Trafik SMS Indosat Tembus 33% - Melonjak Saat Lebaran

NERACA

Jakarta---Lebaran ternyata bukan cuma arus kendaraan yang naik. Namun lalulintas, alias trafik pesan pendek (SMS) Indosat selama H-Lebaran naik 33% menjadi 958 juta dibanding hari biasa. "Terjadi peningkatkan trafik di hampir semua layanan baik suara (voice), maupun data. Namun, yang tertinggi adalah SMS," kata Director and Chief Technology Officer PT Indosat Tbk, Hans C Moritz di Jakarta, Rabu, 7/9.

Selain peningkatan SMS, kata Hans, kenaikan trafik suara tertinggi juga terjadi pada H-1 sebesar 412,3 juta menit atau naik 28,2% dibanding trafik hari biasa. Sementara untuk trafik komunikasi data mencapai 29,33 terabyte/hari atau melonjak 13,5% dibanding trafik hari biasa.

Lebih lanjut Hans menilai, jaringan telekomunikasi Indosat sukses melayani pelanggan dengan baik selama masa Mudik dan Lebaran 2011. Buktinya, Indosat mampu melayani peningkatkan trafik telekomunikasi yang cukup signifikan.

Menurut Hans, kesiapan jaringan dengan peningkatan kapasitas baik suara, SMS maupun data yang telah dipersiapkan jauh hari, berhasil mengantisipasi lonjakan trafik, sehingga pelanggan Indosat dapat tetap berkomunikasi dengan nyaman dan lancar.

Untuk mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi, khususnya untuk suara, Hans menyatakan, Indosat meningkatkan kapasitasnya menjadi 14 juta Erlang/hari. Sementara untuk SMS, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1,2 miliar SMS/hari dan untuk data meningkat menjadi 100 terabyte/hari.

"Kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dalam situasi apapun merupakan prioritas kami. Masa-masa terjadinya lonjakan trafik menjadi perhatian kami agar pelanggan dapat tetap berkomunikasi dengan lancar selama masa Mudik dan Lebaran 2011," kata dia.

Dia menambahkan, tingkat keberhasilan pengiriman SMS antarpelanggan Indosat mencapai lebih dari 97,7% dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antaroperator mencapai sekitar 97,2%. Ini berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS baik internal di jaringan Indosat maupun eksternal ke operator lain.

"Sementara tingkat keberhasilan pangilan suara mencapai lebih dari 90 persen dan data mencapai lebih dari 99%," tukas dia.

Kenaikan trafik telekomunikasi secara umum tertinggi terjadi di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Selatan untuk suara. Sedangkan daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Selatan dan Jawa Timur merupakan wilayah yang mengalami kenaikan trafik SMS tertinggi.

"Keberhasilan kami melewati masa sibuk trafik telekomunikasi ini juga tidak lepas dari dukungan SDM yang berada di Tim Jaringan dengan pemantauan performansi jaringan melalui Lebaran Command Center sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan Indosat secara Nasional, yang mulai beroperasi pada tanggal 27 Agustus - 1 September 2011 selama 24 jam," pungkasnya. **cahyo

BERITA TERKAIT

SAAT INI ADA 11 MASKAPAI NASIONAL MEGAP-MEGAP - INACA Minta Pemerintah Proteksi Maskapai Domestik

Jakarta-Ketua Indonesia National Air Carrier Association (INACA) yang juga menjabat Dirut Garuda Indonesia, Ari Askhara, meminta pemerintah memproteksi maskapai nasional…

INDUSTRI GITAR RUMAHAN TEMBUS MANCANEGARA

Perajin menyelesaikan proses pembuatan gitar di industri gitar rumahan Ari Arya, Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/1/2019). Gitar listrik dan…

2019, Saat Tepat Investasi Lahan di Bali

NERACA Jakarta-  Peningkatan industri sektor pariwisata di Pulau Dewata, Bali menyebabkan bertambahnya minat para investor untuk mencari peluang bisnis di…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

DPR Desak Pemerintah Bikin Badan Pangan Nasional

    NERACA   Jakarta - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Hardisoesilo mengingatkan pemerintah agar segera…

Pembangunan Infrastruktur Berefek Ganda

    NERACA   Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan terus membangun sarana infrastruktur dengan efek…

REI Kontribusi 40% Program Sejuta Rumah

  NERACA   Jakarta - Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) melalui anggotanya memberikan kontribusi 394.686 unit rumah atau 40 persen…