Membuat Taman Vertikal

Siapa bilang, untuk membuat hunian berkonsep “hijau” membutuhkan area yang cukup luas? Jangan salah, karena saat ini ada inovasi unik dan sangat inspiratif, sehingga tanpa lahan yang luas pun Anda sudah bisa membuat hunian berkonsep “hijau”. Yaitu dengan menjadikan dinding rumah Anda sebagai taman yang indah.

Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Begini ulasan singkatnya. Dinding eksterior rumah Anda tentunya akan terkesan lebih hidup jika dibuatkan sebuah taman yang asri. Ya, taman jenis vertikal ini dapat diaplikasikan pada sudut tertentu dari bagian rumah Anda.

Keberadaan taman vertikal ini, selain mampu menjadikan udara disekitar rumah Anda menjadi bersih dan segar, tampilannya pun cukup menarik, karena mampu memberikan sentuhan dengan seni tinggi. Betapa tidak, estetika bentuk yang dihasilkan dapat mempercantik wajah eskterior hunian Anda.

Sehingga, dua macam tujuan membuat taman di rumah menjadi terpenuhi, yaitu membuat udara segar dan sehat serta untuk mempercantik hunian. Terlebih lagi untuk kawasan padat dan tinggi polusi macam Jakarta, konsep hunian seperti ini tentunya sangat tepat untuk diaplikasikan di kota besar macam Jakarta.

Seperti telah disebutkan tadi, untuk menghadirkan taman indah seperti itu, pemilik rumah tidak diharuskan untuk memiliki area yang besar dan luas. Hanya dengan pemilihan tanaman yang tepat, konsep taman dinding Anda dapat dibuat. Berikut ini beberapa kreasi taman vertikal, untuk Anda dan rumah Anda.

Taman Dinding

Pada prinsipnya, untuk membangun taman rumah lahan tak harus besar, dengan kata lain rumah mungil pun mampu tampil cantik dengan mengadopsi taman yang satu ini, yaitu taman dinding. Dengan mengadopsi taman jenis ini rumah mungil Anda akan menjadi lebih sehat dan nampak semakin segar.

Biasanya, taman seperti ini akrab disebut Wall Garden. Karena, pada prinsipnya, taman ini memanfaatkan dinding bagian luar rumah sebagai media tanam. Jadi taman dinding ini, dibangun secara vertikal mengikuti desain dinding rumah Anda.

Sementara itu, untuk merawat taman agar tetap indah, Anda memerlukan saluran air untuk merawatnya. Maka dari itu, buatlah saluran air dengan mengikuti struktur taman dinding rumah. Sehingga proses penyiraman dan perawatan taman menjadi lebih mudah.

Taman Vertikultur

Satu lagi taman dinding yang laik menginspirasi Anda, yaitu taman vertikultur. Taman ini pada dasarnya hampir mirip dengan taman dinding atau wall garden. Bedanya, area taman ini lebih kecil dari taman dinding. Karena biasanya, area taman vertikultur ini berupa dinding rumah atau sudut tertentu di rumah yang berdimensi mungil.

Cirinya adalah berupa penggunaan rak-rak sebagai media penempatan tanaman yang menggunakan pot atau polybag. Karena tingginya tidak seperti taman dinding, penyiraman dan perawatan taman pun menjadi lebih praktis tanpa harus membuat saluran air permanen.

Related posts