Frisian Flag Persembahkan Jr. NBA - Dorong Anak Indonesia Bergaya Hidup SehatFrisian Flag Persembahkan Jr. NBA

Resmi diluncurkan untuk pertama kalinya di Indonesia. Jr NBA, sebuah program pembinaan internasional yang bertujuan untuk memperkenalkan olahraga basket dan gaya hidup aktif bagi anak-anak akan menjangkau lebih dari 100 sekolah dan komunitas di tahun pertamanya.

NERACA

Terinspirasi dengan kebutuhan untuk meningkatkan status gizi anak-anak di Asia Tenggara, Friesland Campina memulai kampanye “Drink, Move, Be Strong” yang bermitra dengan Jr. NBA. Kampanye ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan gizi yang teridentifikasi dari survei nutrisi di Asia Tenggara atau South East Asian Nutrition Surveys (SEANuTS).

Survei ini dilakukan terhadap 16.774 anak-anak berusia dibawah 12 tahun, hasil survei menunjukan prevalensi penyebaran gizi buruk bagi anak-anak, terutama kurangnya vitamin D, kalsium dan zat gizi penting lainnya.

Di Indonesia, implementasi SEANUTS ditandai dengan peluncuran Gerakan Nusantara pada 2013 yang berhasil menggapai 250 sekolah di lima kota besar di Indonesia melalui promosi gaya hidup sehat, edukasi tentang  gizi dan program kantin sehat. Gerakan Nusantara merupakan sebuah program CSR berkelanjutan di Indonesia.

Tahun ini, sebagai bentuk nyata dari Gerakan Nusantara, anak-anak Indonesia akan diundang untuk berpartisipasi dalam program Jr. NBA yang dipersembahkan oleh Frisian Flag, bersama-sama dengan Drink, Move, Be Strong, untuk mendorong anak-anak mengadaptasi gaya hidup  aktif dan sehat melalui olahraga, serta gizi yang tepat.

Peluncuran ini merupakan langkah awal dari kerjasama jangka panjang regional antara NBA dan FrieslandCampina – salah satu perusahaan susu terbesar di dunia, yang setiap harinya menyajikan gizi bermanfaat melalui produk susu kepada jutaan anak-anak. Selain di Indonesia, Jr. NBA juga akan diluncurkan di Malaysia, Thailand dan Vietnam.

President Director Frisian Flag Indonesia, Marco Spits menuturkan, FrieslandCampina melalui Frisian Flag Indonesia berupaya memastikan masa depan generasi muda Indonesia yang lebih baik dengan memberikan kebaikan susu dan olahraga basket sebagai jembatan untuk mempromosikan gaya hidup sehat.

“Kami percaya bahwa melalui keahlian kami dalam menyediakan gizi melalui produk susu, serta pengalaman dan kesuksesan Jr. NBA dalam mendorong gaya hidup sehat melalui olahraga dan permainan. Maka program ini akan sangat bermanfaat bagi anak-anak Indonesia,” kata dia

Program Jr. NBA telah berlangsung selama tujuh tahun berturut-turut di Filipina dengan kemitraan jangka panjang antara NBA dan FrieslandCampina melalui brand Alaska yang berhasil menjaring minat 80.000 orang, terdiri dari  pelajar, orangtua, dan guru olah raga yang turut berpartisipasi dalam program pelatihan, klinik dan aktifitas kepedulian NBA (NBA Cares).

Para peserta Jr. NBA dilatih dasar-dasar olahraga bola basket yang baik dan mempelajari pentingnya nilai-nilai utama Jr. NBA, yaitu: Sportsmanship (sportivitas), Teamwork (kerjasama tim), a positive Attitude (sikap positif), dan Respect (saling menghargai) atau disingkat menjadi S.T.A.R.

Sementara itu, Vice President, Global Marketing Partnerships NBA Asia, Fransesco Suarez mengatakan, olahraga basket memiliki jumlah penggemar yang signifikan, mudah dimainkan serta merupakan cara yang ideal untuk menyampaikan pentingnya latihan fisik dan gaya hidup sehat kepada anak-anak.

“Kami bersemangat untuk bermitra dengan Frisian Flag untuk turut membantu meningkatkan kesehatan anak-anak di Indonesia. Berkat dukungannya, kami menghadirkan Jr. NBA di Indonesia, dimana bersama-sama kami dapat langsung berkomunikasi dengan anak-anak, orangtua, serta para pendidik terkait kesehatan dan kebugaran,” tambah dia

Jr. NBA merupakan program pelatihan bebas biaya yang terbuka untuk anak-ana usia 5-14 tahun. Bagi pemain usia 10-14 tahun yang memenuhi syarat, dapat berpastisipasi di Selection Camp dan National Training Camp.

Selection camp merupakan tahapan dimana 40 anak laki-laki dan 20 anak perempuan terpilih usia 10 sampai 14 tahun akan mengikuti serangkaian penilaian karakter dan keterampilan untuk nantinya berpartisipasi di Jr. NBA National Training Camp di Jakarta 5-7 September 2014.

Beberapa aktivitas akan dilaksanakan di Jakarta termasuk National Selection Camp yang akan dihadiri oleh pemain atau Legenda NBA dan juga akan menjadi sarana untuk memperkenalkan program kemasyakatan NBA Cares.

National Selection Camp mencakup latihan intensif selama tiga hari untuk memilih 10 anak laki-laki dan 4 anak perempuan berbakat yang nantinya akan dikenal sebagai Jr. NBA Indonesia 2014 All-Stars. Anak-anak terpilih ini akan mendapatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman unik bersama NBA di luar negeri dan bermain melawan tim-tim dari negara lain pada akhir tahun ini.

Selain Frisian Flag, Spalding juga merupakan mitra yang mendukung Jr. NBA di Indonesia, dan PT MNC Sky Vision Tbk (MNC) akan menjadi Official NBA Broadcaster, dimana para penonton dapat menyaksikan pertandingan NBA di MNC Sports. Acara ini juga didukung oleh Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI).

"Kami sangat gembira bahwa NBA dan Frisian Flag akan membawa program Jr. NBA ke Indonesia. Program Jr. NBA akan membantu kami dalam mencapai tujuan kami untuk mengembangkan olahraga basket di Indonesia dan mendorong anak-anak Indonesia untuk lebih aktif serta menjalankan gaya hidup sehat sejak dini," ujar Agus Mauro, Sekretaris Jendral PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia).

BERITA TERKAIT

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

BERITA LAINNYA DI CSR

Peduli Lingkungan - SML Resmikan SVM, Penukar Sampah Botol Plastik

Wujudkan komitmen bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan, Sinar Mas Land (SML) melalui Living Lab Ventures (LLV) menggandeng Plasticpay, sebuah startup…

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…