Sinar Mas Forestry Raih 3 Penghargaan

NERACA

Secara global, sudah lebih dari satu dekade dunia mengenal berbagai standar pengelolaan hutan yang berkelanjutan. Hutan adalah sumber dari sumber daya yang terbarukan, sehingga apabila dikelola dengan prinsip-prinsip kelestarian fungsi lingkungan, sosial dan ekonomi, maka hutan tetap bisa lestari keberadaan maupun manfaatnya.

Lingkungan yang lestari adalah kepentingan seluruh pihak, termasuk pula sektor industri. Pergerakan sektor swasta untuk lebih bertanggung jawab (termasuk dalam pengelolaan aspek lingkungan) yang tertuang dalam kebijakan maupun perilaku suatu perusahaan sering dikenal sebagai Corporate Social Responsibility (CSR).

Boleh dikata, CSR berkembang dan diadopsi oleh banyak perusahaan karena dua faktor penting, yaitu ketergantungan perusahaan kepada pasar dan dan meningkatnya kerapuhan perusahaan (karena meningkatnya faktor resiko termasuk resiko lingkungan dan lain sebagainya).

Bagi Sinar Mas Forestry, untuk dapat beroperasi secara berkelanjutan dan membawa manfaat bagi bangsa dan negara, lingkungan yang terpelihara adalah salah satu tiang penyangga. Selain itu, Sinar Mas Forestryjuga mengimplementasikan program penanaman kemitraan industri dengan rakyat. Pada akhirnya masyarakat merasakan secara langsung manfaatnya melalui harga pasar yang terus meningkat dan nyata meningkatkan kesejahteraan rakyat.

CEO Sinar Mas Forestry, Robin Mailoa, mengatakan setiap unit pengelolaan hutan tanaman industri Sinar Mas Forestry telah merancang berbagai program CSR yang disesuaikan dengan kebutuhan setempat.

“Sinar Mas Forestry meyakini pengelolaan hutan tanaman industri yang lestari tidak hanya sebatas menjamin keberlangsungan fungsi produksi dan ekologi saja, namun juga fungsi sosialnya. Karena itu, kami bertujuan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di sekitar area konsesi perusahaan,” kata Robin.

Sinar Mas Forestry mengikuti Kebijakan Konservasi Hutan sejak 1 Februari 2013. Dengan diimplementasikannya kebijakan itu, Sinar Mas Forestry turut menerapkan praktek terbaik dalam Manajemen Pengelolaan Hutan Lestari dan Nihil Deforestasi. Alhasil, pemasok bahan baku untuk Asia Pulp & Paper (APP)ini meraih 3 penghargaan internasional Communitas Awards dalam kategori CSR dari Association of Marketing and Communication Professional (AMCP), Texas, Amerika Serikat.

Penghargaan itu diraih unit pengelolaan hutan tanaman industri Sinar Mas di Riau, PT Arara Abadi. Setiap nominator Communitas Awards AMCP itu dinilai efektifitasnya dalam menjalankan pengelolaan organisasi sekaligus usaha dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

Ada pun 3 penghargaan tersebut diberikan kepada CSR Sinar Mas Forestry dalam program, pertama, menanam benih kemakmuran buah-buahan bagi warga pedesaan Riau yang dilakukan Balai Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat (BPPM) sejak 2005 lalu. Kedua, program pemberdayaan untuk masyarakat adat asli Riau, masyarakat Sakai. Dan ketiga, pembangunan infrastruktur di Pulau Muda dengan membuka akses transportasi, membangun sekolah dan instalasi listrik.

Related posts