Tusuk Penawaran Usaha Bakso Cilok

Bakso memang sudah menjadi makanan atau jajanan favorit masyarakat Indonesia.  Salah satu yang garap bisnis ini adalah Teguh W Wijaya yang mengusung merek Baslok di Sidoarjo, Jawa Timur. Baslok adalah bakso cilok.

Mendirikan usaha awal tahun 2017, kini gerai pribadinya sudah ada tiga di Surabaya. Lantaran mendapat respon positif dari konsumen, dua bulan kemudian Teguh menawarkan kemitraan usaha. Kendati tergolong baru, saat ini sudah ada 12 gerai milik mitra di Jabodetabek. Sampai akhir tahun, dia menargetkan bakal membuka 100 gerai milik mitra.Makanya, saat ini dia getol ikut dalam berbagai ajang pameran.

Dia mengaku, potensi usaha makanan ini sangat besar karena dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Lagi pula, harga produknya pun relatif bersahabat di dompet, yakni hanya Rp 4.000 per porsi (isi lima biji). "Kelebihannya, kami menggunakan daging sapi dan mengemasnya seperti cilok," katanya.

Baslok menawarkan kerjasama dengan investasi Rp 5 juta, fasilitas yang didapatkan mitra adalah satu unit booth, perlengkapan memasak, bahan baku awal 100 biji bakso, branding, dan perlengkapan tambahan lainnya. Kemitraan ini tidak memungut biaya royalti mau pun franchise fee. Namun, guna menjaga kualitas produk agar tidak menurun, mitra wajib mengambil pasokan bakso dari pusat.

Teguh menjamin distribusi produk tidak bakal telat sampai ke mitra karena mereka memiliki distributor yang berada di dekat lokasi mitra. Sampai sekarang sudah ada dua distributor yang berada di Bekasi dan Bandung, Jawa Barat.

Berdasarkan perhitungannya, mitra hanya membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk balik modal. Dengan catatan, mitra setiap hari dapat menjual sekitar 50-100 cup. Bila dikalkulasi, omzet setiap hari mencapai Rp 400.000. Setelah dikurangi biaya bahan baku dan operasional, porsi laba bersih yang didapatkan mitra sekitar 50% dari omzet. Agar target tercapai, mitra harus memilih tempat berjualan di lokasi-lokasi yang strategis dan ramai lalu lalang orang. 

BERITA TERKAIT

Bangkok RHVAC 2024 dan Bangkok E&E 2024: One Stop Solution untuk Masa Depan NET ZERO

  NERACA Jakarta - Thailand kini siap menggelar Bangkok RHVAC 2024 dan Bangkok E&E 2024, pameran dagang terbesar di Asia…

Gaet Ncess Nabati, MBV Group Luncurkan Brand Kuliner Baru

  Gaet Ncess Nabati, MBV Group Luncurkan Brand Kuliner Baru NERACA Jakarta - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) telah…

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Bangkok RHVAC 2024 dan Bangkok E&E 2024: One Stop Solution untuk Masa Depan NET ZERO

  NERACA Jakarta - Thailand kini siap menggelar Bangkok RHVAC 2024 dan Bangkok E&E 2024, pameran dagang terbesar di Asia…

Gaet Ncess Nabati, MBV Group Luncurkan Brand Kuliner Baru

  Gaet Ncess Nabati, MBV Group Luncurkan Brand Kuliner Baru NERACA Jakarta - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) telah…

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…