Kantin Kejujuran Banyak yang Bangkrut

NERACA

Bandung - Sejumlah Kantin Kejujuran yang tersebar di Jawa Barat, kini banyak yang bangkrut. Sungguh hal itu sangat memprihatinkan dan sekaligus ironis. Memang belum diketahui secara persis, apakah kebangrutan Kantin Kejujuran itu, akibat dagangannya ludes karena ketidakjujuran si pembeli membayar atau memang tidak punya modal lagi?

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat, Yuswa Kusumah Afandi Basri ketika ditanya wartawan saat peresmian kantin Kejujuran di SMPN 1 dan SMPN 2 Kabupaten Garut, akhir pecan kemarin mengatakan, memang terdapat sejumlah Kantin Kejujuran yang mengalami kebangkrutan di Jawa Barat. Namun pihaknya masih menghimpun laporan rincinya. Tetapi, dia mengakui, memang ada. “Kondisi itu riil di lapangan soal tingkat kejujuran masyarakat,”tandas Yuswa Kusumah.

Kejati Jabar mengatakan, sasaran kantin kejujuran akan lebih banyak diterapkan di tingkat sekolah. Hal itu, menurut dia, berkaitan dengan program Gerakan Anti Korupsi Sejak Dini (Galaksi).

“Diharapkan SDM Indonesia dari tingkat dasar sudah belajar jujur. Lewat Kantin Kejujuran, sifat tersebut dibina hingga akhirnya menjadi sikap pribadi sampai dewasa dalam menjalani kehidupannya nanti,” tandas Kejati Jabar.

Sementara itu, Ketua LSM Jerami (Jaringan Ekonomi Masyarakat Mandiri) Jawa Barat, Suginto menilai, jika benar keberadaan sejumlah Kantin Kejujuran di Jawa Barat itu mengalami kebangkrutan akibat tidak jujurnya masyarakat sebagai pembeli, sungguh ironis dan sekaligus memprihatinkan.

“Di tengah suasana, pemerintah dan masyarakat itu sendiri membenci para koruptor di negeri ini, banyak juga warga kita yang tidak jujur. Fenomena ini harus menjadi pemikiran semua pihak. Di antaranya, perlu tindakan tegas dari aparatur hukum dan pembinaan yang berkesinambungan dari pemerintah dan masyarakat itu sendiri,”tandasnya.

BERITA TERKAIT

Pengendalian Harga Mencegah PLN Bangkrut Akibat Harga Batubara

      NERACA   Jakarta - Sesuai prinsip berbagi keadilan Kabinet Kerja Joko Widodo, maka pengendalian harga batubara melalui…

Dishub Sukabumi Siap Pasang Stiker Angkutan Online Yang Berizin

Dishub Sukabumi Siap Pasang Stiker Angkutan Online Yang Berizin  NERACA Sukabumi - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi akan memberikan tanda…

Putusan Mahkamah yang Dinilai Aneh

Oleh: Maria Rosari Beberapa waktu lalu Mahkamah Konstitusi (MK) memutus tiga perkara permohonan uji materi atas pasal 79 ayat (3)…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

KPU Kota Sukabumi Lantik Anggota PAW PPK dan PPS

KPU Kota Sukabumi Lantik Anggota PAW PPK dan PPS NERACA Sukabumi - Ketua KPU Kota Sukabumi Hamzah melantik dua Panitia…

72 Perusahaan Raih Indonesia Corporate Social Responsibility (ICSRA) II 2018

72 Perusahaan Raih Indonesia Corporate Social Responsibility (ICSRA) II 2018 NERACA Jakarta - ICSRA – II – 2018 - merupakan…

72 Perusahaan Raih Indonesia Corporate Social Responsibility (ICSRA) II 2018

72 Perusahaan Raih Indonesia Corporate Social Responsibility (ICSRA) II 2018 NERACA Jakarta - ICSRA – II – 2018 - merupakan…