FIF Menargetkan Pendapatan Kredit Sebesar 11%

 

 

NERACA

Pertumbuhan pasar otomotif yang terus berkembang, terutama di kendaraan roda dua, FIF (Federal International Finance) meyakini target kredit motor akan diraup mencapai 10-11%.

Walaupun Bapepam telah mengeluarkan aturan DP 20-25 persen untuk kredit kendaraan bermotor. "Target tahun ini kami tetap optimis sebesar 10 hingga 15 persen," ujar Presiden Direktur Federal Internasional Finance (FIF), Suhartono, di Jakarta.

Menurutnya, kalaupun ada penurunan kredit, hal itu lebih dikarenakan faktor persaingan bukan, dari naiknya DP.

"Jadi kami optimis tidak turun, secara makro kita tumbuh baik, jadi kedepan sepeda motor akan masih penting. Dengan adanya kenaikan DP justru akan membawa dampak yang sehat bagi industri pembiayaan kendaraan bermotor," ujarnya.

Menurut Suhartono, saat ini DP motor Rp 500.000 sangat sedikit hanya sekitar 4 persen. Pangsa pasar FIF pun masih cukup luas. "Saat ini pangsa Honda sekitar 44 persen, artinya kedepan masih banyak bisnis yang bisa dikembangkan," tegasnya.

Suhartono berencana untuk melakukan inovasi diantaranya dengan melakukan kerjasama dengan club motor dan membuka jejaring sosial untuk tetap menjaga pertumbuhan kredit ke depan. "Kita lebih ke arah, perubahan program, dan merangkul community," tutupnya.

Pasar Sepeda Motor

Pasar sepeda motor di Tanah Air mengalami pertumbuhan 7% di semester pertama tahun ini dibandingkan tahun 2013. Tercatat penjualan nasional mencapai angka 4.216.473 unit. Sepeda motor keluaran PT Astra Honda Motor (AHM) masih memimpin pasar motor nasional.

AHM meraih 62,3% pangsa pasar lewat angka penjualan yang menembus 2.625.128 unit. Pada periode ini, pertumbuhan penjualan sepeda motor Honda melampaui pertumbuhan pasar nasional, yaitu sebesar 10,9% dari 2.366.417 unit pada semester pertama 2013 menjadi 2.625.128 unit pada semester pertama tahun ini.

Melonjakknya pertumbuhan penjualan Honda pada semester satu ini ditopang pertumbuhan di semua segmen baik sport, bebek, maupun skutik. Penjualan motor sport Honda melonjak 30,3% sedangkan untuk motoe bebek meningkat 9,7%. Sementara untuk segmen skutik penjualannya meningkat sebanyak 9,2%.

“Pertumbuhan penjualan sepeda motor Honda berhasil dicapai berkat semakin besarnya kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk Honda. Secara konsisten AHM terus meluncurkan produk-produk berkualitas yang sesuai harapan konsumen, serta didukung layanan purna jual terluas di Tanah Air,” ujar Thomas Wijaya, Deputy General Manager Sales Division AHM.

 

BERITA TERKAIT

Di Tengah Ancaman Boikot, Danone Terus Disoal

Nama perusahaan multinasional asal Prancis, Danone terus bikin geger. Danone dan banyak perusahaan multinasional lainnya  dikecam di seluruh dunia karena aktif…

Khong Guan Luncurkan Biscuits House di KidZania

Memperkenalkan lebih dekat lagi biskuit Khong Guan kepada anak-anak sejak dini sebagai biscuit legendaris di Indonesia, Khong Guan Group Indonesia…

KUR, Energi Baru Bagi UKM di Sulsel

Semangat kewirausahaan tampaknya semakin membara di Sulawesi Selatan. Tengok saja, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel,…

BERITA LAINNYA DI Peluang Usaha

Di Tengah Ancaman Boikot, Danone Terus Disoal

Nama perusahaan multinasional asal Prancis, Danone terus bikin geger. Danone dan banyak perusahaan multinasional lainnya  dikecam di seluruh dunia karena aktif…

Khong Guan Luncurkan Biscuits House di KidZania

Memperkenalkan lebih dekat lagi biskuit Khong Guan kepada anak-anak sejak dini sebagai biscuit legendaris di Indonesia, Khong Guan Group Indonesia…

KUR, Energi Baru Bagi UKM di Sulsel

Semangat kewirausahaan tampaknya semakin membara di Sulawesi Selatan. Tengok saja, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel,…