Semarak Berbagi Untuk Negeri - Telkom Bantu Dana CSR Rp 2,34 Miliar Untuk Banten

Menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar di negeri sendiri dengan kapitalisasi market nomor dua di pasar modal, tidak membuat PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) sebagai perusahaan negara lupa akan kontribusinya kepada negara. Lewat program BUMN hadir untuk negeri, Telkom melalui progam tanggung jawab sosial perusahaanya memberikan bantuan senilai Rp2,34 miliar bagi masyarakat Banten berupa fasilitas broadband learing center, pembinaan sanggar seni, dan pembangunan tujuh jembatan penyeberangan.”Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh BUMN yang telah melaksanakan program BUMN Hadir Untuk Negeri secara serentak di 34 provinsi di seluruh Indonesia sekaligus rangkaian peringatan HUT RI ke-72 ," kata Menteri BUMN Rini M. Soemarno di Serang, Banten, pekan lalu.

Penyerahan bantuan dilaksanakan setelah olah raga jalan sehat sepanjang 5 kilometer yang diikuti karyawan BUMN dan warga kota Serang juga diikuti Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga, Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk Mas Wigrantoro Roes Setyadi, Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah.

Menteri Rini berharap melalui "BUMN Hadir Untuk Negeri" maka warga Banten dapat merasakan manfaat positif dari kehadiran BUMN di daerahnya, sebaliknya BUMN diharapkan juga dapat memberi kontribusi terhadap kesejahteraan sosial dan kemandirian ekonomi. Alex menjelaskan bantuan pembangunan jembatan penyeberangan merupakan bagian dari komitmen pembangunan 52 jembatan penyeberangan di seluruh Indonesia.”Tidak hanya itu melalui program tanggung jawab sosial Telkom Peduli Budaya, Telkom juga memberikan bantuan untuk mendukung Wisata Budaya Badui yang terdiri dari pipanisasi air bersih, pembangunan MCK, penyediaan ruang pentas budaya, dan pembuatan gerbang wisata,”ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN yang telah menginisiasi program BUMN Hadir untuk Negeri, serta kepada Telkom dan Krakatau Steel yang telah memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat Banten serta komunitas adat budaya di sini.”Kami berharap, seluruh bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan menambah semangat masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama," kata Asep.

Olah raga jalan sehat sendiri diikuti lebih dari 20 ribu peserta, Jalan Sehat 5 kilometer merupakan bagian dari implementasi Gerakan #AyoBerjalan yang akan dilaksanakan serentak oleh BUMN di 34 provinsi seluruh Indonesia. Selanjutnya, Gerakan #AyoBerjalan rencananya akan secara rutin dilaksanakan pada kegiatan HUT Bersama BUMN setiap 3 bulan sekali. Dengan mengusung tema 17 semarak kemerdekaan, jalan sehat diawali dengan semarak drumband berupa atraksi marching band serta dimeriahkan semarak busana nusantara dengan menampilkan keragaman aneka busana nusantara.

 

Semarak Nusantara


Terdapat pula kegiatan semarak bendera dan semarak melodi nusantara yang melibatkan para peserta jalan sehat. Selain itu, jalan sehat pun dimeriahkan kegiatan semarak budaya nusantara dengan menampilkan berbagai seni budaya khas Indonesia, khususnya yang berasal dari Provinsi Banten. Kegiatan ini juga menghadirkan semarak kuliner yaitu berbagai sajian makanan dan minuman khas Indonesia. Kegiatan Jalan Sehat 5K ini juga membagikan 72 unit hadiah menarik bagi peserta yang beruntung. Jalan sehat juga semakin semarak dengan adanya penampilan artis-artis nasional kegemaran masyarakat Banten.

Selain itu, terdapat pula booth-booth khusus BUMN lain yang ada di Banten serta para pelaku UMKM binaan BUMN yang menampilkan berbagai produk masing-masing. Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo menjelaskan, kegiatan olahraga dalam rangka perayaan kemerdekaan RI ini sejalan dengan inisiatif perusahaan untuk menginspirasi masyarakat dalam meningkatkan pola hidup sehat.”Telkom bersama seluruh BUMN berupaya menularkan semangat Gerakan #AyoBerjalan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga, kegiatan jalan sehat di Banten ini merupakan salah satu momen yang tepat sebagai upaya menggugah minat masyarakat Banten untuk terbiasa berjalan kaki," jelas Arif.

Arif melanjutkan, beberapa hasil riset di beberapa negara dari para ahli dapat menjadi dasar informasi agar masyarakat semakin giat berjalan kaki. Sesuai dengan hasil riset para ahli dari Standford University mengenai kebiasaan berjalan kaki di beberapa negara, terungkap bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang jarang berjalan kaki dengan rata-rata sebanyak 3.513 langkah per hari, di bawah rata-rata 4.961 langkah per hari dari 111 negara yang disurvei.

Kemudian untuk mengedukasi masyarakat mengenai dampak positif berjalan kaki merupakan tanggung jawab berbagai pihak, salah satunya Telkom dengan berbagai produk dan layanan digital yang digunakan masyarakat untuk memudahkan kehidupan sehari-hari. “Gerakan #AyoBerjalan yang memiliki slogan Melangkah Ceria Sehatkan Raga ini merupakan inisiatif untuk membangkitkan budaya berjalan kaki masyarakat Indonesia," kata Arif.

Arif Prabowo menegaskan, Telkom bersama PT Krakatau Steel berkomitmen untuk bersinergi menyukseskan program BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Banten melalui pelaksanaan empat rangkaian kegiatan peringatan dan perayaan kemerdekaan RI ke-72.”Selain Jalan Sehat 5K, Telkom bersama PT Krakatau Steel juga akan melaksanakan upacara bendera peringatan Proklamasi 17 Agustus di Pantai Carita. Kami juga bersinergi melakukan renovasi rumah para pejuang kemerdekaan melalui program 'bedah rumah veteran' serta kegiatan pertukaran pelajar antar provinsi 'siswa mengenal nusantara' yang telah terlaksana beberapa waktu lalu,"ungkap Arif

BERITA TERKAIT

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

BERITA LAINNYA DI CSR

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…