Perpres Keluar, Dana Haji Diinvestasikan Harus Sesuai Syariah

 

 

 

NERACA

 

Jakarta - Dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 110 Tahun 2017 tentang Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, bahwa Badan Pelaksana berwenang untuk menempatkan dan menginvestasikan dana Haji sesuai dengan prinsip syariah, dengan berlandaskan kehati-hatian, keamanan, dan nilai manfaat.

Selain itu, dalam Perpres Nomor 110 Tahun 2017 pasal 10 sampai dengan pasal 17 menyebutkan, Badan Pelaksana juga berwenang melakukan kerja sama dengan lembaga lain dalam rangka pengelolaan Keuangan Haji. Lalu, menetapkan struktur organisasi beserta tugas dan fungsi, tata kerja organisasi, dan sistem kepegawaian.

Kemudian, Badan Pelaksana berwenang untuk menyelenggarakan manajemen kepegawaian BPKH, termasuk mengangkat, memindahkan, dan memberhentikan Pegawai BPKH serta menetapkan penghasilan Pegawai BPKH. Selanjutnya, mengusulkan kepada Presiden melalui Menteri mengenai penghasilan bagi Dewan Pengawas dan Badan Pelaksana.

“Juga menetapkan ketentuan dan tata cara pengadaan barang dan jasa dalam rangka penyelenggaraan tugas BPKH dengan memperhatikan prinsip transparansi, akuntabilitas, efisiensi, dan efektivitas,” bunyi pasal 18 Poin d, dan e Perpres ini, seperti dikutip dari laman Setkab, di Jakarta, Rabu, (20/12).

Mengenai usulan penghasilan bagi Dewan Pengawas dan Badan Pelaksana, Perpres ini menjelaskan, disusun oleh Badan Pelaksana dengan memperhatikan tingkat kewajaran yang didasarkan pada kemampuan Keuangan Haji, tingkat inflasi, dan kinerja. Selanjutnya, usulan penghasilan bagi Dewan Pengawas dan Badan Pelaksana sebagaimana dimaksud disampaikan kepada Menteri untuk disampaikan kepada Presiden guna memperoleh persetujuan.

Menurut Perpres ini, pegawai BPKH terdiri atas, pegawai tetap dan pegawai dengan perjanjian kerja, yang diangkat dan diberhentikan oleh Kepala Badan Pelaksana. Pengangkatan pegawai tetap dilakukan melalui tahapan pembentukan Panitia Seleksi, pengumuman penerimaan pendaftaran, pendaftaran dan seleksi dan pengumuman hasil seleksi.

Khusus mengenai pegawai dengan perjanjian kerja, menurut Perpres ini, diangkat untuk masa kerja selama 2 (dua) tahun berdasarkan perjanjian kerja. “Dalam hal masa kerja pegawai dengan perjanjian kerja sebagaimana dimaksud berakhir, dapat diangkat kembali sesuai dengan kebutuhan,” bunyi Pasal 30 Ayat (2) Perpres ini.

Dalam Perpres ini juga disebutkan, dalam masa peralihan BPKH diberikan dana untuk belanja pegawai dan belanja operasional kantor paling lama 6 (enam) bulan sampai dengan dialihkannya semua aktiva dan pasiva serta hak dan kewajiban hukum atas keuangan haji, serta kekayaannya dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama kepada BPKH.

“Besarnya dana sebagaimana dimaksud diberikan setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri, dan diperhitungkan sebagai bagian dari belanja pegawai dan belanja operasional kantor yang berasal dari nilai manfaat,” bunyi Pasal 34 Ayat (2,3) Perpres ini.

Selain itu, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, BPKH mendapatkan dukungan teknis dan administratif dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama paling lama 6 (enam) bulan. “Perpres ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan,” bunyi Pasal 37 Peraturan Presiden Nomor 110 Tahun 2017, yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 12 Desember 2017 lalu.

Sebelumnya, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) periode 2008-2017, Muliaman D. Hadad mengatakan, dana haji yang akan dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sangat besar. “Ada Rp100 triliun lebih," kata Muliaman. Dia berharap, dana haji yang dikelola BPKH bisa optimal sehingga bisa berperan dalam pengembangan keuangan syariah. Sebab, lanjut Muliaman, pengelolaan dana haji ini erat kaitannya dengan pengembangan ekonomi syariah. "Salah satu amanatnya itu, investasi harus dialokasikan pada investasi syariah," kata dia.

Menurut data BPKH, posisi dana haji saat ini sebesar Rp96 triliun. Angka ini lebih besar daripada posisi dana haji per 31 Desember 2016 yang sebesar Rp90,4 triliun. Kemudian, dana haji ini berkurang menjadi Rp89 triliun karena ada pengeluaran untuk biaya haji. "Kalau ditambah dana abadi umat (DAU) yang sebesar Rp3 triliun, posisi akhirnya menjadi Rp92 triliun," kata anggota pelaksana BPKH, Beny Witjaksono.

BERITA TERKAIT

BI Catat Term Deposit Valas DHE Capai US$1,9 Miliar

    NERACA Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan penempatan devisa hasil ekspor (DHE) di dalam negeri melalui instrumen Term…

Kuartal I, BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun

Kuartal I, BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun NERACA Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) secara konsolidasi membukukan…

Kenaikan BI Rate Disebut Bakal Picu Capital Inflow

Kenaikan BI Rate Disebut Bakal Picu Capital Inflow NERACA Jakarta - Ekonom Andry Asmoro menilai kenaikan suku bunga acuan Bank…

BERITA LAINNYA DI Jasa Keuangan

BI Catat Term Deposit Valas DHE Capai US$1,9 Miliar

    NERACA Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan penempatan devisa hasil ekspor (DHE) di dalam negeri melalui instrumen Term…

Kuartal I, BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun

Kuartal I, BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun NERACA Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) secara konsolidasi membukukan…

Kenaikan BI Rate Disebut Bakal Picu Capital Inflow

Kenaikan BI Rate Disebut Bakal Picu Capital Inflow NERACA Jakarta - Ekonom Andry Asmoro menilai kenaikan suku bunga acuan Bank…