Kilas - 5

Holcim Bentuk 85 KUB

Berdayakan Ekonomi Rakyat

PT Holcim Indonesia Tbk telah membentuk sebanyak 95 Kelompok Usaha Bersama (KUB) untuk pemberdayaan perekonomian masyarakat. Menurut Corporate Communications Holcim Indonesia Tbk, Deni Nuryandain, mengatakan KUB ini merupakan bagian dari CSR yang dilakukan di sekitar wilayah pabrik di Cilacap Jateng.

"KUB yang telah ada mampu menyerap sampai 832 orang. KUB merupakan bagian dari program Pos Daya yang didirikan di 19 desa binaan di Cilacap,” kata Deni.

KUB dibentuk di setiap RW yang ada di desa binaan itu. Masyarakat yang terlibat dalam KUB memproduksi berbagai produk yang merupakan potensi lokal. Mulai dari industri kerajinan tangan hingga makanan seperti keripik pisang, rempeyek kacang, sale pisang serta telor asin. Produksi ini dilakukan melalui industri rumahan atau usaha mikro kecil.

Setiap KUB memperoleh bantuan modal sebagai awal usaha. Adapun besaran modal yang diberikan sekitar Rp 5 juta.

Produk KUB dibantu dipasarkan ke sejumlah pasar maupun ritel yang ada di Cilacap. Deni menuturkan saat ini sedang diupayakan supaya produk KUB dapat dipasarkan di pasar modern berskala besar di seluruh Indonesia.

Related posts