Kemenpupera Dituntut Kejar Pembangunan Infrastruktur

Rabu, 08/04/2015

NERACA

Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengharapkan berbagai pekerjaan awal infrastruktur yang termasuk dalam program strategis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada 2015 mulai bisa dilakukan dengan cepat. "Kami harapkan bulan depan (Mei) semuanya memasuki pekerjaan awal," ujarnya, dalam konferensi pers di kantor Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Selasa (7/4).

Menurut Jusuf Kalla, kunjungannya ke kementerian tersebut kali ini adalah untuk melihat kemajuan semua program strategis Kementerian PU dan Perumahan Rakyat pada 2015. SementaraMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimoeljono, melaporkan kepada Jusuf Kalla terkait pengembangan infrastruktur, perumahan, dan tata sumber daya air.

"Kementerian PU dan Perumahan Rakyat berada di peringkat kedua setelah Kementerian Pendidikan untuk anggaran. Jadi harus benar-benar dilaksanakan programnya tahun ini," terangnya. Menurut Basuki, semua pengadaan untuk program strategis Kementerian PU dan Perumahan Rakyat pada tahun ini sudah dilakukan melalui mekanisme lelang elektronik (e-procurement).

Basuki memaparkan, lelang tersebut telah mencapai 9.850 paket atau mencapai 71,69% dari total 13.739 paket atau bernilai sekitar Rp59,9 triliun atau 77,38% dari total Rp77,4 triliun. Dia jugamengungkapkan, perhatian yang dilakukan pemerintah terhadap kemajuan pembangunan infrastruktur adalah karena terkait dengan investasi."Pertumbuhan ekonomi terkait tiga hal. Yaitu ekspor, konsumsi dan investasi," ungkapnya. [agus]