Mengawali Dengan Menjadi Pengusaha - Tahun 2012 :

Neraca. Masihkan Anda percaya ramalan suku Maya, bila kiamat akan tiba diakhir tahun 2012? Bila tidak, saatnya Anda memulainya dengan membuka usaha ditahun naga ini. Seringkali para pewirausaha pemula menanyakan, bagaimana membangun usaha, darimana memulainya, kapan, dan bagaimana caranya? Perlukah modal, dan dukungan lain harus disiapkan.

Membangun usaha adalah upaya menciptakan kegiatan bisnis atau usaha yang menghasilkan produk atau jasa, melalui sebuah proses kreatif, dan menciptakan nilai tambah terhadap kegiatan jasa atau produksi yang dihasilkan. Membangun usaha mandiri merupakan upaya penciptaan bisnis atau usaha berdasarkan kemampuan sendiri, mengeksplorasi gagasan serta ide yang dimiliki, serta mengembangkannya melalui kemampuan mengembangkan bersama jaringan, komunitas, serta lingkungan bisnis lain yang saling mendukung.

Mulailah dari sesuatu yang sederhana dan mudah, menganalisis hambatan dan peluangnya, kemudian mentransformasi kegiatan menghasilkan produk atau jasa tersebut berdasarkan sistem dan kinerja yang dibangun secara profesional berdasarkan fungsi-.fungsi manajemen baik dalam menghasilkan produk atau jasa, maupun cara pengelolaannya.

Banyak cara memulai bisnis, dengan melihat fenomena, peluang-peluang, potensi, serta bentuk lain dari hasil pengamatan atau pAndangan yang memungkinkan dapat menghasilkan produk atau jasa baru yang sebelumnya belum atau tidak terpikirkan oleh orang lain.

Setelah menetapkan ide bisnis rinci yang akan Anda jalankan, lakukan beberapa langkah untuk memulai ide dari rencana bisnis yang akan Anda lakukan di awal tahun 2012. Pertama, lakukan Penelitian. Jika Anda memiliki modal terbatas, dan masih belum siap secara keuangan untuk benar-benar lepas dari pekerjaan tetap Anda, Anda bisa memulai dari skala kecil, misalnya dengan melayani keluarga, tetangga atau kenalan, ataupun mulai dari usaha rumah tangga.

Upaya ini dilakukan untuk melakukan tes pasar: bagaimana reaksi orang terhadap produk yang Anda tawarkan, apakah produk tersebut sudah baik, atau masih memerlukan perbaikan di beberapa bagian. Semua kegiatan ini merupakan penelitian yang Anda lakukan, dan hasilnya bisa Anda jadikan pelajaran berharga untuk melakukan perbaikan sedikit demi sedikit sehingga Anda dan produk Anda benar-benar siap diluncurkan dengan skala yang lebih besar.

Misalnya jika Anda ingin berbisnis di bidang kue kering. Anda bisa menawarkan kue kering tersebut pada hari-hari raya kepada teman atau keluarga. Ketika mereka membeli jangan lupa menanyakan pendapat mereka mengenai produk tersebut (rasanya, tampilannya, harganya, bungkusnya), pendapat ini dapat dijadikan masukan bagi perbaikan kualitas kue Anda berikutnya.

Kedua, susun rencana tindakan. Setelah hasil penelitian yang Anda lakukan Anda pelajari dengan saksama, langkah selanjutnya adalah menindaklanjuti hasil penelitian tersebut dengan menyusun rencana yang lebih rinci untuk perbaikan dan peluncuran produk ke pasar yang lebih besar. Perencanaan ini bisa mencakup antara lain: penetapan nama produk, packaging dari produk, perbaikan proses produksi, jalur distribusi yang dipilih, modal tambahan yang diperlukan, orang-orang yang akan diajak bekerja sama (baik sebagai penanam modal, pegawai, ataupun penyalur produk), dan strategi pemasaran yang akan dijalankan (misalnya: dengan brosur, catalog, melalui website, e-mailing list, atau iklan di media komunitas RT/RW, organisasi sosial tempat Anda beraktivitas).

Ketiga, mengimplementasi rencana. Rencana yang telah disusun perlu ditindaklanjuti dengan tindakan nyata. Jika memang modal terbatas, rencana bisa direalisasikan secara bertahap dalam jangka waktu yang lebih panjang (namun, deadline tetap perlu untuk ditetapkan, agar Anda tetap terpacu untuk menyelesaikannya).

Implementasi rencana perlu disertai dengan ketekunan dan kejelian untuk melakukan adaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Mungkin saja Anda perlu melakukan penyesuaian terhadap rencana karena kondisi saat ini tidak seperti yang telah diperkirakan sebelumnya (ada kenaikan harga yang drastis, ada perubahan tren, resesi ekonomi, ataupun bencana alam dan bencana sosial).

Menjadi perusahaan global yang sesungguhnya yang dihargai dan dihormati oleh seluruh orang di seluruh dunia juga merupakan visi global Toyota untuk 2010. Maka untuk memenangkan rasa percaya, memang diperlukan perjuangan dan ketekunan dalam menerjemahkan mimpi besar ke dalam tindakan nyata. Sudah banyak yang telah meraih sukses dengan memulai dari yang kecil.

Seseorang yang memutuskan mengawali untuk membangun bisnis mandiri, hanya dengan sumberdaya dirinya sendiri, atau bersama-sama dengan orang lain, atau melibatkan sumberdaya dan modal yang lebih besar, mereka telah memasuki sebuah langkah menjadi usaha yang berpotensi untuk besar.

Setiap kesuksesan yang dibangun oleh para pewirausaha mandiri dalam skala yang paling kecil sekalipun akan memiliki pengaruh positif, bukan saja terhadap kesejahteraannya tetapi juga terhadap status sosial dirinya dalam keluarga dan masyarakat. Dalam struktur yang lebih luas, keberhasilan membangun usaha mandiri mampu mengubah sistem sosial, sistem ekonomi, serta politik, serta muncul sistem budaya dan teknologi yang selalu mengedepankan inovasi, inisiatif, kreatifitas, independensi, dinamisme dan keragaman dalam dirinya. Secara makro, akan tumbuh masyarakat yang dinamis, dan memiliki etos serta budaya yang tinggi.

Ini sebuah peringatan bagi para lulusan perguruan tinggi, agar mampu menciptakan pekerjaan sendiri, di tengah kondisi pengangguran yang semakin terus bertambah. Kesadaran untuk membuka lapangan kerja sendiri, khususnya bagi para lulusan sarjana baru dari berbagai perguruan tinggi penting karena pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hanya berkisar 5,5 persen dinilai tidak akan mampu menyerap tenaga kerja di usia produktif secara maksimal. Anda tertantang?

Related posts