Serukan Anti Kekerasan Terhadap Perempuan - Citi Indonesia

NERACA

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia, Citi Indonesia melalui Citi Indonesia Women Council (IWC) menggelar acara International Women’s Day (IWD) yang diselenggarakan di Jakarta. Perayaan Citi IWD ini dilakukan secara global dengan tema besar “Connecting Women, Inspiring Change, Making Progress”.

Di Indonesia sendiri, Citi mengambil tema “Stand Up Like A Woman” dengan mengambil fokus kekerasan terhadap perempuan melalui diskusi dan langkah nyata dalam memerangi kekerasan tersebut. Hal ini juga sebagai bentuk sinergi dengan upaya pemerintah Indonesia dalam menekan angka kekerasan terhadap perempuan yang berdasarkan data dari Komisi Nasional Perempuan mengalami peningkatan dari 279.688 kasus pada tahun 2013 menjadi 293.220 kasus pada tahun 2014.

Ketua Citi IWC, Novita Djanimenuturkan, dengan lebih dari 2.000 karyawan perempuan, Citi Indonesia mengerti akan pentingnya peranan perempuan dalam setiap aspek kehidupan termasuk dalam perkembangan ekonomi. Namun, sangat disayangkan ternyata masih banyak dari mereka yang masih mengalami tindak kekerasan baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan rumah tangga.

“Oleh karena itu, Citi Indonesia ingin mendedikasikan Hari Perempuan Dunia tahun ini untuk mendukung para perempuan Indonesia dalam perjuangan mereka memerangi tindak kekerasan terhadap perempuan,” ujar dia

Pada kesempatan yang sama, Citi IWC juga memberikan donasi kepada Taman Bacaan Pelangi untuk mendanai pembelian buku dan perpustakaan di daerah Kota Mulia, Puncak Jaya, Papua serta dana bantuan untuk Koalisi Perempuan Papua Bangkit, salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak dalam pemberdayaan perempuan di Papua. Pemberian bantuan kepada perempuan di Papua ini adalah berdasarkan data yang menunjukkan bahwa DKI Jakarta dan Papua merupakan daerah penyumbang terbanyak kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia.

Kegiatan diskusi interaktif yang diperuntukkan kepada karyawan perempuan Citi Indonesia pada 17 Maret 2015 lalu ini turut dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik IndonesiaYohana Yembiseserta jajaran manajemen Citi Indonesia. Hadir sebagai narasumber dalam diskusi interaktif adalah Psikolog Rose Mini, Regina Muabuay dari Koalisi Perempuan Papua Bangkit, Ellen Rachel Aragay, Miss Papua 2014 serta dipandu oleh moderator Shahnaz Haque.

Menyambut baik acara ini,Yohanamengatakan, perhatian yang diberikan Citi terkait isu kekerasan terhadap perempuan, terutama yang berada di daerah Papua merupakan melalui acara International Women’s Day ini merupakan upaya yang patut diapresiasi.

“Semangat kepedulian ini diharapkan dapat semakin memotivasi gerakan-gerakan pemberdayaan dan perlindungan perempuan Indonesia dari berbagai macam bentuk kekerasan baik itu dalam lingkup rumah tangga, masyarakat, maupun lingkungan kerja demi tercapainya kualitas hidup perempuan yang lebih baik,” ujar dia

Related posts