Kehidupan Menyedihkan Selama 10 Tahun Terakhir - Oleh: Prof Dr Imam Suprayogo, Rektor UIN Malang

Melihat kejadian dalam kehidupan dalam kurun waktu tertentu dan kemudian membandingkannya dengan waktu-waktu  yang lain kadang menarik. Pada waktu tertentu muncul kejadian yang kadang serupa dan berbeda dari waktu lainnya. Sekitar sepuluh tahun terakhir, manakala masih sempat diingat, terjadi peristiwa alam yang agaknya aneh, mengerikan,  dan  juga dahsyat.

Sejak sekitar sepuluh tahun yang lalu,  secara berturut-turut terjadi berbagai macam musibah di hampir semua wilayah. Dimulai dari peristiwa tsunami di Aceh yang menewaskan ratusan ribu penduduk. Mendengar dan apa lagi melihatnya, siapapun  merasa amat sedih dan duka yang luar biasa. Belum  selang begitu lama, peristiwa yang mengerikan di Aceh itu disusul oleh gempa bumi di Pulau Nias, di Yogyakarta, di Padang, dan juga di tempat-tempat lain. Puluhan dan bahkan ratusan ribu orang kehilangan rumah, harta benda, dan bahkan juga nyawa.

Setelah peristiwa tsunami dan juga gempa bumi di beberapa wilayah, disusul dengan jenis musibah lainnya,  yaitu banyak gunung meletus, banjir bandang, angin puting beliung di mana-mana, ombak besar yang tidak terbiasa terjadi, dan lain-lain. Selain itu, musibah juga berupa munculnya berbagai jenis penyakit, yang sebagian tidak pernah dikenal sebelumnya, seperti misalnya flu burung, flu babi, dan seterusnya.

Musibah itu agaknya reda, tetapi ternyata disusul dengan kejadian-kejadian aneh  lainnya yang juga tidak kurang mengerikan. Yaitu terjadi konflik  di mana-mana. Pada saat itu, seolah-olah antar  orang, antar kelompok, atau suku, antar daerah, menjadi  sedemikian mudah tersulut oleh konflik. Di antaranya, yang saya masih ingat, yaitu  konflik antara polisi dan mahasiswa di Sulawesi Selatan, di Jakarta dikenal konflik terkait makam Mbah Priuk, konflik antar kampung, antar suku, terjadi di mana-mana.  Pada waktu itu, seolah-olah tiada hari tanpa berita konflik horizontal.

Tentu,  musibah dan konflik pada kadar tertentu masih  terjadi di beberapa tempat pada masa selanjutnya. Akan tetapi,  kejadian itu tidak sedahsyat beberapa tahun  sebelumnya. Selanjutnya, gejala yang tidak kurang mengerikan lagi, pada akhir-akhir ini,  adalah fitnah. Peristiwa saling tuduh menuduh, saling salah menyalahkan,  memasukkan orang ke penjara,  dan semacamnya, dianggap menjadi hal biasa. Seolah-olah,  orang-orang tertentu  menyimpangkan uang negara, melakukan korupsi, penggelapan, dan seterusnya. Mereka itu disebut koruptor,  dan kemudian dipenjarakan.

Perbuatan menuduh orang ternyata sedemikian mudah. Seolah-olah  orang yang dituduh  melakukan kesalahan  itu tidak pernah berbuat baik dan memberi jasa apa-apa.  Mereka diberi identitas  sebagai  koruptor. Padahal bisa jadi, orang  yang memberi label itu belum tentu  telah berbuat sesuatu apapun pada lingkungan dan juga apalagi terhadap bangsanya. Sedemikian mudah tuduhan dialamatkan kepada seseorang yang belum tentu benar-benar  telah berbuat salah.  Atas kenyataan itu, maka harkat dan martabat seseorang sedemikian murahnya.

Sejalan dengan kenyataan yang menyedihkan itu, beberapa waktu yang lalu, saya kedatangan tamu,  seorang pimpinan perguruan tinggi negeri di kota ia bertempat tinggal. Ia mengeluhkan bahwa, beberapa  stafnya telah ditahan oleh karena dituduh melakukan kesalahan  dalam  manajemen proyek. Sebagai seorang pimpinan, ia mengaku tahu  bahwa stafnya itu tidak terlalu mengerti seluk-beluk administrasi pengadaan barang milik negara.  Nmaun  demikian, atas dasar niat baik, tugas itu ditunaikannya. Setelah datang pemeriksa keuangan, ternyata beberapa orang yang tidak terlalu paham managemen itu  dinilai telah  melakukan kesalahan, dan akhirnya dijadikan tersangka.

Orang-orang yang sebenarnya ingin berbuat baik itu, ternyata dianggap melakukan kesalahan, dan  kemudian disebut sebagai koruptor. Sebagai  resikonya,  mereka ditahan dan selanjutnya dipenjarakan. Bisa dibayangkan, betapa besar penderitaan yang dirasakan oleh mereka itu. Tentu, penderitaan itu tidak saja dirasakan oleh dirinya sendiri, melainkan juga oleh isteri, atau suami, anak-anak,  dan bahkan keluarga besarnya. Mereka harus menanggung malu, kehilangan pekerjaan, dan juga masa depannya.

Tulisan ini bukan bermaksud untuk tidak menyetujui  terhadap  gerakan pemberantasan korupsi. Korupsi harus diberantas hingga tuntas. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah, bahwa gerakan mulia itu jangan sampai salah atau keliru sasaran. Jangan sampai terjadi, orang benar disalahkan dan sebaliknya,  orang salah dibenarkan. Selain itu,  jangan sampai dalam kegiatan pemberantasan korupsi melahirkan fitnah yang akibatnya  lebih berbahaya dalam kehidupan ini.

Fitnah itu sangat mungkin  terjadi.  Sebab, seseorang yang semula berteriak anti korupsi ternyata dirinya sendiri yang korup. Koruptor berteriak koruptor. Pada kenyataannya, ada oknum jaksa, hakim, polisi, atau pejabat lainya terkena kasus,  dan berakhir masuk penjara. Itulah bagian dari fitnah. Maka, atas kejadian itu, saya melihat, sejak sepuluh tahun terakhir,  terjadi  kecenderungan tertentu dalam kehidupan ini, yaitu  diawali dengan berbagai musibah, lalu disusul dengan konflik, dan akhir-akhir ini tampaknya berganti dengan fitnah. Setelah itu,  apa lagi ? Wallahu a’lam. (uin-malang.ac.id)

BERITA TERKAIT

Tidak Ada Pihak yang Menolak Hasil Putusan Sidang MK

  Oleh : Dhita Karuniawati, Penelitti di Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia   Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan…

Investor Dukung Putusan MK dan Penetapan Hasil Pemilu 2024

  Oleh: Nial Fitriani, Analis Ekonomi Politik   Investor atau penanam modal mendukung penuh bagaimana penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu)…

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi Tetap Tinggi di 2024

  Oleh : Attar Yafiq, Pemerhati Ekonomi   Saat ini perekonomian global tengah diguncang oleh berbagai sektor seperti cuaca ekstrim,…

BERITA LAINNYA DI Opini

Tidak Ada Pihak yang Menolak Hasil Putusan Sidang MK

  Oleh : Dhita Karuniawati, Penelitti di Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia   Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan…

Investor Dukung Putusan MK dan Penetapan Hasil Pemilu 2024

  Oleh: Nial Fitriani, Analis Ekonomi Politik   Investor atau penanam modal mendukung penuh bagaimana penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu)…

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi Tetap Tinggi di 2024

  Oleh : Attar Yafiq, Pemerhati Ekonomi   Saat ini perekonomian global tengah diguncang oleh berbagai sektor seperti cuaca ekstrim,…