Nutricia Sarihusada Kampanyekan Tanggap Alergi - Tetap Jaga Kecerian Si Kecil

Menurut riset World Allergy Organization, angka prevalensi alergi pada anak di seluruh dunia, termasuk Indonesia cenderung meningkat di tahun-tahun terakhir ini, terutama di negara-negara berpendapatan rendah hingga menengah. Kabar baiknya, dengan penanganan yang tepat, anak dengan alergi dapat tetap ceria dalam kehidupan sosialnya sehingga tumbuh dengan baik dan optimal.

Maka dalam rangka meningkatkan dan mengkapanyekan tanggap dan juga bertepatan dengan World Allergy Week yang jatuh pada 2-8 April 2017, Nutricia Sarihusada kembali mengajak para bunda untuk bergabung dalam Kampanye Bunda Tanggap Alergi dengan 3K (Kenali, Konsultasikan, Kendalikan). Menurut Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. DR. Budi Setiabudiawan, dr., SpA(k), M. Kes dalam siaran persnya di Jakarta, pekan lalu, cara yang paling tepat untuk menanggulangi alergi adalah dengan mengontrol dan mencegah reaksi alergi.

Kata Budi Setiabudiawan, orang tua harus tanggap terhadap alergi dengan melakukan 3K, yaitu: Kenali risiko dan gejalanya, Konsultasikan ke dokter agat si Kecil mendapat penanganan yang tepat, dan Kendalikan penyebab alergi dengan nutrisi yang tepat agar si Kecil bisa tetap tumbuh dengan optimal.”Tidak hanya secara fisik, alergi juga dapat memengaruhi sisi psikologis bunda maupun si kecil,”ujarnya.

Sementara Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si., Psi mengungkapkan, untuk memaksimalkan perkembangan mental si kecil yang memiliki alergi, bunda juga bisa menerapkan 3K. Kenali sifat anak, kemampuan diri sendiri, dan lingkungan sekitar anak. Konsultasikan pada dokter bersama anggota keluarga yang bisa memberikan dukungan moral. Terakhir, Kendalikan dengan mengajarkan anak tentang makanan yang boleh atau tidak boleh ia makan dengan cara menyenangkan, membuatkan bekal yang menarik, dan jangan ragu informasikan kondisi anak pada guru atau orang tua teman.

Sebagai bagian dari kegiatan Kampanye Bunda Tanggap Alergi dengan 3K, Nutricia Sarihusada menggelar Fun Walk bertajuk “Tetap Ceria karena Bunda Tanggap Alergi” di car free day, Jakarta. Melalui acara tersebut, Nutricia Sarihusada mengajak para orang tua serta anak mereka untuk berjalan 2017 langkah, yang dimulai dari Sarinah hingga Bundaran Hotel Indonesia.”2017 langkah ini kami lakukan sebagai bentuk komitmen kami mengedukasi para orang tua untuk tanggap terhadap alergi pada anak. Langkah-langkah ini menggambarkan bagaimana satu langkah para Bunda dan orang tua yang hadir sangat berarti untuk menyebarkan informasi tentang tanggap alergi pada para Bunda yang lain,”kata Gustavo Hildenbrand, General Manager Nutricia Sarihusada.

Gustavo menuturkan, penting bagi orang tua untuk memahami cara-cara yang tepat dalam menangani alergi pada anak dengan penuh cinta. Karena dengan penanganan yang tepat secara fisik dan psikologis, si Kecil dengan alergi tetap ceria, hidup sehat dan bahagia sesuai perkembangan usianya, dan Bunda tak lagi dibayangi kecemasan dalam proses tumbuh kembangnya.

Di fun walk – si kecil tetap ceria karena bunda tanggap alergi ini, para orang tua dapat berpartisipasi secara cuma-cuma untuk mendapatkan pengetahuan lebih mengenai alergi dengan cara yang menyenangkan serta berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi mengenai kondisi anak dan gizi tepat untuk anak alergi. Jalan sehat bersama sambil menyerukan pesan-pesan terkait alergi ini juga diisi dengan booth edukasi, games dan hiburan, serta kampanye foto tanggap alergi,”kata Gustavo.

Sebagai infomasi, tahun lalu kampanye Bunda Tanggap Alergi dengan 3K telah mengedukasi lebih dari 53 juta bunda di Indonesia. Di kali kedua penyelenggaraan ini, Nutricia Sarihusada berkomitmen secara berkelanjutan untuk memberikan edukasi seluas-luasnya kepada orang tua, khususnya para bunda di Indonesia untuk menangani alergi yang dialami si kecil agar ia tetap ceria dan tumbuh secara optimal baik secara fisik maupun mental.”Edukasi langsung kepada para ibu diberikan melalui seminar di rumah sakit di 10 kota yang dibawakan oleh dokter dan psikolog, serta edukasi melalui media massa.”ujar Gustavo.

Dirinya berharap, melalui rangkaian kampanye tersebu, Nutricia Sarihusada dapat mendampingi orang tua dalam masa tumbuh kembang anak, termasuk anak dengan alergi. Dengan orang tua memiliki informasi yang akurat dan tepat mengenai penanganan alergi yang dialami si kecil, maka si kecil dapat tumbuh dengan ceria dan dapat bersosialisasi dengan lingkungannya sesuai usianya.

BERITA TERKAIT

Merangkul Usaha Kecil Dalam Distribusi Migas

Oleh: Afut Syafril Usaha minyak dan gas bumi (migas) identik dengan bisnis padat modal atau hanya bisa dilakukan oleh kalangan…

Bank Banten Jaga Kualitas Kredit - Manado

    Manado - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten Cabang Manado, Sulawesi Utara, terus berupaya menjaga kualitas kredit di…

Pemkot Tangerang Kampanyekan "Safety Riding"

Pemkot Tangerang Kampanyekan "Safety Riding" NERACA Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) Tangerang mengkampanyekan budaya…

BERITA LAINNYA DI CSR

Dukung Pertumbuhan Wirausaha Sosial - Mitra Sociopreneurs Muda DBS Berbagi Kiat Sukses

Membangun kemandirian ekonomi kaum wanita saat ini bukan lagi menjadi pilihan tetapi juga kebutuhan. Oleh karena itu, dalam rangka memberdayakan…

Berdayakan Ekonomi Perempuan - Commonwealth Siapkan Akses Permodalan Praktis

Masih dalam rangka meningkatkan literasi serta memberikan kemudahan akses jasa keuangan kepada 40 ribu perempuan pengusaha Indonesia, PT Bank Commonwealth…

Langkah Kongkrit Untuk Warga Kupang - Ada Virus Positif Astra di Festival Kampung Berseri

Berangkat dari kepedulian terhadap keterbelakangan dunia pendidikan bagi siswa di Indonesia timur, khususnya di Kupang membuat Astra Grup untuk terjun…