Dorong Perekonomian Warga - Rumah Wakaf-XL Bangun Akses Penghubung Antar Desa

NERACA

PT XL Axianta bekerjasama dengan Rumah Wakaf Indonesia akan membangun jembatan di atas Sungai Cipancar yang menghubungkan Kecamatan Selawi dan Limbangan Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jembatan yang terbuat dari besi baja ini bersumber dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT XL Axianta yang memiliki tujuan untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam upaya pemberdayan masyarakat.

"Sebelumnya jembatan yang dibangun di sini dibuat dari bambu yang sudah lapuk dan hanya bisa dilalui pejalan kaki. Sedangkan untuk pengendara motor harus memutar cukup jauh," ungkap Direktur Rumah Wakaf Reno Wisnu dalam acara Soft Launching Pembangunan Wakaf Jembatan Cianten, Jumat (22).

Sungai Cianten memisahkan 5 desa tertinggal dengan pusat kota kecamatan Limbangan yaitu Desa Cigawir, Desa Putra Jawa, Desa Ciwangi, Desa Pasir Waru dan Desa Pasir Astana. Rusaknya jembatan menghambat akses dari desa - desa tersebut ke pusat perekonomian dan fasilitas sosial lainnya seperti pasar, sekolah, rumah sakit yang beada di kota kecamatan.

Untuk menuju kota kecamatan terdekat, mereka harus berputar melalui jalan desa yang sebagian belum diaspal dengan jarak lebih jauh dan waktu tempuh lebih lama. Dengan jembatan baru, waktu tempuh ke kota kecamatan yang semula lebih dari 1 jam menjadi sekitar 15 menit. Ongkos ojek juga hemat dari Rp. 20 ribu menjadi Rp. 5 ribu. Jembatan tersebut menghubungkan Kecamatan Selawi dan Kecamatan Limbangan yang berjarak 33 km dari ibu kota Garut.

Jembatan baru tersebut akan memiliki panjang 16 meter dan lebar 2,5 meter dengan konstruksi composite baja beton (rangka baja lantai beton). Pembangunannya membutuhkan dana sekitar Rp. 182.860.000.

Menurut Reno, pembangunan jembatan sepanjang 16 meter ini membutuhkan waktu 45 hari. Sehingga jembatan tersebut sudah dapat digunakan oleh masyarakat baik pejalan kaki, mengendara motor dan juga mobil di awal tahun 2014.

"Semoga dengan akses jalan yang memadai nanti, perekonomian masyarakat Cianten dan Limbangan bisa terbantu," kata Reno.

Selain menggunakan dana internal perusahaan, XL juga mengajak masyarakat berpartisipasi melalui program SMS Donasi Wakaf. Pelanggan yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan jembatan bisa mengetik “WAKAF” lalu mengirimkan ke 5000 untuk berwakaf Rp. 5 ribu dan ke 2500 untuk berwakaf Rp. 2500.

"Alhamdulillah kami dapat berkontribusi dalam pembangunan. Pembanguan jembatan ini juga berkat dukungan para pelanggan setia XL yang rela berbagi melalui program SMS Donasi WAKAF yang hari ini juga sekaligus acara peluncurannya,” ujar Vice President XL Central Region, Nuruddin Al Fitroh.

Related posts