Diimbau Manfaatkan Program Mudik Gratis - Pengendara Motor

NERACA

Jakarta - Pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor untuk melakukan kegiatan pulang kampung diimbau untuk memanfaatkan program mudik gratis yang dinilai lebih meningkatkan baik nilai keamanan sekaligus mengurangi kepadatan lalu lintas.

"Masyarakat khususnya yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor agar dapat memanfaatkan program mudik gratis sebaik-baiknya," kata Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan dalam rilis Pusat Komunikasi Publik Kemenhub yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menhub memaparkan, guna mengurangi dampak kepadatan dan kecelakaan pada masa angkutan lebaran, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar program "Mudik Gratis Dengan Mengunakan Kapal" bagi pemudik yang menggunakan roda dua.

"Mudik Gratis ini akan mengangkut para pemudik dan sepeda motornya melalui rute Pelabuhan Tanjung Priok - Tanjung Emas, Semarang dan Pelabuhan Tanjung Priok - Pelabuhan Panjang," jelasnya.

Pendaftaran program mudik gratis dengan kapal ini telah dibuka mulai 1 Juli 2014 sampai dengan 16 juli 2014 dan animo masyarakat untuk mengikuti program ini sangat besar.

Terhitung di hari kelima pendaftaran (5 Juli 2014), kuota keberangkatan dua tahap yakni 24 dan 26 Juli 2014 sudah terpenuhi yakni masing-masing kapal sebanyak 1.250 sepeda motor.

Sebelumnya, Kemenhub mengapresiasi program mudik gratis pengguna sepeda motor dengan moda transportasi kapal laut ternyata memiliki banyak peminat, sehingga kuota yang ada juga telah terpenuhi.

"Kuota yang terpenuhi itu menunjukkan minat dan kepedulian masyarakat yang tinggi untuk turut mengurangi kemacetan lalu lintas," tutur Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata.

Ia memaparkan, selain alasan keamanan, program mudik gratis bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor juga untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di jalan yang kerap dilewati pemudik seperti Pantura.

Sedangkan Polda Metro Jaya menyatakan sebanyak 1.790 bus akan melayani mudik gratis di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Hari Raya Idul Fitri 2014.

"Ada 16 perusahaan yang sudah mendaftar ke Polda Metro Jaya untuk melayani mudik gratis dengan 1.790 bus," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, Senin (14/7).

Rikwanto mengatakan angkutan mudik gratis itu mulai beroperasi pada "H-7" Hari Raya Idul Fitri dengan perkiraan sebanyak 128 ribu orang akan diangkut dalam program mudik gratis tersebut. [agus]

BERITA TERKAIT

Bikin Program Pendidikan, Bank Mandiri Gaet UGM

      NERACA   Jakarta - Bank Mandiri menjalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam peningkatan kemampuan perbankan…

Genjot DPK, BTN Gelar Program “Super Untung Jaman Now”

      NERACA   Jakarta - Berhasil meraih pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 20,45% di atas rata-rata industri…

Kejagung Awasi Program Cetak Sawah

Kejagung Awasi Program Cetak Sawah NERACA Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) menegaskan akan mengawasi program pencetakan sawah baru dan tidak…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Utang Luar Negeri Indonesia Naik 10,1%

      NERACA   Jakarta - Jumlah utang luar negeri Indonesia di akhir 2017 meningkat 10,1 persen (tahun ke…

Muliaman Hadad Ditunjuk jadi Dubes RI untuk Swiss

    NERACA   Jakarta-Mantan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Darmansyah Hadad resmi ditunjuk menjadi Duta Besar…

Tiga Tahun Jokowi Diklaim Berhasil Turunkan Inflasi

      NERACA   Padang - Pejabat Kantor Staf Presiden (KSP) memaparkan dalam tiga tahun perjalanan pemerintahan Presiden Jokowi…