Bulog Bangun Gudang di Selatan Sukabumi

Sukabumi - Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdrive Cianjur, dalam waktu dekat ini akan membangun gudang penampungan gabah di wilayah Kecamatan Jampangkulon wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi. “Setelah DPRD Kabupaten Sukabumi memberikan keputusan, Bulog siap membangun,” kata Kepala Subdrive Bolug Cianjur, Rizal, kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

Rizal menyebutkan, rencananya bulog akan membangun gudang seluas dua hektar. Pembangunan ini, kata dia, bertujuan guna meningkatkan penyerapan gabah dari petani. “Wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi terkenal sebagai daerah yang banyak menghasilkan gabah. Dan selama ini ekspansi yang kita lakukan sudah berjalan maksimal. Namun untuk meningkatkan penyerapan gabah, perlu ada gudang,” sebut dia.

Disebutkan, rencana pembangunan gudang itu sebenarnya sudah lama dicetuskan oleh Bulog. Nbamun karena ada mekanisme peneyerahaan asset dari Pemerintah Daerah (Pemda) kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN), rencana pembangunan gudang ini sedikit terlambat. “Tetapi insyaallah dalam waktu dekat ini sudah bisa terealisasi,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan (DPTP) Kabupaten Sukabumi, Ir. Sudrajat, menyambut baik rencana Bulog membangun gudang di wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi. Menurutnya, dengan adanya gudang tersebut, memberikan kemudahan kepada petani untuk menjual gabah hasil panen.

Soal lahan, kata Sudrajat, tinggal menunggu persetujuan DPRD Kabupaten Sukabumi. “Benar lahan yang dipersiapkan seluas 2 hektar. Dan kini sedang digodok oleh DPRD serta menunggu persetujuan saja. Dampak keberadaan gudang ini, potensi terjadinya disparitas harga beras akan berkurang,” katanya.

Related posts