Inspirasi Gaya Hidup Ramah Lingkungan - Astra Green Lifestyle

Belum lama ini, sebanyak 2.000 orang ikut serta dalam Green Race, sebuah kompetisi jalan sehat berkelompok sejauh 3,1 km dengan tema lingkungan yang di usung oleh PT Astra Internasional di Parkir Utara Tugu Api Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Pada Acara Astra Green Lifestyle (Kenali-Lakukan-Ajarkan) ini, para peserta diwajibkan untuk menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengetahuan tentang lingkungan hidup yang diberikan di setiap pos Kenali-Lakukan-Ajarkan yang dilewati. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali di Indonesia.

Astra Green Lifestyle adalah sebuah acara kampanye gaya hidup ramah lingkungan bersama Astra. Dalam acara Astra Green Lifestyle, pengunjung diharapkan bisa mendapat inspirasi untuk hidup ramah lingkungan, dengan mengetahui kegiatan pengelolaan lingkungan yang telah dilakukan Astra (Kenali), mendapatkan pengalaman tentang cara melakukan kegiatan pengelolaan lingkungan (Lakukan), sehingga terinspirasi untuk mengajarkannya ke orang lain (Ajarkan). Tahun ini Astra Green Lifestye memasuki pelaksanaan yang ketiga, menyusul pelaksanaan sejak dua tahun sebelumnya yang dilaksanakan di Monumen Nasional (Monas) Jakarta dan berlangsung sukses.

Astra Green Lifestyle tahun ini memiliki tema ‘GenerAKSI Hijau’, dengan penekanan kepada kegiatan Aksi Hijau. Diharapkan bukan hanya informasi terkait dengan gaya hidup ramah lingkungan saja yang bisa kita temukan dengan melihat pameran lingkungan yang ada, akan tetapi kita akan diajak mendapatkan pengalaman baru. \"Sehingga pengalaman ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan dapat ditularkan kepada orang lain. Itulah tujuan dari kegiatan ini yang dibungkus dalam format ‘Kenali-Lakukan-Ajarkan’,” tutur Direktur PT Astra International Tbk Djoko Pranoto.

Astra Green Lifestyle juga diwarnai dengan berbagai program yang mengajak masyarakat untuk menjalani hidup ramah lingkungan. Di antaranya, Do It Yourself (DIY) Project, Donor darah peduli Thalasemia, Uji emisi mobil gratis, Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas, Taman lalu lintas anak, Talkshow tentang lingkungan, serta berbagai lomba lainnya seperti lomba mewarnai untuk siswa TK, lomba menggambar untuk siswa SD, serta lomba melukis tong sampah untuk umum.

Selain itu, ada juga pameran kegiatan yang dilakukan oleh komunitas peduli lingkungan, yaitu Biosentra, Diet Kantong Plastik, Peta Hijau, Lumintu, Sanggar Kayu, Bike to work, DeRIC, Komunitas Ciliwung, INEP TUNZA dan Jakarta Berkebun. Astra Green Lifestyle juga akan diisi dengan hiburan dari penampilan spesial Cherrybelle dan RAN.

Astra Green Lifestyle juga mengajak masyarakat luas untuk memperhatikan gaya hidup berkendara aman di jalan raya dari Astra. Oleh karena itu para pengunjung dapat belajar bagaimana berkendara motor yang aman melalui Safety Driving Simulation dan berkendara mobil yang ramah melalui Smart Driving Simulation.

Selain mendidik masyarakat untuk berkendara secara aman, program ini secara tidak langsung juga membentuk perilaku masyarakat untuk memiliki kebiasaan berkendara hemat bahan bakar yang mampu mengurangi tingkat pencemaran udara.

Related posts