Garda Oto Ajak Masyarakat Peduli Keselamatan

Sambut Musim Mudik

Kamis, 01/08/2013

NERACA

Jakarta - Menjelang musim mudik pada Ramadan 1434 Hijriah, Asuransi mobil Garda Oto dari PT Asuransi Astra Buana telah mengadakan serangkaian kegiatan Always Drive Safely. Laurentius Iwan Pranoto, Head of Marketing Communication & Public Relations Asuransi Astra Buana mengatakan, hal-hal penting yang harus dilakukan seorang pengemudi antara lain Pre-Driving Check, Driving Attitude, dan Control Your Behaviour.

Sebelum melakukan perjalan, kata Laurentius, seorang pengemudi harus memeriksa kondisi mobilnya terlebih dahulu dengan sistem POWER (Petrol, Oil, Water, Electricity, Rubber and Routes). Hal ini berguna untuk memastikan mobil berada dalam kondisi prima untuk perjalanan jauh.

“Saat dalam perjalanan, seorang pengemudi juga harus memperhatikan sikap ketika mengendarai mobil. Gunakan panduan 5S, yaitu signs, sit position, safety belts, steering, dan safe distance,” ujar dia di Jakarta, Rabu. Dengan menerapkan sikap tersebut akan meminimalkan risiko tak terduga yang tidak diinginkan. Terakhir namun juga penting adalah mengontrol perilaku saat mengendarai mobil.

Perilaku yang tidak bijak tentunya akan mengundang bahaya datang. “Sebaiknya tidak menelepon, tidak mengantuk, tidak merorok, dan tidak berada di bawah minuman keras saat menyetir,” tambahnya. Dengan adanya informasi tersebut, para peserta mengaku sangat terbantu karena bisa melakukan persiapan mudik dengan lebih baik, terutama menyangkut teknis kendaraan yang harus dicek.

Untuk lebih memaksimalkan rangkaian acara seminar Always Drive Safely menyambut musim mudik tersebut, Garda Oto Driving Simulator sengaja disiapkan agar peserta bisa langsung mempraktikan bagaimana cara mengendarai mobil secara bijak demi keselamatan seluruh pengguna jalan.

Selain itu, menyambut Lebaran kali ini Garda Oto pun bekerjasama dengan perusahaan Grup Astra lainnya membuat Pos Siaga di sembilan titik di Pulau Jawa dan Bali. Bagi pemudik yang mengalami masalah pada mobilnya bisa mendapatkan bantuan dari Garda Siaga yang beroperasi selama 24 jam. [ardi]