Melalui Program Tata Masuk Desa - TMDI Siap "Caplok" Pasar Mobil Niaga di Pedesaan

Melihat potensi pasar mobil niaga pedesaan yang cukup potensial. Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menawarkan kendaraan  dengan harga terjangkau melalui program Tata Masuk Desa. Bahkan, kabarnya bukan hanya harga kendaraannya saja yang terjangkau, harga suku cadang pun akan demikian.

"Potensi desa bisa ditingkatkan jika ada percepatan distribusi hasil pertanian maupun perikanan dengan kendaraan niaga yang harganya terjangkau, mesin diesel kuat, servis mudah dan murah," kata Biswadev Sengupta Presiden Direktur PT Tata Motors Indonesia di Tangerang, beberapa hari lalu.

Akibatnya, melalui program Tata Masuk Desa ini kelompok petani bisa mencoba dan menghitung keuntungan biaya produksi jika menggunakan kendaraan niaga yang lebih irit. Dalam hal ini, pihak Tata Motor meminjamkan mobil untuk menilai tingkat ketangguhan dan keiritan.

“Kami tidak wajibkan individu membeli tapi biasanya mereka kolektif melalui koperasi beli satu unit untuk membatu usaha," kata dia lagi.

Sesungguhnya, program Tata masuk Desa ini sudah muali dijalankan di berbagai daerah di Indonesia. Seperti di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi program Tata Masuk Desa sudah berjalan. Hasilnya cukup memuaskan.

"30 unit sudah terjual di desa-desa Provinsi Lampung, kami yakin produk ini mampu bersaing dengan kendaraan niaga merek lain karena masyarakat desa lebih mementingkan efisiensi kendaraan niaga yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Alasannya, pengguna mobil niaga akan berpikir lebih logis dibandingkan pengguna mobil penumpang yang terkadang memiliki rasa fanatik terhadap merek tertentu Pastinya mereka ingin mengutamakan keuntungan, irit, murah, dan mudah.

Penjualan Ritel Tertinggi

Saat ekonomi lesu seperti beberapa bulan belakangan ini, penjualan otomotif nasional Nampak tak bergairah. Meski demikian, penjualan wholesale Tata Motors di Indonesia pada Agustus 2015 tumbuh 145% dibanding periode sama tahun lalu.

Hal ini disampaikan pihak Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) melalui siaran persnya seperti dikutip Antara, anak perusahaan Tata Motors Ltd yang merupakan Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia itu mengklaim pada Agustus 2015 telah meraih penjualan ritel tertinggi sejak September 2013.

Dimana penjualan ritelnya pada bulan itu tumbuh 39%, sedangkan berdasarkan tahun fiskal April-Maret, dibandingkan April – Agustus, angka ritel TMDI tumbuh 67%. Sontak hal itu menjadi hal yang sangat luar biasa bagi Tata Motor mengingat kondisi ekonomi serta superiornya mobil-mobil pabrikan Jepang di Indonesia.

“Pencapaian ini tidak terlepas dari semangat tim TMDI yang selalu memberikan pelayaan terbaik melalui 16 dealer yang tersebar di Jawa, Bali, dan Sumatera. Selain itu ini berkat para konsumen yang sudah membeli kendaraan Tata Motors yang mulai mempromosikan produk kita setelah mereka puas dengan biaya operasional produk-produk Tata Motors yang rendah,” ujar Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI.

Selain itu, TMDI akan tetap memfokuskan diri pada sosialisasi merek dan produk yang beragam dengan terus mengadakan pendekatan langsung kepada target segmen di desa, di pasar-pasar, pertokoan, hunian pinggiran kota, UKM, termasuk perusahaan besar dan Pemerintah. Tak ketinggalan pula akan perluasan jaringan dealer resmi 3S, 2S dan 1S sebagai upaya memperkuat layanan purna jual mereka.

BERITA TERKAIT

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Suzuki Indonesia Resmikan Jimny 3-Door

NERACA Jakarta – Masih tingginya pasar SUV (sport utility vehicle) di Indonesia maka produsen otomotif terus melakukan inovasi dalam memperoduksi mobil…

Daihatsu Tutup Kuartal I 2024 Dengan Kenaikan Penjualan Bulanan 17,1%

NERACA Jakarta – Menutup Kuartal I 2024, Daihatsu kembali catatkan raihan penjualan positif sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Secara…

Hino Ranger Solusi Optimal untuk Pengangkutan Efisien

NERACA Jakarta – Hino Ranger telah lama menjadi pilihan utama dalam industri pengangkutan berat, terkenal karena kinerja andal dan desain…