Melawan Rambut Rusak dan Rontok

Sabtu, 29/10/2011

NERACA. Bagi kaum perempuan, rambut merupakan keindahan yang harus dijaga. Terlebih bagi Anda yang memiliki aktifitas sebagai wanita karir, yang juga memperhatikan arti sebuah penampilan. Bagian tubuh yang paling terlihat pada wanita dalam aktifitas sehari-hari adalah bagian rambut kepala. Penampilan yang menarik dan bersih serta anggun menunjukkan kepribadian wanita itu sendiri.

Akan tetapi banyak orang-orang saat ini, kurang menjaga dan merawat kesehatan rambut kepalanya, karena berbagai kesibukan yang dijalani. Pada hal, kesehatan rambut tidak lepas dari iklim, cuaca di sekitar kita. Cuaca panas yang mengakibatkan udara kering dan menyerap kandungan air pada kulit tubuh manusia bahkan termasuk pada kulit rambut kepala dan rambut itu sendiri. Panas matahari dan udara yang panas dapat menyebabkan tiupan angin yang mengandung debu. Bila udara seperti ini menerpa kulit dan rambut maka akibatnya kulit mongering dan rambut akan mongering dan kusam.

Bahkan walaupun telah diberikan obat rambut, tetap saja bila terjadi terus-menerus rambut tetap akan mengalami kerusakan dan menyebabkan kerontokan pada rambut. Terkadang kita telah merasa merawat rambut dengan baik, tetapi kenyataannya rambut kita masih mengalami kerusakan, menipis, patah, kusam, beruban yang pada akhirnya terjadi kerontokan. Rambut rontok lama- kelamaan akan membuat kepala menjadi tampak gundul dan letaknya ada yang dibagian depan, tengah atau seluruhnya.

Bila rambut kusam yang diakibatkan karena debu yang menempel pada rambut, maka perlu di waspadai, karena di dalam debu terdapat berbagai bakteri dan kuman. Bakteri dan kuman cepat berkembang di dalam udara yang berdebu, sehingga bila debu yang tercampur bakteri dan kuman menempel pada rambut, maka rambut akan tampak kusam dan kusut. Bila hanya kusam dan kusut saja, itu bisa diperbaiki dengan mencuci rambut dengan air dan bisa membersihkannya dengan shampoo, dan merapikan dengan sisir bagian rambut kepala itu.

Akan tetapi bakteri dan kuman yang menempel belum tentu bisa dihilangkan hanya dengan sekali bilas, walaupun menggunakan shampoo, minyak rambut. Sifat bakteri dan kuman selalu menggerogoti bagian yang mereka suka, setelah bagian itu digerogoti bekasnya akan menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan kuman. Bila sudah seperti ini maka hasilnya rambut akan mengalami kerontokon dan kepala terlihat botak pada bagian-bagian tertentu.

Di tambah masalah, ketombe dan kutu pada rambut yang membuat kepala tidak nyaman dan gatal-gatal. Bila masalah ini tidak ditangani secara benar maka rambut akan kekurangan vitamin, nutrisi sehingga rambut mudah patah, dan rontok. Selain itu, pemilihan shampoo, minyak rambut/obat rambut tidak sesuai dengan kebutuhan rambut kepala sehingga mengakibatkan efek samping yang negatif. Seperti kerusakan akar rambut yang menyebabkan kerontokan rambut di kepala.

Kerusakan rambut yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia berdampak kedepannya, sehingga kesehatan rambut berkurang dan hasilnya rambut ikut berkurang, alias rontok. Memang banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut rusak dan rontok selain dari faktor alam, bahan kimia dan pola hidup sehat. Jadi, ternyata pola makan dan kandungan dari menu makanan dapat berpengaruh terhadap kesehatan dan kerusakan bahkan kerontokan rambut.

Bila menu makan yang tidak sempurna dan jauh dari standar kesehatan tentunya berpengaruh terhadap regenerasi pertumbuhan rambut kepala. Rambut akan mudah, kusut, mudah patah, cepat kusam, pigmen rambut rusak sehingga bisa timbul uban dan permasalahan lainnya, bahkan sampai parah mengalami kerontokan. Rambut rontok otomatis kepala akan terlihat botak. "Perawatan dan kesehatan rambut tidak lepas dari faktor makanan yang bergizi dan bernutrisi dari dalam tubuh,"menurut Dr. Farmanina Santoso, Dermatologist.

Untuk merawat rambut dengan benar, maka kita harus memperhatikan makanan khususnya yang dapat menyuburkan dan menyehatkan rambut, sehingga rambut dapat terawat dengan baik dan benar. Pola makan 4 sehat 5 sempurna harus diterapkan dalam kehidupan sehar-hari, karena inilah yang menopang gizi dan nutrisi bagi tubuh termasuk bagian rambut kepala.

Penggunaan bahan untuk perawatan rambut, seperti shampoo, minyak rambut harus diperhatikan. Hal ini berguna untuk mengetahui bahan perawatan apa yang cocok bagi jenis rambut kita, sehingga rambut dapat terjamin kesehatannya dan tidak akan mengalami kerontokan. Itulah yang meski diperhatikan agar terhindar dari rambut rontok dan kesehatan rambut kepala menjadi optimal dan menjadi daya tarik bagi orang yang melihatnya. (shiddiq)