free hit counter

Bappenas Mempersiapkan RPJMN 2015-2019

Senin, 03/06/2013

NERACA

Jakarta - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sudah mulai mempersiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. “Sudah mulai dilakukan dengan melakukan background study, menyiapkan studi-studi yang mendukung RPJMN,” kata Wakil Menteri Perencanangan Pembangunan Nasional atau Wakil Kepala Bappenas Lukita Dinarsyah Tuwo kepada Neraca di Jakarta akhir pekan lalu.

Tahun depan, lanjut Lukita, yang kita susun pun masih dalam bentuk RPJMN dari Bappenas sebagai teknokrat atau istilahnya rancangan teknokratik. RPJMN yang betul-betul akan dijadikan acuan dalam pembangunan lima tahun ke depan adalah RPJMN dari setelah presiden terpilih. Visi misi presiden terpilih akan menjadi acuan utama, tetapi tetap berpegangan pada Undang Undang Rencana Pembanguann Jangka Panjang (RPJP) yang mempunyai kata kunci kesinambungan antara RPJMN satu dengan RPJMN yang lain.

Tiga Fokus

Lukita menyampaikan bahwa rencana yang akan dibuat Bappenas akan berfokus pada tiga hal, yaitu pengambangan human capital, penggunaan prinsip keberlanjutan, dan pembangunan infrastruktur.Next