Kota Tangerang Jadi Percontohan Pelayanan Publik Indonesia

Kota Tangerang Jadi Percontohan Pelayanan Publik Indonesia 

NERACA

Tangerang - Ombudsman Republik Indonesia memastikan Pemerintah Kota Tangerang, Provinsi Banten, menjadi percontohan dalam pelayanan yang baik pada publik.

Kepastian tersebut sesuai dengan nota kerja sama antara Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dengan Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Banten Bambang Poerwanti di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, 20 Oktober 2016."Komitmen Pemkot Tangerang dalam melakukan pembenahan pelayanan publik mendapatkan respon positif dari Ombudsman. Tentu ini menjadi tanggung jawab bagi kita semua untuk melakukan pembenahan pelayanan publik di Kota Tangerang," kata Arief, Senin (24/10).

Wali Kota mengungkapkan, jalinan kerja sama tersebut menjadi motivasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus juga sebagai tanggung jawab bagi semua aparat untuk menyediakan pelayanan yag berkualitas pada publik. Apalagi, lanjut Arief, Pemerintah Kota Tangerang telah berkomitmen untuk mewujudkan Kota Layak Huni, Layak Investasi, Layak Dikunjungi dan Smart City sebagaimana konsep Tangerang Live.

"Kalau kita ingin menjadikan kota ini sebagai Kota Layak Huni harus kita mulai dari penyediaan pelayanan publik yang berkualitas. Aparat juga harus ramah kepada warga," ujar Wali Kota.

Ia menegaskan, mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas harus menjadi tanggung jawab semua pihak baik dari internal aparat dan juga dari eksternal masyarakatnya."Tanggung jawab itu menjadi bagi semua baik internal aparat maupun eksternal masyarakat," kata dia.

Selain dengan Ombudsman RI, Pemkot Tangerang juga melakukan kesepakatan kerja sama dengana BKN Regional III Bandung terkait dengane urusan. Dengan penandatangan tersebut Pemerintah Kota Tangerang menjadi satu-satunya pemerintah daerah di bawah BKN Regional III Bandung, sehingga nanti pegawai Pemkot Tangerang tidak perlu lagi repot mengurus baik kenaikan pangkat maupun masa pensiun."Pegawai dengan demikian bisa lebih berfokus pada kinerja yakni melayani masyarakat," ujar dia.

Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Banten, Bambang Poerwanti melalui keterangan resmi menuturkan, ingin menjadikan pelayanan publik Pemkot Tangerang sebagai percontohan."Kita berharap pelayanan publik di Kota Tangerang bisa menjadi percontohan bagi kota lain, seperti aplikasi Laksa yang juga dicontoh oleh kabupaten kota lain, kita berharap pelayanan publik lainnya bisa menjadi model bagi kota lain," ujar Bambang. Ant

 

BERITA TERKAIT

Pelindo Fasilitasi 3 UMK Unggulan Ikut Pameran di Luar Negeri

NERACA Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berpartisipasi di ajang pameran International Food and Hotel Asia (FHA) Food…

MenKopUKM: 57th APEC SMEWG Jadi Forum Strategis Tuntaskan Tantangan UMKM

NERACA Bali – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menyatakan forum Asia-Pacific Economic Cooperation Small Medium Enterprises Working Group…

Dishub Kota Sukabumi Tangani Puluhan Kerusakan PJU

NERACA Sukabumi - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi menerima laporan kerusakan Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 49 aduan yang tersebar…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Daerah

Pelindo Fasilitasi 3 UMK Unggulan Ikut Pameran di Luar Negeri

NERACA Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berpartisipasi di ajang pameran International Food and Hotel Asia (FHA) Food…

MenKopUKM: 57th APEC SMEWG Jadi Forum Strategis Tuntaskan Tantangan UMKM

NERACA Bali – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menyatakan forum Asia-Pacific Economic Cooperation Small Medium Enterprises Working Group…

Dishub Kota Sukabumi Tangani Puluhan Kerusakan PJU

NERACA Sukabumi - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi menerima laporan kerusakan Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 49 aduan yang tersebar…