Putera Sampoerna Menerima Penghargaan

Sabtu, 07/01/2012

Putera Sampoerna, pendiri Putera Sampoerna Foundation (PSF), menerima Peace through Commerce Medal Award 2011 dari Administrasi Perdagangan Internasional Departemen Perdagangan Amerika Serikat di Nusa Dua Bali Desember lalu. Putera Sampoerna terpilih sebagai satu dari delapan orang dari seluruh dunia yang menerima penghargaan bergengsi ini. Penerima lainnya berasal dari berbagai negara termasuk Cina, Hong Kong, Jerman, Amerika Serikat, dan Australia. Penghargaan ini diberikan atas usaha aktif Putera Sampoerna dalam meningkatkan perdagangan internasional antara Amerika Serikat dengan Indonesia melalui kerjasama di bidang pendidikan tinggi.

Peace Through Commerce Medal Award memberikan penghargaan kepada individu, grup, atau organisasi yang telah mempromosikan dan mengembangkan inisiatif ekspor, mendorong pendekatan inovatif dan secara keseluruhan meningkatkan keseluruhan perdagangan Amerika Serikat. Upaya ini mencerminkan dan membantu meningkatkan tujuan inisiatif ekspor nasional dari Presiden Obama, yaitu menggandakan nilai ekspor Amerika Serikat di akhir tahun 2014 dan mendukung jutaan lapangan kerja di Amerika.

Penghargaan yang diberikan kepada Putera Sampoerna merupakan refleksi dari visi Putera Sampoerna Foundation mencetak calon-calon pemimpin masa depan dan wirausahawan Indonesia yang handal demi menghadapi tantangan global. Dengan visi ini Putera Sampoerna Foundation terus bergerak maju dan mencetak calon-calon pemimpin masa depan Indonesia, pemimpin yang kompeten, memiliki nilai moral yang tinggi, dan berkomitmen untuk pengembangan masyarakat dan negara.

Penghargaan ini pertama kali dicetuskan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat pertama, Thomas Jefferson, pada 1790. Jefferson memberikan medali tersebut, sebelumnya bernama Diplomatic Medal, kepada diplomat asing yang membantu Continental Congress pada saat Revolusi Amerika. Penghargaan ini kemudian dihidupkan kembali oleh Under Secretary Sánchez pada awal tahun ini, sebagai pengakuan fakta bahwa hubungan internasional Amerika memainkan peranan penting dalam perekonomian Amerika di masa yang akan datang.

Kerjasama pendidikan yang dilakukan oleh Putera Sampoerna merupakan usaha untuk memperkuat kerjasama antara Indonesia dengan Amerika Serikat, sejalan dengan unsur dasar dari kemitraan komprehensif dalam kerjasama di bidang pendidikan tinggi, yang ditandatangani oleh Presiden Amerika Serikat dan Presiden Indonesia setahun lalu. Kerjasama ini bertujuan untuk membantu menggandakan jumlah siswa Amerika yang ingin belajar di tingkat universitas di Indonesia, membangun kapasitas dan melanjutkan dialog tingkat tinggi.

Putera Sampoerna Foundation telah bekerjasama dengan 120 universitas dan perguruan tinggi di Amerika Serikat untuk mendorong kolaborasi dan menciptakan kesempatan bagi warga Indonesia yang tertarik untuk belajar di Amerika Serikat. Kerjasama ini juga mencakup lima puluh enam lembaga pendidikan tinggi AS menarik ribuan calon mahasiswa dan keluarga mereka, empat puluh lima universitas berpartisipasi dalam Fulbright Commission Education USA Fair di Indonesia untuk merekrut murid dan dihadiri oleh lebih dari 20,000 orang, dan konsorsium Global Associates Knowledge Network untuk mengeksplorasi peluang kerjasama program pendidikan dan penelitian dengan berbagai institusi di Indonesia.

Delapan penerima Peace through Commerce Medal Award 2011 adalah: Fred Irwin dari Berlin, Jerman; Frederick Lam dari Hong Kong; Jerry Levine dari San Francisco; Kiran Pasricha dari New Delhi; Pete Peterson dari Hanoi, Vietnam; Putera Sampoerna dari Jakarta, Indonesia; China Council for the Promotion of International Trade, yang bermarkas di Beijing; dan International Franchise Association (IFA), yang bermarkas di Washington.