Komitmen Bank Mandiri Bagi Olahraga Nasional

Sabtu, 21/01/2012

Neraca. Bank Mandiri terus memupuk kepedulian pada dunia olahraga dan masyarakat pecinta olahraga demi kebangkitan prestasi olahraga nasional hingga dapat meraih predikat tertinggi di level dunia.Komitmen itu diwujudkan dengan pemberian beasiswa senilai Rp 2 miliar kepada atlet atletik yang berprestasi pada pelaksanaan SEA Games 2011.

Penyerahan beasiswa bagi 25 atlet atletik itu, secara simbolis diserahkan Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini kepada Franklin Ramses Buruni dan Serafis Anelis Unani yang disaksikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Bob Hasan dan Ketua Umum KONI Tono Suratman di Mandiri Club Jakarta.

“Sebagai salah satu anak bangsa, Bank Mandiri ingin menegaskan dukungan total kami kepada upaya membangun kebanggaan nasional melalui prestasi olahraga. Dan kami melihat bahwa inilah moment terbaik bagi Indonesia, yaitu saat kita menjadi tuan rumah, untuk dapat kembali menjadi yang terbaik di Asia Tenggara,” ungkap Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini.

Zulkifli menambahkan, jika prestasi tersebut dapat direalisasikan, maka hal itu diharapkan akan dapat menggugah semangat nasionalisme dan persatuan sebagai bangsa Indonesia. Untuk itu, Bank Mandiri siap menjadi prestige partner sekaligus sebagai official bank guna menyukseskan pelaksanaan SEA Games XXVI yang akan berlangsung pada November di Palembang dan Jakarta.

Menurut Zulkifli, pemberian beasiswa sangat positif untuk membantu pendidikan para atlet sehingga nantinya, atlet-atlet itu akan berkembang menjadi lebih profesional dan mampu berprestasi lebih tinggi.

“Indonesia memiliki bibit atlet yang cemerlang di olahraga atletik, seperti terlihat dari perolehan medali yang melampaui target pada SEA Games lalu. Para atlet itu perlu terus diasah baik keahlian maupun pendidikannya agar di masa datang mereka dapat berprestasi lebih baik di kancah internasional,” kata Zulkifli Zaini.

Beasiswa diberikan kepada atlet peraih medali hingga lulus atau maksimal selama lima tahun. Besarnya beasiswa yang diberikan akan disesuaikan dengan prestasi masing-masing atlet. Bagi atlet atletik peraih medali emas, jumlah beasiswa yang diberikan sebesar Rp40 juta per tahun, peraih medali perak sebesar Rp20 juta per tahun dan bagi atlet peraih medali perunggu akan memperoleh beasiswa sebesar Rp14 juta setiap tahun.

Ketua Umum PB PASI Bob Hasan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah melalui Kementerian BUMN atas perhatian yang besar pada olah raga atletik nasional. Bob melanjutkan, dukungan ini seyogyanya juga saling menguntungkan dimana citra positif juga akan dinikmati Bank Mandiri melalui kegiatan-kegiatan PB PASI. “Realisasi pemberian beasiswa ini dapat memacu para atlet atletik untuk terus berprestasi dan mengembangkan diri menjadi lebih professional,” ujar Bob Hasan.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerjasama dilakukan oleh Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini dan Ketua Umum Indonesia SEA Games Organizing Comittee (INASOC) yang juga adalah Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rita Subowo serta disaksikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Malarangeng dan Ketua harian INASOC Rahmat Gobel di Gelora Bung Karno di Jakarta.

Komitmen Bank Mandiri pada pencapaian prestasi tertinggi di Asia Tenggara juga telah dibuktikan melalui pemberian dukungan kepada cabang olahraga Atletik dan Sepakbola senilai masing-masing Rp 2 miliar untuk membiayai persiapan kedua cabang olahraga tersebut sebelum tampil di SEA Games.

PT Bank Mandiri Tbk, bank terkemuka di Indonesia memberikan pelayanan kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & Retail, Consumer Finance serta Treasury, Financial Institution & Special Asset management. Bank Mandiri pada saat ini memiliki anak-anak perusahaan untuk mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah),AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Bank Sinar Harapan Bali (UMKM) serta Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum).

Menurut data yang diperoleh dari Bank Mandiri, pada September 2011 mempekerjakan 27.305 karyawan dengan 1.526 kantor cabang dan 7 kantor cabang/perwakilan/anak perusahaan di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan+8996 Jaringan ATM dan Electronic Data Capture 70.616 unit, serta electronic channels lainnya yang meliputi Mandiri Mobile, Internet Banking, SMS Banking dan Call Center 14000.

Bank Mandiri sendiri, sebagai salah satu kegiatan CSR yang dibiayai oleh program Bina Lingkungan Bank Mandiri, hingga September 2011. Mandiri telah menyalurkan anggaran Bina Lingkungan sebesar Rp 73,54 miliar untuk melakukan beberapa kegiatan sosial antara lain di bidang pendidikan, kesehatan dan pelestarian alam.