Telkom Konsisten Terapkan CSR Pendidikan

NERACA

Demi membangun bangsa yang lebih berkualitas dan intelektual, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) terus berkontribusi secara konsisten dalam penerapan tanggung jawab sosial perusahaannya di bidang pendidikan.

Salah satu bentuk dukungan Telkom demi melahirkan generasi masa depan yang berpendidikan dan melek akan teknologi adalah adanya Telkom University, institusi pendidikan tinggi yang telah berdiri selama 25 tahun dan telah melahirkan sedikitnya 29.602 alumni hingga November 2014 lalu.

Ketua Telkom Foundation Dwi Sasongko Purnomo menuturkan, Telkom memiliki Telkom Foundation yang menaungi dan mengatur operasional di Telkom University dan institusi pendidikan lainnya yang dimiliki Telkom. Selain institusi pendidikan tinggi, saat ini Telkom Foundation juga menaungi institusi pendidikan dasar dan menengah. Telkom Foundation telah mengelola 31 Taman Kanak-Kanak (TK), 1 Sekolah Dasar (SD), 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP), 3 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata dan 3 akademi.

Selanjutnya Dwi mengungkapkan, selain melalui lembaga pendidikan, Telkom Grup juga mendorong kualitas pendidikan di Indonesia dengan memberikan beasiswa bagi para siswa. Sepanjang tahun 2014, Telkom telah memberikan beasiswa sebesar Rp 20 miliar kepada mahasiswa Telkom University yang berprestasi (beasiswa prestasi) dan mahasiswa kurang mampu (beasiswa sosial). Angka ini sendiri meningkat sekitar Rp6 miliar dari realisasi 2013 Rp 14 miliar.

“Beasiswa tersebut diberikan kepada sekitar 800 mahasiswa dalam bentuk pembebasan biaya. Jadi, tidak ada pemberian tunai, yang jika kita melihat yang sudah-sudah, malah berpotensi untuk tidak digunakan di bidang pendidikan,” kata dia.

Selain Telkom Foundation, beasiswa dalam jumlah signifikan juga diberikan oleh Telkomsel selaku anak usaha Telkom. Telkomsel memberikan beasiswa pertukaran pelajar AFS (American Field Service) yakni mengikuti program pertukaran pelajar selama satu tahun ke Swiss, Belgia, Italia, dan Jepang.

Related posts