Bisnis Online yang Menembus Metropolitan

Sabtu, 01/10/2011

NERACA. Pertumbuhan disejumlah kota seakan tak terbendung. Jalan sesak dengan aneka kendaraan bermotor. Macet, polusi asap, bahkan umpatan diantara pengendara riuh redah dalam kebisingan kota. Para pekerja, pegawai, anak sekolah, bahkan pejabat unjuk kuasa disetiap jengkal ruas jalan. Padat inilah ibukota yang mengikuti denyut perekonomiannya.

Satu kegiatan bisnis yang memenuhi atmosfir ibukota adalah bisnis online, sebuah aktifitas transaksi dan usaha melalui dunia maya. Realitas bisnis online nyatanya dapat mengurangi padatnya jalan-jalan dikota-kota besar. Terlebih bisnis online dapat membidik jutaan pengangguran untuk berkesempatan menarik keuntungan financial dari berbisnis online.

Kesuksesan sebuah bisnis online memang bergantung pada diri Anda sendiri. Dengan modal yang terbilang kecil, dan cukup dijalankan dari rumah, Anda dapat melakukannya tanpa harus kehilangan kesempatan bercengkrama bersama keluarga.

Andai pun ada yang memerlukan pengiriman barang, Anda dapat lakukan dengan meminta penyedia jasa kurir untuk menjemputnya dan biarkan jalan raya terisi oleh mereka yang bekerja produktif.

Kegiatan bisnis online juga membawa paradigma baru. Banyak pemain online justru berada di kota-kota kecil bahkan pedesaan. Mereka tak silau dengan gemerlap metropolitan karena dari tempat tinggal mereka penghasilan yang besar pun dapat mereka kantongi. Artinya? Kemakmuran dapat diperoleh dari mana saja, tanpa harus tinggal di kota besar.

Berbagai jenis usaha dapat dijalankan melalui internet. Bahkan Anda tak perlu kuatir menghadapi gejolak ekonomi yang mungkin menghampiri Anda. Inti bisnis online adalah membuka komunikasi dan transaksi dalam jarak yang tidak terbatas. Jika Anda belum memiliki kesempatan mencicipi asiknya dunia bisnis online, maka sekarang giliran Anda

Untuk memulai bisnis online via internet, pemahaman dan pengetahuan seputar internet patut Anda pelajari. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat meminta jasa mengenal, memahami dan menjalankan internet. Ada lima alasan mengapa Anda butuh guru dalam menjalankan bisnis internet; Pertama, sebagai motivator. Untuk mengawali bisnis internet, Anda membutuhkan motivasi disinilah pentingnya keberadaan seorang guru, ia bisa mengembalikan gairah semangat lewat pengalaman-pengalaman yang telah dilakukannya.

Kedua sebagai inspirator, ketiga sebagai solusi pemecah kebuntuan. Seringkali kita menemui sebuah persoalan yang rumit dan itu tidak ditemui di internet, apalagi masalah tersebut memang spesifik dan belum ada orang yang mengulas, maka kehadiran sosok guru bisnis bisa menjadi solusi bagi kebuntuan tersebut.

Keempat sebagai pusat sumber dari sumber yang Anda butuhkan. Guru bisnis dijadikan sebagai pusat sumber dari informasi yang Anda butuhkan, dengan segala gudang pengalaman dan pengetahuannya yang Anda butuhkan dalam menjalankan bisnis online dan kelima sebagai korektor.

Jika Anda sudah mempelajarinya, maka Anda harus melalui tiga langkah untuk memulai bisnis online; ada produk, ada situs web, dan promosi. Secara mendasar cara promosi di internet dapat dilakukan dengan dua cara. Yaitu Anda membayarnya atau manfaatkan layanan gratis.

Umumnya promosi dengan membayar dilakukan bila Anda memasang iklan di Adwords, PPC lokal, facebook, dan lainnya.Sedangan media promosi gratis dapat Anda manfaatkan SEO, artikel marketing, blog, dan lainnya.

Untuk menjalankan strategi promosi diinternet, dilakukan dengan memadukan diantara keduanya. Promosi berbayar dan gratis dilakukan bersamaan, tentu dengan takaran antara gratis dan bayar, keduanya dapat dilakukan berbeda dalam toko online, itu tergantung kebutuhan, kemampuan dan prioritas promosi yang hendak dijalankan dari masing-masing toko online.

Strategi pemasaran toko online memang tidak hanya ada satu. Ada banyak strategi pemasaran online yang bisa dilakukan. Sebab banyak kepala dibelakang perancang strategi. Tugas Anda adalah meramu strategi online yang tepat untuk menghasilkan taktik-taktik pemasaran yang meledakkan toko online Anda.

Agar bisnis Anda sukses, maka akan butuh visi. Visi yang akan mengarahkan kemana bisnis atau perusahaan Anda melangkah. Supaya tujuan yang ingin dicapai menjadi jelas, sehingga Anda dapat mengerahkan segenap tenaga, fokus, dan kemampuan Anda miliki untuk mewujudkan misi tersebut.

Visi adalah sebuah tujuan, dan yang membuat Anda terus tersenyum dan optimis adalah bila Anda mampu mengapainya. Artinya visi akan terus membakar semangat Anda untuk terus maju dan berkembang. Karena setiap orang harus memiliki visi dalam hidup supaya lebih terarah tujuan hidupnya.

Visi yang jelas sangat membantu Anda untuk membuat keputusan yang searah dengan tujuan Anda. Semakin Anda lekatkan visi itu dalam keseharian maka visi itu pasti tercapai. Caranya tetapkan jangka waktu. Visi perlu memiliki batasan waktu yang jelas. Apakah satu tahun, lima tahun atau bahkan 10 tahun mendatang.

Lalu bayangkan, seperti apa bisnis internet Anda dimasa mendatang. Pencapaian apa yang ingin diraih bisnis Anda dimasa mendatang? Kalau untuk bisnis, tolak ukur pencapaiannya bisa dari sisi profit, pendapatan, jumlah konsumen, atau market share. Dan lakukan diskusi dengan orang di sekitar Anda. Ini dapat Anda lakukan dengan partner bisnis atau orang-orang kepercayaan Anda. Mintalah pendapat mereka dan diskusikan juga apa yang harus dilalukan untuk mencapai visi tersebut.That’s all.