Citi Indonesia Persempit Kesenjangan Literasi - Salurkan US$ 900.000

NERACA

Citi Indonesia melalui Citi Peka (PEduli dan berKArya), belum lama ini menandatangani kerja sama dengan 5 (lima) lembaga mitra sebagai upaya pengembangan pendidikan keuangan di Indonesia. Dengan dukungan dari Citi Foundation, Citibank Indonesia memberikan dana senilai US$900.000 (setara dengan Rp10,9 milyar).

Citi Country Officer,Tigor M. Siahaan mengungkapkan, Citi Indonesia berkomitmen untuk berperan aktif dalam mendukung masyarakat Indonesia, dengan mendorong peningkatan inklusi keuangan dan kemajuan ekonomi. Hal ini merupakan bidang yang kami kuasai dan dapat memberikan dampak yang optimal.

“Penandatangan kerja sama dengan kelima lembaga mitra ini merupakan wujud dari konsistensi Citi dalam mengembangkan kemampuan masyarakat di Indonesia,” ujar dia

Selama 15 tahun berdiri, Citi Peka merupakan bagian dari Citi Indonesia yang mengelola kegiatanCorporate Social Responsibility(CSR), dengan berfokus pada tiga program yakni: 1) pendidikan pemuda dan kesejahteraan, 2) kapabilitas keuangan dan kepemilikan aset, serta 3) keuangan mikro.

Kelima lembaga mitra tersebut adalah Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI), UKM Center Universitas Indonesia (UKMC-UI), Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita (PPSW), Prestasi Junior Indonesia dan Mercy Corps.

Deputi Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK,Sri Rahayu Widodo memaparkan, berdasarkan hasil survey yang dilaksanakan oleh OJK, lebih dari 75% dari masyarakat Indonesia belum memenuhi standar literasi finansial. Padahal, Kemampuan dan pemahaman keuangan merupakan kemampuan yang saat ini wajib dimiliki semua orang.

“Oleh sebab itu kami percaya bahwa peningkatan literasi dan inklusi keuangan dapat mendorong perkembangan ekonomi, inklusi sosial, serta berkontribusi terhadap kesehatan ekonomi suatu negara. Kami sangat menghargai apa yang telah dilakukan Citibank selama 15 tahun terakhir. Kami berharap Citi dapat terus memperkecil kesenjangan literasi yang ada dan memberikan dampak positif bagi komunitas,” tutur dia

Selain menyalurkan dana bantuan dari Citi Foundation untuk mendukung program dari lembaga mitra, Citi Peka juga mendorong partisipasi aktif karyawan Citibank yang dikenal dengan ‘Citi Volunteers’dalam berbagai kegiatannya. Karyawan diberikan cuti untuk menjadi relawan dan dapat terlibat langsung dalam program-program kemasyarakatan yang ada.

“Antusiasme dan partisipasi Citibankers memiliki peran penting dalam kesuksesan program kemasyarakatan kami. Maka, kami menjalin kerjasama dengan lembaga mitra yang memiliki visi yang sejalan dengan Citibank agar Citibakers dapat berpartisipasi,” kata Corporate Affairs Director Citi Indonesia,Agung Laksamana.

Sejauh ini, Citi Peka telah menjangkau lebih dari 750.000 orang di berbagai provinsi di Indonesia. Empat dari lima lembaga mitra yang bekerja sama tahun ini telah mendapatkan pendanaan dari Citi Foundation tahun lalu. Salah satu program unggulan Citi Peka adalah pendidikan keuangan bagi siswa sekolah dasar melalui pentas teater berjudul “Pertualangan Agen Penny”. Program ini juga mendapatkan pengakuan sebagai Indonesia’s Best Social Campaign Program 2014 versi majalah MIX.

Related posts