Diimbau Manfaatkan Program Mudik Gratis - Pengendara Motor

NERACA

Jakarta - Pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor untuk melakukan kegiatan pulang kampung diimbau untuk memanfaatkan program mudik gratis yang dinilai lebih meningkatkan baik nilai keamanan sekaligus mengurangi kepadatan lalu lintas.

"Masyarakat khususnya yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor agar dapat memanfaatkan program mudik gratis sebaik-baiknya," kata Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan dalam rilis Pusat Komunikasi Publik Kemenhub yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menhub memaparkan, guna mengurangi dampak kepadatan dan kecelakaan pada masa angkutan lebaran, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar program "Mudik Gratis Dengan Mengunakan Kapal" bagi pemudik yang menggunakan roda dua.

"Mudik Gratis ini akan mengangkut para pemudik dan sepeda motornya melalui rute Pelabuhan Tanjung Priok - Tanjung Emas, Semarang dan Pelabuhan Tanjung Priok - Pelabuhan Panjang," jelasnya.

Pendaftaran program mudik gratis dengan kapal ini telah dibuka mulai 1 Juli 2014 sampai dengan 16 juli 2014 dan animo masyarakat untuk mengikuti program ini sangat besar.

Terhitung di hari kelima pendaftaran (5 Juli 2014), kuota keberangkatan dua tahap yakni 24 dan 26 Juli 2014 sudah terpenuhi yakni masing-masing kapal sebanyak 1.250 sepeda motor.

Sebelumnya, Kemenhub mengapresiasi program mudik gratis pengguna sepeda motor dengan moda transportasi kapal laut ternyata memiliki banyak peminat, sehingga kuota yang ada juga telah terpenuhi.

"Kuota yang terpenuhi itu menunjukkan minat dan kepedulian masyarakat yang tinggi untuk turut mengurangi kemacetan lalu lintas," tutur Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata.

Ia memaparkan, selain alasan keamanan, program mudik gratis bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor juga untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di jalan yang kerap dilewati pemudik seperti Pantura.

Sedangkan Polda Metro Jaya menyatakan sebanyak 1.790 bus akan melayani mudik gratis di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Hari Raya Idul Fitri 2014.

"Ada 16 perusahaan yang sudah mendaftar ke Polda Metro Jaya untuk melayani mudik gratis dengan 1.790 bus," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, Senin (14/7).

Rikwanto mengatakan angkutan mudik gratis itu mulai beroperasi pada "H-7" Hari Raya Idul Fitri dengan perkiraan sebanyak 128 ribu orang akan diangkut dalam program mudik gratis tersebut. [agus]

BERITA TERKAIT

Program FTLC Hadir di Universitas Airlangga - Ciptakan Tenaga Handal Bursa Komoditi

NERACA Surabaya – Masih rendahnya penetrasi investasi masyarakat di perdagangan bursa berjangka tidak bisa lepas dari minimnya jumlah tenaga pialang…

BTN Siap Dukung Program DP 0% untuk PNS/TNI-Polri

  NERACA Rembang - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) menyatakan kesiapannnya dalam mendukung program uang muka atau down…

Menhub Pastikan Bandara Kertajati Bisa Digunakan untuk Mudik

      NERACA   Majalengka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan akan melakukan "soft opening" Bandara Kertajati…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Pemerintah Klaim Tenaga Kerja Asing Masih Terkendali

  NERACA   Jakarta - Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri menyatakan jumlah tenaga kerja asing di Indonesia per akhir 2017…

Darmin : Pelemahan Rupiah Tidak Cerminkan Fundamental Ekonomi

      NERACA   Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar…

BEKRAF Kuatkan Ekosistem Industri Kopi Indonesia

  NERACA   Jambi - Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) kembali bekerja sama dengan Masyarakat Kopi Indonesia (MKI) untuk mengadakan workshop…