Summarecon Bangun 4 Blok Rusunawa - September 2015 Siap Huni

NERACA

Jakarta - PT Summarecon Agung Tbk akan ambil bagian dari pembangunan empat blok rumah susun sederhana sewa (rusunawa) berlantai 6 di Rawa Bebek, Kawasan Pulo Gebang, Jakarta Timur. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo telah meresmikan pemancangan tiang pertama (ground breaking) rusunawa yang ditargetkan selesai pada Agustus 2015 dansudah siap untuk dihuni pada bulan berikutnya.

Direktur Summarecon Agung, Adrianto P. Adhi mengungkapkan, pembangunan Rusunawa Rawa Bebek ini akan dikerjakan pada Desember 2014 setelah dilaksanakannya tender, di mana skemanya dilakukan sesuai dengan ketentuan pengembang. Dalam hal ini Summarecon.

Menurut dia, turut sertanya Summarecon mendirikan hunian vertikal bagi masyarakat menengah ke bawah ini merupakan kewajiban perusahaan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan rumah susun yang bermanfaat namun harganya terjangkau bagi warga Jakarta.

"Ini (pembangunan rusunawa) adalah kewajiban kita sesuai Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT). Sehingga saat kita membuat kewajiban itu semuanya dihitung. Sekarang mereka (Pemprov DKI) lagi butuh (bangun rusunawa), lalu tersedia pula lahan. Makanya kita bangun empat dari total 14 blok," jelas Adrianto, usai ground breaking di Rawa Bebek, Kawasan Pulo Gebang, Jakarta, Rabu (10/9).

Mengenai berapa besar investasi yang bakal dikeluarkan Summarecon, Adrianto belum berani mengungkapkan. Alasannya karena pihaknya sampai saat ini masih menghitung nilai investasi yang akan keluar setelah proyek tender dilakukan.

"Ini sebenarnya kewajiban. Artinya, adalah perhitungan ada di biro tata ruang Pemprov DKI. Jadi untuk biaya dan investasinya saya belum bisa diungkapkan," katanya. Setelah proyek ini rampung, sambung Adrianto, seluruh pengelolaan dan operasionalnya akan diserahkan kepada Pemprov DKI Jakarta, termasuk penentuan tarif sewa.

Rusunawa Rawa Bebek dibangun oleh Summarecon tepat di pinggir Banjir Kanal Timur (BKT). Rusunawa ini rencananya terdiri dari empat blok rusun yang masing-masing memiliki 6 lantai, pada lantai dasar digunakan sebagai ruang publik. Sedangkan di lantai 2-6 akan digunakan hunian warga yang dapat diakses melalui tangga dan lift. Setiap lantai hunian terdiri dari 20 unit kamar susun dengan jumlah total seluruh blok sebanyak 400 unit.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perumahan Pemprov DKI Jakarta, Yonathan Pasodung menjelaskan, pemerintah daerah akan menerapkan tarif sewa kamar dengan harga yang sangat terjangkau.

"Sesuai Perda Retribusi, yaitu Nomor 3 Tahun 2007. Lengkap semua penjelasannya, kisaran Rp150.000-280.000 per bulan untuk terprogram. Kalau tidak terprogram atau untuk warga umum sekitar Rp300.000-380.000 per bulan," terangnya.

Rusunawa Rawa Bebek dibangun di atas lahan milik Pemprov DKI Jakarta seluas 176.448 meter persegi. Pembangunan ini dilakukan berdasarkan DED yang sudah disiapkan oleh Dinas Perumahan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta. [ardi]

BERITA TERKAIT

NU Care-LAZISNU Siap Kelola Dana Zakat yang Dihimpun BAZNAS

Jakarta, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggandeng Lembaga Amil Zakat (LAZ) berbasis Ormas. Enam LAZ Ormas di antaranya NU Care-LAZIS…

Baznas Harus Siap Kelola Zakat ASN

Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid Saadi mengatakan Badan Amil Zakat Nasional harus siap mengelola zakat aparatur sipil negara…

Karyawan Telkomsel Bangun Jembatan Berdaya - Permudah Akses Masyarakat di Pelosok Garut

Sebagai wujud kepedulian bagi masyarakat sekitar tempat beroperasi, Telkomsel bersinergi bersamaan salah satu komunitas keagamaan karyawan, Majelis Taklim Telkomsel (MTT)…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Utang Luar Negeri Indonesia Naik 10,1%

      NERACA   Jakarta - Jumlah utang luar negeri Indonesia di akhir 2017 meningkat 10,1 persen (tahun ke…

Muliaman Hadad Ditunjuk jadi Dubes RI untuk Swiss

    NERACA   Jakarta-Mantan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Darmansyah Hadad resmi ditunjuk menjadi Duta Besar…

Tiga Tahun Jokowi Diklaim Berhasil Turunkan Inflasi

      NERACA   Padang - Pejabat Kantor Staf Presiden (KSP) memaparkan dalam tiga tahun perjalanan pemerintahan Presiden Jokowi…