Tingkatkan Layanan - Alfamart Fokus Bisnis E-Commerce

NERACA

Jakarta - Menjanjikannya bisnis e-commerce saat ini, memicu PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) untuk lebih fokus mengembangkan bisnis tersebut dengan menghadirkan layanan belanja online Alfaonlie. Dimana layanan tersebut dimaksudkan pula untuk meningkatkan pelayanan yang lebih prima kepada konsumen Alfamart.

E-Commerce Development Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Hilda Dhamayanti mengatakan, Alfaonline merupakan inovasi terbaru dari Alfamart dengan memanfaatkan layanan belanja versi online. Dimana dengan belanja online ini diharapkan mampu memberikan kontribusi lebih kepada pendapatan perseroan,”Saat ini kontribusi Alfaonline masih sebesar satu persen terhadap pendapatan perseroan,”ujarnya di Jakarta, kemarin.

Nantinya, seiring dengan penambahan berbagai macam item, kedepan bisa memberikan kontribusi pendapatan bagi perseroan lebih signifikan. Dijelaskan, cara pembelanjaan menggunakan alfaonline ini sebenarnya sudah ada sejak Februari 2013 lalu. Namun lantaran pada tahun lalu alfaonline masih melakukan triller (percobaan) sehingga konsumennya belum terlalu banyak.

Menurut Hilda, ini merupakan salah satu online shop yang didirikan oleh perseroan sehingga konsumen tidak perlu khawatir lagi belanja online,”Alfaonline ini juga untuk membantu para konsumen untuk melakukan pembelanjaan dari rumah. Jadi kalau misalnya hujan, konsumen tidak perlu khawatir. Cukup memesan dari rumah melalui website dan melakukan pembayaran bisa melalui Mandiri, XL tunai, BCA klikpay, doku wallet, COD dan lain-lain,”ujarnya.

Dia melanjutkan, pembelanjaan menggunakan alfaonline ini dilakukan melalui dua pilihan yakni ambil di toko alfamart terdekat konsumen atau kirim ke rumah sesuai dengan waktu yang dipilih konsumen. Hilda mengatakan, apabila konsumen memilih pengiriman diantar ke rumah, konsumen cukup membayar ongkos kirim sebesar Rp5.000 untuk pembelanjaan antara Rp50.000-Rp100.000. Akan tetapi untuk pembelanjaan di atas Rp100.000 tidak akan dikenakan biaya pengiriman,”Dengan pilihan beragam kebutuhan rumah tangga, alfaonline ini pilihan yang tepat untuk menjadi tujuan konsumen berbelanja,” ungkapnya.

Tahun ini, perseroan menganggarkan belanja modal sekitar Rp 1,8 triliun hingga Rp 2 triliun untuk membuka gerai sebanyak 1200 gerai. Dimana sumber pendanaan belanja modal tersebut masih didominasi pinjaman bank atau penerbitan obligasi sebesar 70% dan sisanya dari kas internal. Tercatat dari target pembukaan gerai tersebut, baru terealisasi 288 gerai di kuartal pertama. (bani)

BERITA TERKAIT

Tampung 1000 Jemaah - APLN Resmikan Masji Raya Al Azhar Podomoro Park

Emiten properti, PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) sejak lama fokus menyasar pasar Jawa Barat. Perusahaan banyak menebar proyek bisnis…

Metropolitan Land Raih Marketing Sales Rp438 Miliar

NERACA Jakarta – Emiten properti, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) atau Metland membukukan marketing sales hingga kuartal I-2024 sebesar Rp…

Hartadinata Tebar Dividen Final Rp15 Per Saham

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) akan memberikan dividen final tahun buku 2023 sebesar Rp15…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Tampung 1000 Jemaah - APLN Resmikan Masji Raya Al Azhar Podomoro Park

Emiten properti, PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) sejak lama fokus menyasar pasar Jawa Barat. Perusahaan banyak menebar proyek bisnis…

Metropolitan Land Raih Marketing Sales Rp438 Miliar

NERACA Jakarta – Emiten properti, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) atau Metland membukukan marketing sales hingga kuartal I-2024 sebesar Rp…

Hartadinata Tebar Dividen Final Rp15 Per Saham

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA) akan memberikan dividen final tahun buku 2023 sebesar Rp15…