BMW mendapatkan permintaan yang bagus untuk model-model SUV dan mobil compact 1-Series, namun Mercedes yang dimiliki Daimler masih lebih unggul pada 2017, demikian Reuters, yang disalin dari laman tersebut.

Pada kesempatan sebelumnya, diwartakan, produsen mobil mewah Jerman, BMW, mengatakan pada Jumat telah membukukan rekor penjualan global dalam tujuh tahun berturut-turut pada 2017, kendati masih tertinggal dari pesaingnya Mercedes-Benz.

Grup otomotif yang berbasis di Muenchen itu menyatakan melalui sebuah pernyataan bahwa penjualan merek inti BMW naik 4,2 persen menjadi hampir 2,1 juta unit pada tahun lalu. Pertumbuhan itu didorong kinerja kuat dari SUV X-series dan sedan seri 5 terbaru, kata pernyataan tersebut.

Selain itu, penjualan mereka di China bertumbuh 15 persen kendati penjualan di Eropa turun tipis satu persen dan turun dua persen di Amerika. Meski mencatatkan performa positif, BMW belum mengejar pencapaian Mercedes-Benz yang bertahan di puncak penjualan mobil mewah sebanyak 2,3 juta unit pada tahun lalu.

Kendati demikian, kepala penjualan Ian Robertson menegaskan bahwa BMW grup secara keseluruhan adalah "perusahaan otomotif premium terkemuka di dunia". Dengan mempertimbangkan penjualan Mini dan Rolls-Royce sebagai milik BMW, grup tersebut menjual sekitar 2,46 juta kendaraan di seluruh dunia tahun lalu. Sebagai perbandingan, Mercedes-Benz dan merek Smart menjual 2,42 juta unit.

BMW juga menyatakan telah mencapai target menjual lebih dari 100.000 kendaraan listrik dan hibrida dalam setahun melalui merek BMW itu maupun Mini. Seperti pabrikan Jerman lainnya, BMW telah menjanjikan berbagai model listrik dan hibrida terbaru untuk tahun-tahun mendatang, demikian AFP, sebagaimana disalin dari laman Antara, belum lama ini.

BERITA TERKAIT

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…