Dicari! Penjual SBR dan ORI 2014

Rabu, 12/03/2014

NERACA

Jakarta - Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan menggelar lelang pengadaan jasa agen penjual "saving bonds ritel" (SBR) dan obligasi negara ritel (ORI) di pasar perdana domestik tahun anggaran 2014.

Keterangan tertulis Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kemenkeu melalui laman resminya di Jakarta, Selasa, menyebutkan pemerintah akan menerbitkan obligasi negara kepada investor ritel di pasar perdana domestik pada tahun 2014 dalam mata uang rupiah tanpa warkat (scripless) sebanyak dua kali.

Rincian dua obligasi negara untuk investor ritel itu adalah SBR yang akan diterbitkan pada kuartal II tahun 2014 dan ORI yang akan diterbitkan pada kuartal IV tahun 2014.

Saving bonds merupakan obligasi yang akan dikeluarkan sebagai usaha pemerintah dalam memperbesar basis investor individu. Instrumen ini bersifat tidak dapat diperdagangkan sehingga pemilik obligasi harus menyimpannya hingga jatuh tempo.

Pemerintah menetapkan fee tunggal sebesar 0,50 persen dari nilai nominal hasil penjualan SBR untuk masing-masing agen penjual. Sementara untuk agen penjual ORI sebesar 0,45 persen dari nilai nominal hasil penjualan ORI masing-masing agen penjual.

Fee tunggal jasa agen penjual sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen. [ardi]